Dr. Moewardi, Dokter Pengukir Sejarah

Niat awal saya sebenarnya akan menulis Basuki Rahmat, salah seorang Pahlawan Nasional. Berbagai search engine seperti Google, Yahoo, Alexa sudah saya gunakan. Tapi apa daya hanya nama - nama jalan dan pabrik Kertas yang saya temui. Padahal saya sangat ingin tahu profil beliau. Tidak mungkin bukan menulis artikel dengan hanya segelintir referensi ?

Dengan keterbatasan itulah, kali ini nama Dr. Moewardi yang akan saya angkat. Meski seorang dokter, sepak terjang beliau tidak boleh diremehkan.

Nama Dr. Moewardi, mungkin tidak asing bagi warga Surakarta dan dunia medis. Karena disana nama beliau diabadikan sebagai sebuah RSUD di kota Solo. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.




Lahir di Pati, Jawa Tengah pada tahun 1907, Moewardi adalah seorang dokter lulusan STOVIA. Setelah lulus, beliau melanjutkan pendidikan Spesialisasi Telinga Hidung Tenggorokan ( THT ).

Pada tanggal 16 Agustus 1945, Sebagai ketua Barisan Pelopor wilayah Jawa, beliau memerintahkan Barisan Pelopor untuk menjaga lapangan IKADA ( Sekarang Monas ) yang rencananya akan digunakan sebagai tempat pembacaan teks Proklamasi. Dalam acara tersebut, Beliau juga turut memberikan sambutan setelah Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu.

Setelah pembacaan teks, Barisan Pelopor Istimewa menjaga rumah Presiden & Wapres Soekarno - Hatta.

Penting dicatat, dr.Muwardi bersama Barisan Pelopor juga pernah bertempur melawan tentara Inggris di Jakarta saat Agresi Militer Belanda I.

Barisan pelopor berubah nama menjadi Barisan Banteng di Solo, ini karena Jakarta sudah dapat diambil alih oleh Tentara Keamanan Rakyat ( TKR ). Di Solo, dr.Muwardi mendirikan sekolah kedokteran dan membentuk gerakan rakyat untuk melawan aksi-aksi brutal PKI.

11 September 1948 di Madiun & 13 September 1948 di Solo terjadi pemberontakan PKI. Pada saat itu PKI melakukan serangkaian penculikan dan pembunuhan, dan dr. Moewardi menjadi salah satu korbannya. Beliau diculik dan dibunuh pada saat akan pergi menjalankan praktek di Rumah Sakit Jebres, Solo.

Tapi apakah benar beliau tewas terbunuh jika sampai saat ini jenazah beliau belum diketemukan seperti Supriyadi ?

Menarik untuk menyimak pernyataan adik tiri Supriyadi, Utomo Darmadi bahwa kepintaran dari pihak Jepang yang kemudian mengaburkan kematian seseorang dengan menyebut bahwa orang itu bisa ilmu menghilang. Baca ini

Allahu a'llam bissawab

sumber :
Mengenal Pahlawan Indonesia, Ajisaka, ISBN 979-3034-70-x
Wikipedia
Kompas

sumber gambar : www.foto-foto.com



34 comments:

  1. wah saya sendiri malah gak tau siapa-siapa mereka?

    ReplyDelete
  2. Nambah pengetahuan saya pak panda, terus terang saya malah tidak kenal nama ini *hiks* ternyata banayk pahlawan yang tidak dikenal atau dilupakan.

    ReplyDelete
  3. wew ini kan pahlawan yg lagi hangat2nya dibicarakan itu yah??!
    hmm dalam rangka hari kemerdekaan ni yah ceritanya, good hehehe;)

    ReplyDelete
  4. lagi2 panda membahas pahlawan misterius,, btw saya baru tahu Dr Moewardi ini..

    ReplyDelete
  5. wah jgn2x n'tar semua pahlawan nasional yg nasibnya belon bisa dipastikan pada nongol dlm bentuk yg pada uda keriput dan punya versi cerita sendiri :)

    btw, kalo mendiknas baca kyknya dia bakal masukin blog ini ke dalam bacaan wajib :)

    ReplyDelete
  6. wah ada pahlawan baru lagi nih bagi aku maksudnya, pantesan dulu sejarah aku dapat nilai dibawah standart, hehehe

    ReplyDelete
  7. akhirnya mengenal satu lagi pahlawan nasional

    ReplyDelete
  8. artikel menarik, memperlebar wawasan, txs.. ^_^

    ReplyDelete
  9. bener lho banyak anak2 sekarang yang gak tahu pahlawan mereka, bagaimana secara heroik mengorbankan jiwa dan raga demi bangsa.

    ReplyDelete
  10. Wah bagus nih postingan bio para pahlawan ... semangat ya ...

    ReplyDelete
  11. aku memang merasa bodoh tentang sejarah klo udah masuk blog ini. hehehe.. abisnya aku kagak kenal semua..

    ReplyDelete
  12. perlu banyak belajar sejarah... jas merah

    ReplyDelete
  13. sungguh luar biasa para pendahulu kita
    profesi mereka tak membatasi gerak perjuangannya
    bertempur dan berbaur bersama rakyat
    semoga ke depan generasi penerus bangsa ini juga bisa begitu

    ReplyDelete
  14. masih terkenal dr boyke ya ternyata daripada Dr. Moewardi

    ReplyDelete
  15. kalo barisan banteng di solo... ada kaitannya ama lapangan banteng di Jakarta gak ya? he..he..

    ReplyDelete
  16. ternyata banyak juga yg mati-nya misterius yach... chairil anwar, tan malaka dan mungkin banyak lagi..

    ReplyDelete
  17. bener banget bro, basuki rahmat kok sedikit referensi yo ?

    hidup indonesia!

    ReplyDelete
  18. ha..ha..bener tuh komen di atas..orang2 jaman skrg mah lebih kenal dokter boyke drpd muwardi..saiya juga ga kenal muwardi..he..he..

    ReplyDelete
  19. sumpah saya ngga tau siapa beliau.. huhuhu.. maap... *maluw*

    ReplyDelete
  20. Makasih2x kalau tidak ke sini pagi ini, saya tidak tahu keberadaan figur yg banyak jasanya ini.

    ReplyDelete
  21. duh... mas ini nasionalis banget ya... aku malah gak posting pahlawan2 gitu :D

    ReplyDelete
  22. sebelumnya kang boim cuma tau ada rumah sakit yng namanya muwardi...tp sekarang sdh tau siapa sebenarnya muwardi tsbt :D

    ReplyDelete
  23. ijin kopas mas...

    ReplyDelete
  24. Pantesan di Solo ada Jl. Dr. Muwardi. Lumayan besar jalannya, dan rame pula tempatnya. Ternyata ada sesuatu yg istimewa dari nama itu. Sungguh dokter yg luar biasa.

    ReplyDelete
  25. ah,sekarang jamannya beda ya?
    gak ada lagi penjajah yg bisa dilawan.

    ReplyDelete
  26. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  27. thomas sabo armband Some basic considerations can help a person to get the right par of shoes. Below are some of the important points that one may need to think about before getting the shoes. tomas sabo armband Style is not that important - majority of the people choose their tennis shoes considering only brand names and its looks. lederarmband thomas sabo They don`t keep the importance of their feet up front most of the times. It can be a little hard to give up an awesome looking pair of shoes that matches your personality thomas sabo armband reduziert But when it comes to the usage, they should be chosen based on their functionality. The tennis shoes that one is purchasing should be able to protect and support one`s feet ideally. thomas sabo armband preis They are equally as good for keeping the water and weather away from your feet and both brands offer cheap golf shoes as well as their many expensive varieties. thomas sabo armband billing Shopping at FootJoy or Adidas can give you fashion, color, and a large line of shoes online and in stores.At any rate, be mindful of our golf game if you are a real competitor--know that shoes are the most vital part of your golfing attire. thomas sabo billig kaufen You need to shop around, compare prices. And get the most for your money. thomas sabo onlineshop That doesn't mean you should opt for a pair of discount shoes that also have cheap quality. What would be the point of purchasing a shoe that is not comfortable to wear. thomas sabo jewellery If you care anything about your success in golfing, shop around. The Heel Box - it is an important part of the shoes.

    ReplyDelete
  28. setelah brosing ttng tokoh dari pati aqirnya di persingahkan di blog ini, terimakasih infonya dan izin copas beberapa informasi

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect