IBSN : Tips Aman Mengkonsumsi Obat

Hati – hati saat memilih obat atau berobat, baik itu ke klinik dokter, puskesmas atau rumah sakit. Pilihlah tempat berobat yang benar – benar layak, sebab sudah banyak korban yang berobat bukannya sembuh malah makin parah penyakitnya.

Juga karena gencarnya promosi obat bebas melalui iklan di media cetak maupun di media elektronik mendorong masyarakat untuk melakukan pengobatan sendiri.


Prinsip pengobatan sendiri dilakukan tanpa melalui pemeriksaan dokter, sehingga masyarakat yang melakukan pengobatan sendiri seharusnya lebih jeli dalam mengenali penyakit yang dideritanya.

Tips aman mengkonsumsi obat :

1. Sesuaikan dengan indikasi yang tertera dalam kemasan obat.
2. Baca aturan pakai, Sebab beberapa obat dapat berinteraksi dengan makanan yang menyebabkan efek samping.
3. Perhatikan tanda lingkaran obat pada kemasan.
  - warna HIJAU berarti relatif AMAN meski tanpa resep dokter
  - warna BIRU berarti terbatas penjualannya
  - warna MERAH dengan huruf K didalamnya berarti OBAT KERAS dan butuh resep dokter
4. Perhatikan riwayat penyakit atau alergi yang diderita.
5. Pastikan tanggal kadaluarsa obat tersebut.

Semoga bermanfaat, atau ada yang mau menambahkan ?


- support IBSN -

gambar : http://vinadanvani.files.wordpress.com/2008/03/obat-pilek.jpg


35 Komentar:

Nick Tanpa Link said...

FIRST DULU BARU KOMEN :D

Irfan said...

Trus kalo warna kuning apa artinya?

Nick Tanpa Link said...

hmmm.. ironis memang bnyk masyarakat yg memilih untuk berobat sendiri, potret kemiskinan di Indonesia bos ?

Panda Lane Memory said...

@ Irfan.. coba kesini mas.. disitu tidak ada warna kuning
@ Nick Tanpa Link.. dibelahan dunia manapun kemiskinan ada broth :)

@ Coy said...

thx buat infonya semoga berguna buat yang lainnya...

ipanks said...

lho om emangnya ada warna hijau biru merah y?wah kok saya ga perhatian y?jangan-jangan...

Cebong Ipiet said...

saya ndak bisa minum obat..musti di ancurin heheheh ..kalo sakit cuman sugesti biar sembuh
*halah malah curhat*

Revarius said...

waaah aq baru tau klo yang warna merah itu obat keras ya??? aq sembarangan klo minum obat... gmn nih??? hehehehe itu stripe adsnya bergaya slank banget ya... kyk dari lirik lagunya yang piss ya?? hehehe piss

Apipuzi said...

Kalo mau minum doa dulu biar semakin cepat sembuh...

Belinya obat juga pake duit halal biar cepet sembuh juga...

thx...

trendy said...

morpin sepertinya obat warna merah!
kan perlu resep dokter belinya!
wkekekeke!

budi said...

klo obat generik gmn ums!!

masarif said...

nice info..

namada said...

gak suka minum obat.. :(

Chic said...

oh sekarang alih profesi jadi tukang obat?

Blogger Addicter said...

waduhhh, saya sering langsung maen tenggak aja neh kang klo sakit, ga liat obatnya udah kadalurasa apa lom, tapi kayanya ga seh..wekekek

lah sekarang mase idup..hehehe..

iya neh musti kudu diperhatiin juga, bahya juga klo ngawur neh..hihihi

thx udah ngingetin neh kang, info kecil yg berguna dan perlu diperhatikan juga neh utk para pengkonsumsi obat..hehehe..kok kaya kecanduan aja kalimatnya yah..hehehe

Gelandangan said...

Terima kasih mbak atas Tipsnya mengenai obat
saya punya satu kebiasan klo migren enggak bisa klo enggak ada Paramex :D

Muhammad Ayub said...

wah emang qta hrz hati-2 soal kesehatan,kalo tdk....


pikirin sendiri akibatnya

brigadista said...

waah penting emang,..salah salah bukannya sehat malah sekarat,..!!

Kristina Dian Safitry said...

ada obat yang warnanya pink love gak ya? itu lho..obat yang buat geleng geleng kepala,hue..he...*ampun dah gw*

badoer said...

sip thanks you dech dengan tips2nya :D

Taktiku said...

Nice tips nih boss

BloGendeng said...

siap dilaksanakan, pak dokter. kamu cocok jadi dokter deh. Jangan jadi panda lagi ya. Berubahh!! (gaya persis power rangers)hehe

tukang sapu radio said...

Al kamdulillah, ada juga nyang ngasih inpo, meski nampak sederhana tapi sering terlupakan ama kita.

belajar blog tutorial said...

obat itu sebagai racun juga ya, ya racun penyakit hehehae

ernut said...

anehnya, plasebo (obat kosyong) kaluk yg mengkonsumsi ndak tau dan taunya justru obat itu sangat berkhasiat..eh katanya malah bisa menyembuhkan! (kekuatan pikiran).

Bunda Rierie said...

cuma kadang-kadang di apotik kita sebutin nama obatnya dikasih aja biar warnanya merah juga???

nono said...

saya termasuk orang yg ga doyan obat...
warna obat koq kaya partai...
weleh...
lam kenal :)

cena said...

jadi inget gw masuk rumah sakit gara gara keracunan panadoool, buakakakakkaka......

reza said...

wah ternyata ada cara memakai obat dengan baik ya ? , makasih nih tipsnya he..he..he

Ifoel said...

sharing info dan tips mantap bro...
Sukses selalu

Edi Psw said...

Cari yang warna ijo aja, lebih aman.

subagya said...

yups thats right bro.. sekarang masyarakat kita sudah swamedikasi, namanya juga persaingan di dunia farmasi

Panda Lane Memory said...

@ budy.. kalo ga salah, obat generik biasanya tandanya hijau
@ Bunda Ririe.. waduh, apoteknya payah tu bund :)

wi3nd said...

baru tau ada warnanya..
makasih ya infonya..:)

enhal said...

wah bung jadi ga berani neh ke sembarangan dokter, hehehehe tapi saya punya dokter pribadi yang setia..wakakakakak

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS