Delapan Itu Fenomena

Delapan, sebagian orang meyakini sebagai angak keberuntungan ( selain angka 7 ).

Karena sejak dulu, angka 8 diyakini sebagai angka para dewa. Angka 8 sudah ditemukan di Babilonia kuno. Disana ( tepatnya di kuil-kuil Babilonia ) dewa tinggal di dalam sebuah ruang gelap pada gedung kedelapan.

Kaum muslim juga percaya adanya 7 neraka dan 8 surga yang menunjukkan, rahmat-Nya lebih besar daripada murka-Nya. Bahkan kaum sufi dalam Islam juga mengajarkan jalan kebahagian yang disebut 8 kalimat yang disebut Jalan Junaid.



Menurut tradisi Yahudi, angka 8 adalah permulaan kedua pada tingkat tinggi, yaitu meneruskan apa yang telah disiapkan dan dituntaskan oleh angka 7. So, delapan menjadi hari penyucian atau purifikasi dalam tradisi Yahudi.

Sementara dalam tradisi kristen, nama Yesus dalam huruf Yunani adalah IHESOYS yang punya nilai numerik 888. Dalam kotbah di atas bukit, Yesus juga menyebut 8 kebahagiaan. Budha juga mengajarkan 8 jalan kemuliaan menuju keseimbangan kosmis.

Dalam tradisi India, bunga teratai bermahkota 8, menggambarkan keberuntungan dan kebahagiaan. Bagaimana dengan China ? kita pasti sangatlah mengenal 8 ajaran kemuliaan Konfusianisme.



Yang jadi pertanyaan disini, ada apa dengan hari ini ( 8/8/o8 )?



Para calon pengantin, terutama di Jakarta, memperebutkan momentum langka itu untuk dijadikan hari pernikahannya. Tak aneh jika kantor urusan agama (KUA) kewalahan melayani permintaan itu ( menikah pada 8/8/o8 ). Seperti yang terjadi pada KUA Kebon Jeruk, permintaan menikah pada 080808 di KUA Kebon Jeruk periode Juli melonjak drastis yaitu mencapai 31 pasang ( kompas.com ).

Sementara itu, banyak rumah sakit di Surabaya yang menerima pesanan dari para calon orangtua yang menginginkan bayinya lahir tepat tanggal 8 bulan 8 tahun 2008 ( kalau Panda yang jadi orang tua, ditambah pukul 8 tepat )lewat operasi caesar. Seperti yang digambarkan Jawapos berikut.



Jadi siap siap saja bagi :

- Entrepreneur gedung, anda akan kebanjiran pemesanan gedung untuk resepsi pernikahan.
- Dokter Kandungan dan Bidan, anda akan sibuk di hari itu.
- Penghulu, anda akan begadang semalam suntuk.
- Masyarakat umum, anda akan kebanjiran undangan pernikahan.
- Blogger yang memposting artikel tentang "angka 8" , traffik blog anda akan meningkat drastis. Semoga ( Amiin ):D





Gambar angka Delapan, saya dapat disini




49 Komentar:

acy said...

walah walah kok kayak rebutan kartu perdana gratis walah walah kok kayak rebutan kartu perdana gratis:)

Nias Zalukhu said...

Hehehe emang sih angka delapan banyak diyakini sebagai angka hoki.... :)

emfajar said...

semua angka jg punya arti masing2 kok ga hanya 8

ephwan said...

yang terakhir bgus juga tuch kata2 nya "blogger yang posting ttg angka 8 traffiknya tinggi"

tp memang gw alami jg, ketika posting di tanggal 8 jd tinggi ..... (kebetulan aja ah...)

laporan said...

Angka delapan memang menjadi angka keberuntungan pak panda, terbukti dengan jelas China 08-08-2008. Tapi juga ada angka 0 dan 2 jadi saa dengan 0+0=8 (nol 2 tingkat adalah delapan. Nah.. namun bagaimana dengan atlet Indonesia apakah juga akan beruntung?

thegands said...

wahh saya lahir bulan 8 neh mas.. hehehe

alif said...

8..., ah bagi aku hanya sebuah angka yang memang penting karena menjadi pelengkap deretan angka

Qorianiesme said...

8 agustus,hari itu aku dikelas mempelajari kitab kuning lalu tidur diasrama lalu sholat berjamaah dimusolla lalu malamnya saya tampil dipanggung pesantren dlm pidato bahasa ingris,banyak yg teriakin saya "woi,adiknya cinta laura,turuuuuuun"
btw ,kenapa aku jadi curhat ya?

andry_blogger said...

makasih iNFo nya ;)

trendy said...

saya tanggal delapan malahan ketiban sial!
wekekekeeekek!

Ayam Cinta said...

gw sech ga ngaruh tuch, mu tanggal berapapun hari tampak sama.... ya kecuali tanggalnya tanggal merah, Whehehehehe

Abi Bakar said...

semua angka baik menurut saya, tergantung kitanya saja

EbleH 182 said...

Ada yang bilang, angka delapan juga angka tak berujung... Brarti angka delapan itu sakti ya?? :)

my upload jockey said...

tapi angka 8 jd keberuntungan gak buat Ryan bro ?

cuma akun friendster said...

kalimat awal salah bro, ANGKA bukan ANGAK :D

080808 jg bawa berkah buat gw :) pengen tau ? secret, wkwkwkwkwkwk

Masenchipz said...

soalnya tgl 8 bulan 8 2008 itu hari yg baek... makanya banyak yg nikahan... kayak nomor cantik gitu... hue...he...

kapanpun said...

Angka delapan nomor unik juga ya tangal 8 bulan 8 tahun 2008 jam 8 menit ke 8 detik ke 8

Anonymous said...

jalan junaid tu apa mas ?
ga dijelasin secara lengkap ?
tp mantap tulisannya

Awan_cLick3rz said...

wah angka delapan ya,
yg saya tau seeh angka delapan itu emang istimewa delapan itu istimewa akrena dia ngongol setelah tujuh dan sebelum sembilan..7 keajaiban dan 9 wali...
Haik..haik...

::cHAo ::

Tigis said...

angka 8 hanya berarti satu... STEVEN GERRARD... OUR SKIPPER.. !!

:)

Oeoes said...

pada tanggal 8/8/08 sodara sepupuku nikah, huahahahahaha

Gelandangan said...

bagusan Nomor 13 :D
I love Number 13

Sukses selalu

t i n i said...

Keliling kemana2 kok pada posting tgl cantik ini ya?
Ah, terasa terkurung angka 8 jadinya.
Blogwalking lg ah, sapa tau ketemu yg bahas angka 9, 1, 5 dll.
*tetap menyukai angka ganjil ntah kenapa

hakimtea said...

saya malah ga sadar kemarin itu tanggal cantik ya... tp emang ga pernah terpengaruh sama hal yang sifatnya bertentangan dengan logika... ;D

rudyahud said...

banyak yang bilang angka 8 tuh angka yang ga pernah putus dan bisa bawa hoki...tapi masa iya melanggar kehendak Tuhan dengan melakukan caesar buat kelahiran bayinya yang notabene belom waktunya lahir???

Nova Setyonugroho said...

ikut ngramein 888 ah,,,tapi kok dah telat yach,,hehe

Kang Boim said...

walah-walah...lg pada terserang virus angka 8 ya....yaudh kang boim pilih angka wahid ja "1"

Ani said...

Waaah ulasannya lengkap, thanks mas. Btw, angka 9 juga katanya angka keberuntungan?

vRitTa said...

hueeee. . . . .
di koran muat tentang fenomena angka 8,, eh si kak panda jugag ngulas tentang itu...
wah, jadi tambah pinter nih akuy...

btw,, maap ya baru mampir. . .
hehehehehe

Manik said...

Angka 8 8 8 samakah dgn angka 6 6 6 ...??

angka yg biasa2 bisa dijadikan sebuah fenomena yg menarik..

btw, salam kenal mbak/mas..??
makasih dah mampir ke tempat saya

franciska dyah said...

wah, baru tau saya tentang angka 8.....
ternyata bagus2 ya maknanya..... :)

free7 said...

Kesimpulanku pribadi, angka 8 bermakna materialistis dan kesempurnaan duniawi. tapi perlu pemahaman yg sangat baik jika ingin mendapat manfaatnya, tak asal menemukan angka 8 terus berarti baik (tergantung sinkronisasinya).aku pernah baca2 hal ini di buku numerology angka, tulisan orang ahli dari India.
dari sudut pandang islam jg emang Allah maha penghitung (Asmaul husna), dan semua ciptaan Tuhan emang mengandung arti (bukan asal terjadi).

Taktiku said...

Angka 8 bikin hoki katanya ya?

'Nin said...

Seperti dulu... saya menikah tanggal 9-9-99...
Tidak sengaja...
Banyak yang nyaranin untuk tidak melakukannya, karena katanya akan ada qiyamat :)

pecinta angka 8 said...

viva delapan...!!! :)

Tukdang said...

8 itu bulet kayak gendang

gendang identik dengan Dangdut so 8 tu Dangdut

hahahahahahaha.....

iksan said...

koment perdana.....

cuma akun FS said...

ternyata angka 8 top banget

aditcenter said...

Buat saya angka 8 adalah kebahagiaan, mengapa? Karena jika Ujian kita dapat angka 8, maka nilai yang muncul adalah "A"

wendra wijaya said...

Wah saya sih percaya gak percaya, heheeee...

Tapi kalo diyakini, mngkin bener2 bisa membawa keberuntungan..

wisesasekai said...

superstition (mitos, takhayul) seperti itu emang biasa ya di Indonesia...

Prihatin aja dengan kesia-siaan perbuatan seperti itu...

ihsan said...

btw,,aku ni lahir taon 88, di sma aku masuk angkatan 8, nomor kostum bolaku 8, (btw juga.. penting ga siy...hehehehe...)

D`caprio said...

Selaen buat gampang ngingetin Birthdays , secara pribadi juga ada yang lain ,
soalnya gw lahir tanggal segitu juga.

JoVie said...

wah..lengkap nih infonya, Panda...
baru tahu nih...tapi kalo Jovie mah, gak terlalu percaya ama mitos org China...
semua angka tuh bagus kok....
=======================================
btw, tapi malah no. HPku hampir kesemuanya angka 8, karena suka aja...

Just Animal said...

betoolll kata Jovie, aku jg ga begitu pcy ma angka2, semua angka baik :)

Alex said...

kirain ngomongin PKS yg juga 8

cumie said...

wahahhaaa... ada - ada aja ya. tapi kayaknya traffic om panda mang melesat sejak 08 ampe sekarang :D

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

cincin said...

ha ahahahah mantap,kan ga mesti angka 8..1 juga bagus,coz ga ada satu ga ada 8 he eheheh

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS