Delapan Itu Fenomena

Delapan, sebagian orang meyakini sebagai angak keberuntungan ( selain angka 7 ).

Karena sejak dulu, angka 8 diyakini sebagai angka para dewa. Angka 8 sudah ditemukan di Babilonia kuno. Disana ( tepatnya di kuil-kuil Babilonia ) dewa tinggal di dalam sebuah ruang gelap pada gedung kedelapan.

Kaum muslim juga percaya adanya 7 neraka dan 8 surga yang menunjukkan, rahmat-Nya lebih besar daripada murka-Nya. Bahkan kaum sufi dalam Islam juga mengajarkan jalan kebahagian yang disebut 8 kalimat yang disebut Jalan Junaid.



Menurut tradisi Yahudi, angka 8 adalah permulaan kedua pada tingkat tinggi, yaitu meneruskan apa yang telah disiapkan dan dituntaskan oleh angka 7. So, delapan menjadi hari penyucian atau purifikasi dalam tradisi Yahudi.

Sementara dalam tradisi kristen, nama Yesus dalam huruf Yunani adalah IHESOYS yang punya nilai numerik 888. Dalam kotbah di atas bukit, Yesus juga menyebut 8 kebahagiaan. Budha juga mengajarkan 8 jalan kemuliaan menuju keseimbangan kosmis.

Dalam tradisi India, bunga teratai bermahkota 8, menggambarkan keberuntungan dan kebahagiaan. Bagaimana dengan China ? kita pasti sangatlah mengenal 8 ajaran kemuliaan Konfusianisme.



Yang jadi pertanyaan disini, ada apa dengan hari ini ( 8/8/o8 )?



Para calon pengantin, terutama di Jakarta, memperebutkan momentum langka itu untuk dijadikan hari pernikahannya. Tak aneh jika kantor urusan agama (KUA) kewalahan melayani permintaan itu ( menikah pada 8/8/o8 ). Seperti yang terjadi pada KUA Kebon Jeruk, permintaan menikah pada 080808 di KUA Kebon Jeruk periode Juli melonjak drastis yaitu mencapai 31 pasang ( kompas.com ).

Sementara itu, banyak rumah sakit di Surabaya yang menerima pesanan dari para calon orangtua yang menginginkan bayinya lahir tepat tanggal 8 bulan 8 tahun 2008 ( kalau Panda yang jadi orang tua, ditambah pukul 8 tepat )lewat operasi caesar. Seperti yang digambarkan Jawapos berikut.



Jadi siap siap saja bagi :

- Entrepreneur gedung, anda akan kebanjiran pemesanan gedung untuk resepsi pernikahan.
- Dokter Kandungan dan Bidan, anda akan sibuk di hari itu.
- Penghulu, anda akan begadang semalam suntuk.
- Masyarakat umum, anda akan kebanjiran undangan pernikahan.
- Blogger yang memposting artikel tentang "angka 8" , traffik blog anda akan meningkat drastis. Semoga ( Amiin ):D





Gambar angka Delapan, saya dapat disini




49 comments:

  1. walah walah kok kayak rebutan kartu perdana gratis walah walah kok kayak rebutan kartu perdana gratis:)

    ReplyDelete
  2. Hehehe emang sih angka delapan banyak diyakini sebagai angka hoki.... :)

    ReplyDelete
  3. semua angka jg punya arti masing2 kok ga hanya 8

    ReplyDelete
  4. yang terakhir bgus juga tuch kata2 nya "blogger yang posting ttg angka 8 traffiknya tinggi"

    tp memang gw alami jg, ketika posting di tanggal 8 jd tinggi ..... (kebetulan aja ah...)

    ReplyDelete
  5. Angka delapan memang menjadi angka keberuntungan pak panda, terbukti dengan jelas China 08-08-2008. Tapi juga ada angka 0 dan 2 jadi saa dengan 0+0=8 (nol 2 tingkat adalah delapan. Nah.. namun bagaimana dengan atlet Indonesia apakah juga akan beruntung?

    ReplyDelete
  6. wahh saya lahir bulan 8 neh mas.. hehehe

    ReplyDelete
  7. 8..., ah bagi aku hanya sebuah angka yang memang penting karena menjadi pelengkap deretan angka

    ReplyDelete
  8. 8 agustus,hari itu aku dikelas mempelajari kitab kuning lalu tidur diasrama lalu sholat berjamaah dimusolla lalu malamnya saya tampil dipanggung pesantren dlm pidato bahasa ingris,banyak yg teriakin saya "woi,adiknya cinta laura,turuuuuuun"
    btw ,kenapa aku jadi curhat ya?

    ReplyDelete
  9. saya tanggal delapan malahan ketiban sial!
    wekekekeeekek!

    ReplyDelete
  10. gw sech ga ngaruh tuch, mu tanggal berapapun hari tampak sama.... ya kecuali tanggalnya tanggal merah, Whehehehehe

    ReplyDelete
  11. semua angka baik menurut saya, tergantung kitanya saja

    ReplyDelete
  12. Ada yang bilang, angka delapan juga angka tak berujung... Brarti angka delapan itu sakti ya?? :)

    ReplyDelete
  13. tapi angka 8 jd keberuntungan gak buat Ryan bro ?

    ReplyDelete
  14. kalimat awal salah bro, ANGKA bukan ANGAK :D

    080808 jg bawa berkah buat gw :) pengen tau ? secret, wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. soalnya tgl 8 bulan 8 2008 itu hari yg baek... makanya banyak yg nikahan... kayak nomor cantik gitu... hue...he...

    ReplyDelete
  16. Angka delapan nomor unik juga ya tangal 8 bulan 8 tahun 2008 jam 8 menit ke 8 detik ke 8

    ReplyDelete
  17. jalan junaid tu apa mas ?
    ga dijelasin secara lengkap ?
    tp mantap tulisannya

    ReplyDelete
  18. wah angka delapan ya,
    yg saya tau seeh angka delapan itu emang istimewa delapan itu istimewa akrena dia ngongol setelah tujuh dan sebelum sembilan..7 keajaiban dan 9 wali...
    Haik..haik...

    ::cHAo ::

    ReplyDelete
  19. angka 8 hanya berarti satu... STEVEN GERRARD... OUR SKIPPER.. !!

    :)

    ReplyDelete
  20. pada tanggal 8/8/08 sodara sepupuku nikah, huahahahahaha

    ReplyDelete
  21. bagusan Nomor 13 :D
    I love Number 13

    Sukses selalu

    ReplyDelete
  22. Keliling kemana2 kok pada posting tgl cantik ini ya?
    Ah, terasa terkurung angka 8 jadinya.
    Blogwalking lg ah, sapa tau ketemu yg bahas angka 9, 1, 5 dll.
    *tetap menyukai angka ganjil ntah kenapa

    ReplyDelete
  23. saya malah ga sadar kemarin itu tanggal cantik ya... tp emang ga pernah terpengaruh sama hal yang sifatnya bertentangan dengan logika... ;D

    ReplyDelete
  24. banyak yang bilang angka 8 tuh angka yang ga pernah putus dan bisa bawa hoki...tapi masa iya melanggar kehendak Tuhan dengan melakukan caesar buat kelahiran bayinya yang notabene belom waktunya lahir???

    ReplyDelete
  25. ikut ngramein 888 ah,,,tapi kok dah telat yach,,hehe

    ReplyDelete
  26. walah-walah...lg pada terserang virus angka 8 ya....yaudh kang boim pilih angka wahid ja "1"

    ReplyDelete
  27. Waaah ulasannya lengkap, thanks mas. Btw, angka 9 juga katanya angka keberuntungan?

    ReplyDelete
  28. hueeee. . . . .
    di koran muat tentang fenomena angka 8,, eh si kak panda jugag ngulas tentang itu...
    wah, jadi tambah pinter nih akuy...

    btw,, maap ya baru mampir. . .
    hehehehehe

    ReplyDelete
  29. Angka 8 8 8 samakah dgn angka 6 6 6 ...??

    angka yg biasa2 bisa dijadikan sebuah fenomena yg menarik..

    btw, salam kenal mbak/mas..??
    makasih dah mampir ke tempat saya

    ReplyDelete
  30. wah, baru tau saya tentang angka 8.....
    ternyata bagus2 ya maknanya..... :)

    ReplyDelete
  31. Kesimpulanku pribadi, angka 8 bermakna materialistis dan kesempurnaan duniawi. tapi perlu pemahaman yg sangat baik jika ingin mendapat manfaatnya, tak asal menemukan angka 8 terus berarti baik (tergantung sinkronisasinya).aku pernah baca2 hal ini di buku numerology angka, tulisan orang ahli dari India.
    dari sudut pandang islam jg emang Allah maha penghitung (Asmaul husna), dan semua ciptaan Tuhan emang mengandung arti (bukan asal terjadi).

    ReplyDelete
  32. Angka 8 bikin hoki katanya ya?

    ReplyDelete
  33. Seperti dulu... saya menikah tanggal 9-9-99...
    Tidak sengaja...
    Banyak yang nyaranin untuk tidak melakukannya, karena katanya akan ada qiyamat :)

    ReplyDelete
  34. viva delapan...!!! :)

    ReplyDelete
  35. 8 itu bulet kayak gendang

    gendang identik dengan Dangdut so 8 tu Dangdut

    hahahahahahaha.....

    ReplyDelete
  36. Buat saya angka 8 adalah kebahagiaan, mengapa? Karena jika Ujian kita dapat angka 8, maka nilai yang muncul adalah "A"

    ReplyDelete
  37. Wah saya sih percaya gak percaya, heheeee...

    Tapi kalo diyakini, mngkin bener2 bisa membawa keberuntungan..

    ReplyDelete
  38. superstition (mitos, takhayul) seperti itu emang biasa ya di Indonesia...

    Prihatin aja dengan kesia-siaan perbuatan seperti itu...

    ReplyDelete
  39. btw,,aku ni lahir taon 88, di sma aku masuk angkatan 8, nomor kostum bolaku 8, (btw juga.. penting ga siy...hehehehe...)

    ReplyDelete
  40. Selaen buat gampang ngingetin Birthdays , secara pribadi juga ada yang lain ,
    soalnya gw lahir tanggal segitu juga.

    ReplyDelete
  41. wah..lengkap nih infonya, Panda...
    baru tahu nih...tapi kalo Jovie mah, gak terlalu percaya ama mitos org China...
    semua angka tuh bagus kok....
    =======================================
    btw, tapi malah no. HPku hampir kesemuanya angka 8, karena suka aja...

    ReplyDelete
  42. betoolll kata Jovie, aku jg ga begitu pcy ma angka2, semua angka baik :)

    ReplyDelete
  43. kirain ngomongin PKS yg juga 8

    ReplyDelete
  44. wahahhaaa... ada - ada aja ya. tapi kayaknya traffic om panda mang melesat sejak 08 ampe sekarang :D

    ReplyDelete
  45. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  46. ha ahahahah mantap,kan ga mesti angka 8..1 juga bagus,coz ga ada satu ga ada 8 he eheheh

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect