Bhinneka

Menyatu dalam perbedaan memang tak mudah, menjalin persahabatan kadang melelahkan jiwa. Letih dan putus asa kadang menerpa, membuyarkan semua impian- impian indah. Padahal sungguh dashyat, bahkan sangat teramat dashyat potensi yang dimiliki setiap jiwa, namun pupus saat disatukan.

Orang – orang hebat, sholeh, pintar, cerdas yang semestinya menyatu dalam rajutan cinta, cuma seperti benang – benang kusut saat dirajut tak ada keindahan saat mata menatap. Berbeda…

Berbeda ? bukankah berbeda itu biasa bahkan indah ? Keragaman semestinya menjadi sumber kreativitas, dengan keragaman kita bangun samudera kebaikan. Bukankah sebuah bangunan tersususun dari bahan olahan yang berbeda – beda dan itu adalah kekuatannya ?

Semua potensi yang ada dalam jiwa semestinya ditata dengan baik. Walaupun mempunyai kepentingan sendiri, jangan sampai menutupi kepentingan bersama. Sudah saatnya kita merapatkan barisan, meninggalkan fanatisme pada warna – warna, tidak saling menghina agama, memanusiakan manusia dan lain – lain untuk kembali mencoba meraih cita – cita luhur bangsa ini

48 Komentar:

Kristina Dian Safitry said...

ngasih komentar pembuka dulu,baru baca postinganya. takut keduluan nih,he..he..

Cebong Ipiet said...

hennah
setuju
ga ada yg salah dengan perbedaan
bayangken kalo seluruh dunia orangnya sama
membosankan
lebih dari itu
perbedaan adalah fakta
bagaimana kita menyikapinya
tanpa fanatisme
tanpa pluralisme
menghargai itu saja

Kristina Dian Safitry said...

betul sekali. kalo bangunanya tak dibangun dari bahan yang berbeda mana bisa banggunan itu berdiri. ada semen, pasir, batu bata, genteng dll.*lha emang mau mbangun rumah?*

ya, kita ibaratkan saja begitu. setuju ra setuju kudu setuju*gedebug!*

rosyidi said...

kata-kata bijaknya begitu indah

badoer said...

wah maikn nasionalis ajah nie mas :D semangat mas..

awan_clickerz said...

oke, kita siapkan barisan.nyook..
shaf nya luruskan, ambil kiri, teruz, banting kanan, awas spion..loh*..hehe'
STOP FANATISME !..

Yup !

cyberrio said...

Salam kenal dari rio.
Janga lupa ya kunjungi blog ku di give58.co.cc

budi said...

berbeda beda tapi tetap satu jua

Mas koko said...

Berbeda itu mengasikkan dan tidak menjemukan :)
bayangin kl semua blog sama mulai dari template dan isi... mo koment apa :D

ifoell said...

walau berbeda - beda kita tetap satu bro...
mantap...!!!!

Ivana said...

sip!!perbedaan memang yang menciptakan warna,kreativitas dan hal baru...

Pak R T said...

Bhineka Tungal ika,..
Garuda pancasila,..
Indonesia Bangget,..

suwung said...

semoga cita cita pendiri bangsa akan bhineka tunggal ika
terus bersemi
siapa yang harus memupuk dan menyirami?
ya kita tho?

cumie said...

yap, kita tidak perlu menyikapi pengumpat dan para fanatisme warna - warna, biarkan perbedaan itu tenggelam hingga riak yang ada riak bhineka tunggal ika :D

mak nyussssh om postingannya!

Nyante Aza Lae said...

dua kata..arif dan bijaksana...eh jd tiga kata..klupaan dan-nya...

namaku wendy said...

perbedaan adalah anugrah, dgn perbedaan bikin hidup lebih hidup & lebih berwarna.. cieee hehehe

Panda Lane Memory said...

@ Cebong Ipiet.. standing ovation nih mbak :)
@ Kristina Dian Safitry.. maap mbak kepleset, abisnya Kandang Panda abis di pel sih :D
@ rosyidi.. makasih mas
@ badoer.. semangat !!!! :)
@ awan_clikcerz.. mau shalat jamaah dimana pakai luruskan shaf ? :)
@ cyberrio.. salam kenal juga :)
@ budi.. setuju
@ Mas koko.. gampang mas, komen aja "IDEM" :D
@ ifoell.. satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia
@ Ivana.. yup, tapi jaman sekarang kreativitas malah disalahgunakan mbak :(
@ Pak RT.. Merdeka !!!
@ suwung.. bener pak, kita sebagai anak Bangsa
@ cumie.. mak nyussss juga komentarnya :D
@ Nyante Aza Lae.. Nick anda juga 3 kata :D
@ namaku wendy.. yup

masDan said...

Sambel trasi Jadi terasa Nikmat Karena ada Bahan yang Berbeda Beda ... Ada Lombok, ada Garam, dll ..

Fajar Indra said...

apa hayo hubungan Bhinekka Tunggal Ika sama Pornografi :p

Taktiku said...

Nah tuh keluar deh bahasa sastranya :D setuju bangets yuk kita rapatkan barisan tuk meraih mimpi menjadi kenyataan.

Milla Widia N said...

udah lama nih gak pernah liat bahasan bhineka tunggal ika sejak lulus sekolah, kalo dulu kan selalu ada di dalam ceramah upacara bendera hari senin :D

indra putu achyar said...

selamat malam...
izinkan saya untuk mampir di sini...
semoga kita semua sejahtera selalu...
terimakasih....

Kios Info said...

semua persatuan berangkat dari perbedaan. dan saat kita bisa menterjemahkan dengan baik, itulah indahnya

BloGendeng said...

semoga dunia blogger indonesia bisa menjadi salah satu penggerak persatuan itu. bukan hanya antar indonesia, tetapi persatuan antar dunia.

abiyasa dan fathimatulazizah said...

karena ada perbedaan itu..kita ada.. :)

Tony said...

setujuuuuu sekali mas

orangndut said...

SETUJUUU! Berbeda itu nikmat, berbeda itu berkah bila kita mampu mempersatukannya dengan tanpa menghilangkannya. Jadi fanatisme berlebihan bukanlah solusi, namun justru akan menjadi perusak harmonisasi yang sudah lama terbentuk dari persatuan itu.

nita said...

betapa menjemukannya hidup jika tak ada perbedaan. menurutku perbedaan keberadaannya harus diperlihara terus, soalnya bisa bikin kaya hati dan pikiran

Zebhi said...

Always P.L.U.R. Mas !!! Hehee.

Isi Blognya keren. Kena banget di hati.

Keep Going !!!

Be Great Blogger.

Ani said...

Walaupun berbeda kalau ada tenggang rasa dan toleransi, insyaAllah semuanya mjd indah..

yeyen-scootman said...

Coba kalo ga ada perbedaan di dunia ini pasti Garing Puooll!!!

jadi beda itu perlu tapi visi dan misi nya yang harus disatukan...

Septian said...

INDONESIA!!!! DUNG DUNG DUNG DUNG INDONESIA!!! DUNG DUNG DUNG DUNG..

wah< udah kaya di stadion aja neh, hehehe

uNieQ said...

karena perbedaan itu yang menyatukan kita...

namada said...

ini pasti tersirat sedang membahas ttg penghinaan Rasulullah itu ya Panda?
Allahu akbar..

grubik said...

takdir manusia emang berbeda-beda, mengingkarinya berarti ...

inforesep said...

bersatu kita teguh bercerai kita runtuk...

casual cutie said...

satu lobang rame2....hehehe...artinya...semua membaur jd 1. keanekaragaman itu melebur jd satu...satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan...
horeee...hore....
hidup panda...hidup panda...

afwan auliyar said...

memang harus bersatu, agar bangsa ini maju :)

munawar am said...

@ asli Cilacap....
Mas....
Mari kita perhatikan; dalam detailnya, ANAK KEMBAR pun punya perbedaan kan?
Perbedaan itu dari SONO-Nya, jangan diusik, mari agree in disagreement....

mingto, obsesion seleb said...

perbedaan bukanlah penghalang, perbedaan adalah keunikan dari rakyat Indonsia. Setuju? salam kenal, give me a comment. Okay??

trendy said...

karna berbeda kita bisa merdeka!
merdeka!
wekekekekeke!

rudy said...

dengan adanya perbedaan hidup kita akan terasa lebih indah,benar nggak bro...???
salam kenal and thanks for your visiting in my blog?

Endonezya said...

kita jaga keragaman kita dalam keindahan....

enhal said...

saya tetep setuju indonesia dalam kebinnekaan, bulsit mereka yang ingin menguasai.

wi3nd said...

perbedaan ituh indah jika kita menyikap!nya d9 bijak..:)

uMMa said...

perbedaan adalah anugerah
dan qta mesti bersyukur atas perbedaan ini
hidup INDONESIA...
just keeping peace 4 aLL brother out there......
no matter what they said.....

ipanks said...

harus buka buku-buku lama lagi nih, soalnya ehem ehem

Anonymous said...

tes ciek lu

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS