Monumen Kapal Selam Pasopati 410 ( Monkasel )

Ini dia tempat wisata di Surabaya sekaligus tempat ilmu pengetahuan, Monumen Kapal Selam Pasopati 410 atau yang lebih dikenal dengan nama Monkasel. Monumen ini berada di sebelah timur pusat perbelanjaan Plasa Surabaya alias Delta Plasa.

Monumen yang terletak Jl. Pemuda, di pinggir Kali Mas, Surabaya ini ternyata pernah bertugas dalam operasi Irian Barat tahun 1962. Monkasel tidak saja menjadi kebanggaan TNI – AL tetapi sudah menjadi kebanggaan warga Kota Pahlawan.


Monkasel mulai dibuka untuk umum sejak 1998. Untuk melihat lebih dekat dan masuk anda cukup mengeluarkan 5 ribu rupiah saja. Di dalam Monkasel, anda dapat melihat bagian dalam kapal selam, yang sudah diperbaiki dan tetap mempertahankan bentuk aslinya, seperti Perwira Lounge, kabin kapten, Ruang Torpedo, juga Periskop yang masih bisa digunakan untuk melihat Jl. Pemuda.

Didalam anda juga bisa melihat videorama yang berisi mengenai sejarah singkat divisi Kapal Selam TNI AL yang berpusat di Surabaya. Jumlah kapal selam yang pernah dimiliki TNI AL sebanyak 10 buah dan salah satunya adalah KRI Pasopati ini. videorama sendiri berdurasi kurang lebih 20 menit.

Di bagian luar monkasel terdapat kafe yang menghadap Kali Mas dan panggung hiburan yang biasanya untuk pentas dangdut. Taman Swarga Puspitaloka yang tertata rapi dengan aneka macam tanaman, jogging track, koridor, tempat duduk untuk bersantai membuat betah berlama - lama di monkasel. Pada hari kerja Monkasel buka antara 08.00-20.00 dan 08.00-21.00 pada Sabtu dan Minggu.



gambar : surabayatourism.com
sumber : paketrupiah.com

43 Komentar:

Ifoel said...

Pertama(kah?)
Mahal man...

cuap2x dulu baru baca....

Ifoel said...

keduanya....

Mantap nih...
meng-indonesia banget...
lebih bagus lagi kalo U lampirkan foto2 didalam monumen tersebut...
kan lebih hidup...
biar org luar surabay juga langsung bisa merasakan bagusnya monumen tersebut,, iya ngga..??
trus berkarya man..
SALAM PLUR

ironepunxs said...

kemaren pas ke surabaya cuma sempet lewat depannya aja....
nggak sempet masuk T_T
bagus nggak ya???

Tony said...

ada apa aja ya ? jadi penasaran :D

ammadis said...

Asyik yaa..tapi apa bisa masuk ke 'perut'nya nggak ya luth...???

Bunda Rierie said...

wuih kapal selam beneran ya? bunda kepengen juga ..gelap kali yaaa..

tapi jadi mengingatkan bunda kepengen kapal selam empek2 hi.hi.hi

gratisan said...

Keren banget monumennya ... kapan2 mampir kesana ah ... btw thanks infonya yah ... :)

BloGendeng said...

Kayaknya pelajaran sejarah dulu ada yang kelewatan deh. Ini pas aku ngga masuk hehe..tp udah jaman muda dulu

cantigi™ said...

panda, template sebelum ini yg 3D look itu mana? keren itu. kapan mo ganti? :mrgreen:

ugiQ said...

kapan yach bisa kesana?? :D ugiQ gak pernah liat secara langsung kapal selam. he..he.. ugiQ paling suka jg liat benda2 bersejarah... :) :D

ai said...

hebat bgt....pengen deh kesana :D

tipis said...

hehe saya juga udah pernah masuk monkasel, pramugarinya manis haha

ipanks said...

weh weh ternyata masih tersimpan dengan bagus y.hmm ini salah satu tempat yang bisa dikunjungi nih nanti kalo main ke surabaya

Oktavita said...

wah rame nih kalo malem mingguan disana .^_^.

enhal said...

hemmm keren neh monumennya...

ALex said...

bisa belajar sejarah dari sana tuh

ntar sy link ya mas :)

Herdin O. T. said...

Tetep masih jauh dari Jakarta... boleh juga seh kesana tapi tolong di ongkosi yo mas... hihihi

kRucIaL said...

Serinng lewat didepannya, tapi ga pernah masuk ke monkasel....

adinata said...

itu kapal selam bisa terdampar disitu gimana ceritanya ya ???

orangndut said...

Jadi ingat waktu pertama kali masuk monumen kapsel itu, sempit namun saya merasakan hawa nasionalisme yang dahsyat....

wi3nd said...

nek maen ke suroboyo la9e tak semepet!n map!r akh..
kayana seru yoo..:)

cumie said...

wah, lom pernah liad kapal selam nih. kapan ya bisa kesana...

masDan said...

Belum Kesampekan Pengen Kesana ....

Fajar Indra said...

weeeyyy... kbetulan lagi di Sby nih... mau jalan-jalan ah...

tyas said...

seru kayaknya museumnya..
blom pernah liat kapal selam..
ntar kalo ke Sby sempetin liat kesana ah..

aha said...

blum pernah ke surabaya bos.. (he2).. klo ke surabaya kapan2 ntar mampir dah..

namada said...

pengin dunk kesana ;)

brigadista said...

waaah Jadi pengen ke sana,..

Yopan Prihadi said...

Yang membuat saya salut adalah pencetus ide monumen kapal selam pasopati ini..
Dialah orang yang berjasa terhadap dunia pengetahuan dan sejarah pasopati itu sendiri..
Sangat menarik artikelnya nih..

uNieQ said...

cc blom pernah sempatin mampir sini.. teman bilang bagus..trus ada teman blogger juga pernah sempat foto2 disini..wuihh bagusss..jadi pengen kesana..

kapan ya?

Ecko said...

Kapan yah terakhir kali mengunjungi museum??? Dah lama banget deh kayanya. Habis kesannya gimanaaa gitu..! Nah, kalo Mokasel ini sepertinya beda deh. Cuma kapan yah bisa ke Surabaya buat datengi museum ini? :D

odie70 said...

pasang "MUPENG"

JAUHDIMATA said...

5rb ongkos masuknya.
ongkos perjalannya berapa dong?
:D
tapi bagus kok ndak rugi kita kesana.
kata pepatah "bangsa yang besar adalah bangsa yang ingat jasa pahlawannya"

Cebong Ipiet said...

heheh saya lebih sering mampir nyang di sebelehnya monkasel

Afif Amrullah said...

di palembang banyak tuh kapal selam :D

Muhammad Qori said...

broth,kalo aku kesana,antar ketempat yah,kelihatannya menarik.*_^

otakkabel.com said...

waduh... jadi pengen kesana neh... :(

Lala said...

wah lama ga ke surabaya...

afwan auliyar said...

kek inget neh pernah kesana ....
1 kali seumur hidup ini ... :)
wew... memang gede tuch kapal selamnya ...
tp kok, bangsa kita cuman pyn 10 biji kapal selam yak, termsuk ini !? berarti skrg yg beroperasi brp !?! sungguh tragis :(

Panda Lane Memory said...

@ Ifoel.. thanx masukannya broth, PLUR
@ Bunda Ririe.. itu sih kapal selam yg mengenyangkan bund :D
@ cantigi.. template itu bnyk yg ngembarin mas, jd dipensiunkan dulu
@ adinata.. Panda jg ga tau :D
@ Fajar Indra.. ada apa di Surabaya ?
@ JAUHDIMATA.. Merdeka !! :)
@ Cebong Ipiet.. belanja mulu nih mbak..!! :D
@ afwan auliyar.. kurang tau juga berapa, ntar googling lg ah

ezZa said...

wah keren juga nih kapal selem...

scara gwa blm prnh nyenggol kapal selam..

hehehehe...

Tania said...

Saya jadi tertarik ingin mengetahui lebih dalam mengenai Monkasel ini. Selain di jadikan patung / monumen kita perlu tahu asal-usul / maknanya.

Alam said...

Monumen kapal selam pasopati bisa di jadikan sarana untuk menambah ilmu pengetahuan kita. Sebuah monumen tentunya memiliki sejarahnya masing-masing mengapa monumen tsb di buat.

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS