Efektifkah BSE ?

Buku Sekolah Elektronik ( BSE ) sudah diluncurkan Presiden SBY kemarin. Program tersebut telah didukung APBN yang mengalokasikan 20 % untuk dana pendidikan.

BSE sendiri dapat diunduh di sini. Menurut Mendiknas, Bambang Sudibyo, BSE terdiri dari 407 judul buku dari SD sampai SMA.

Banyak pro dan kontra akan kemunculan program tersebut. Keunggulan BSE adalah e-book tersebut adalah dapat dicetak, difotokopi, digandakan dan dialihmediakan oleh siapapun karena hak cipta telah dibeli oleh Depdiknas.

Namun kenyataan dilapangan membuktikan bahwa kemunculan BSE yang dikatakan sebagai program buku murah banyak menimbulkan masalah. Selain banyak sekolah di pelosok yang belum menjangkau internet, juga masalah efisiensi waktu dan biaya ketika mendownload.

Konon mendownload satu judul buku saja membutuhkan waktu berjam - jam, logika saya jika satu buku selesai dengan waktu 1 jam yang berarti Rp.3000 di warnet bagaimana jika 16 buku ( jumlah mata pelajaran di SMA ada 16 ) ?

Selain itu dinas pendidikan juga tidak memberi petunjuk buku mana saja yang musti diunduh, sehingga banyak wali murid yang bingung buku buku mana saja yang sesuai. Banyak yang bilang bahwa saat ini BSE hanya menyediakan 3 mata pelajaran pokok saja yakni bahasa Indonesia, matematika dan bahasa Inggris.

Program BSE memang ditujukan atas keluhan wali murid terhadap mahalnya buku pelajaran saat ini. Kalaupun terjadi masalah seperti diatas itu bukan kesalahan diknas sepenuhnya. Kesalahan mereka adalah tidak memikirkan alternatif atas masalah masalah yang timbul akibat BSE.

Bagaimana diknas ?




gambar diambil dari sini

11 Komentar:

ipanks said...

nah masalah gini sepertinya pemerintah sendiri belum menyiapkan hardware yg memadai.contohnya pada saat mendownload prosesnya agak lama,utk browse ke situs itu pun kadang bisa, kadang ga. huff capek dehh...

cantigi said...

daftarnya kok harus make identitas diri ya (wajib pula)..
mudah2an ini bisa jadi modul tetap, ga ganti2 tiap semester, dan materi yg bisa di download makin variatif.. ^_^

thegands said...

Harusnya benwith kita dulu yang diperbaiki... yang gak bro? Angan2 bikin rumah tapi klo pondasinya sendiri gak kuat, gimana mau bertahan rumahnya? wkwkwkwk.....

enhal said...

Bingung deh kalo lihat dunia pendidikan kita..mau gimana lagi, katanya murah..tapi lelet donwloadnya ya sama aja bung..

norionothin! said...

Selain masalah jangkauan dan waktu saat mengunduh.. juga ada masalah lain..yakni tidak banyak yang mengetahui program ini..
gagal maning gagal maning..
pemerintahnya sibuk buat iklan parpol tahun depan sih.. jadi banyak yang lupa untu mensosialisasikan program ini..

Mike.... said...

ada2 aj emang ide ttg buku elektronik ini..saiya pikir juga emang ga efektif..ga dipikir matang2 dulu sebelum dicetuskan..

wendra wijaya said...

Mari berpikir alternatif.

putra said...

pemenuhan anggaran 20% APBN untuk pendidikan adalah salah satu bukti nyata bahwa orang-orang seperti SBY-JK tidak bisa dipercaya. pelaksanaan atas amanah UUD tersebut seharusnya memang wajib mereka laksanakan sejak awal mereka terpilih, itu tak pernah mereka lakukan. dan sekarang ketika uasia kekuasaannya sudah diujung tanduk, mereka pura-pura peduli dengan nasib dunia pendidikan. ini adalah lipstik terburuk dari kampanye mereka menuju kursi 1 RI 2009. dasar orang munafiq!!

Afif Amrullah said...

yah itulah pemerintah kita. pengennya menyelesaikan masalah tapi malah menambah mmasalah.
broth, link udah aku add.

kapanpun said...

kalo gitu semua sekolah harus koneksi internet donk? bagaimana yang di pedesaan? yang listrik belum masuk? kok terlalu cepat banget keluarnya? kenapa nggak di full kan dulu sarana dan prasarana hard dan sofwarenya

saya setuju dengan bung afif klo ini tidak mengurangin masalah tapi malah menambah mmasalah.

Anonymous said...

gue uda sukses ndonlod (ngunduh? emang mangga dipohon?). tapi itu BSE mubazir, anak gue uda dibagi buku dari sekola (bukunya juga laen dari BSE), gue disuru nyicil ampe sebelon anak tes semester......... truz, buat apa BSE? buat koleksi menuh2in harddisk aja kali yaaaaaa?????

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS