Piwulang Kautaman

Ajaran hidup cara Jawa memiliki 3 aras dasar utama, yakni aras sadar ber-Tuhan, aras kesadaran semesta dan aras keberadaban manusia.

Keberadaban manusia erat hubungannya dengan budi pekerti. Oleh sebab itu dalam falsafah hidup orang Jawa terdapat Piwulang Kautaman.

Piwulang Kautaman adalah ajaran keutamaan hidup. Secara alamiah manusia telah dibekali kemampuan untuk membedakan perbuatan benar dan salah serta perbuatan baik dan buruk. Disinilah peranan piwulang kautaman, yakni untuk " mempertajam " kemampuan itu.

Dalam Piwulang Kautaman juga diajarkan pengenalan budi luhur dan budi asor dimana pilihan manusia hendaknya kepada budi luhur

Cukup banyak piwulang kautaman dalam ajaran hidup cara Jawa. Ada yang berupa tembang-tembang. Ada pula yang berupa sesanti atau unen-unen yang mengandung pengertian luas dan mendalam tentang makna budi luhur. Misalnya : tepa selira dan mulat sarira, mikul dhuwur mendhem jero.

Filosofi yang ada dibalik kalimat sesanti atau unen-unen tersebut tidak cukup sekedar dipahami dengan menterjemahkan makna kata-kata dalam kalimat tersebut.

Oleh karena itu sering terjadi ”salah mengerti” dari para pihak yang bukan Jawa. Juga oleh kebanyakan orang Jawa sendiri. Akibatnya ada anggapan bahwa sesanti dan unen-unen Jawa sebagai anti-logis atau dianggap bertentangan dengan logika umum.

Berikut beberapa contoh unen - unen yang di - " salah mengerti " kan oleh masyarakat...

Mulat sarira dan tepa selira diartikan bahwa Jawa sangat toleran dengan perbuatan KKN yang dilakukan kerabat dan golongannya.

MAKNA SEBENARNYA ADALAH


Makna dari mulat sarira dan tepa selira adalah untuk selalu mengoperasionalkan rasa pangrasa dalam bergaul dengan orang lain. Mulat sarira, mengajarkan untuk selalu instropeksi akan diri sendiri. Kesadaran untuk selalu instropeksi pada diri sendiri akan melahirkan watak tepa selira, berempati secara terus menerus kepada sesama umat manusia.

Lalu mikul dhuwur mendhem jero dimaknai untuk tidak mengadili orangtua dan pemimpin yang bersalah.

MAKNA SEBENARNYA ADALAH


Meskipun dimaksudkan untuk selalu menghormati orangtua dan pemimpin, namun tidak membutakan diri untuk menilai perbuatan orangtua dan pemimpin. Karena yang tua dan pemimpin juga memiliki kewajiban yang sama untuk selalu melakukan perbuatan yang benar.

Tapi banyak pula kita menemukan Piwulang Kautaman yang berupa nasehat atau pitutur yang jelas paparannya.

Piwulang Kautaman memiliki aras kuat pada kesadaran ber-Tuhan. Maka, ditabukan mencampuri “hak prerogatif Tuhan” dalam menentukan dan memastikan kejadian yang belum terjadi.

“Ing samubarang gawe aja sok wani mesthekake, awit akeh lelakon kang akeh banget sambekalane sing ora bisa dinuga tumibane. Jer kaya unine pepenget, “menawa manungsa iku pancen wajib ihtiyar, nanging pepesthene dumunung ing astane Pangeran Kang Maha Wikan”.



gambar Bratasena a.k.a Werkudara diambil dari sini
sumber : komid.net

62 Komentar:

Bunda Rierie said...

wah..pandaaaa...... sastra jawanya okeh bangettt..(anak siapa dulu donk..bundaaa)

EbleH 182 said...

Mas panda iki dalang ta??

kapanpun said...

wah mantap ini infonya, dan terima kasih PANDA telah berbagi ilmu

Tarjoni said...

Mas Budaya Jawa ternyata luhur hal2 seperti itu sudah lama mereka ajarkan..bagus mas infonya jg

Mike.... said...

wahh..kirain panda adanya di cina..ternyata selaen blajar kungfu dia juga ahli sastra jawa..
hi..hi..

Fajar Indra said...

sesama orang jawa, saya mendukung sampean untuk membawa dan mengangkat kembali budaya jawa... khususnya budi pekerti. Nek perlu, kita ganti pelajaran PMP kita selama ini dengan Pendidikan Moral Kejawaan. Biar semuanya menjadi jawa... huehuehuehue

orangndut said...

Yup, bener sekali broth. Banyak dari kita yang salah mengartikan unen2 Jawa tsb. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda wajib meluruskan hal itu. Ayo bebarengan memangku angrahayuning nagoro....Hehehe..sok Jawa nih..

Masenchipz said...

setalah dicermati...kalo dianalogikan lagi itu sama aja dengan UU musti disertai juklak donk.. bener ga bu?

Bayu Aditya said...

wah, sastra jawanya mantep nih

trendy said...

wajar saja kalo ada perbedaan kayak gitu...kan biasanya asas yang kayak gitu diturunkan ke generasi melalui mulut kemulut!
ceila!
wekekkekekekek!

aha said...

matur sembah nuhun...diajeng..he2

nita said...

filosofi jawa gak kalah deh dg greek philosophy, bedanya kalo yunani lebih menekankan pd logika dan reason, orang didorong utk banyak bertanya

uNieQ said...

wahhh Panda..cc jadi pengen ngedengar langsung panda bersastra jawa :P

franciska dyah said...

iya,ya berarti perlu diberi penjelasan ya unen-unen itu, biar ga salah mengerti..... :)

Diah said...

Benar2 informasi yang bagus dan jarang saya dapatkan ..kangen banget dengan istilah2 jawa :D

Jenny Oetomo said...

Tepa slira menurut saya tepa itu tepak (tepat) slira itu awak (badan) artinya nepakno awak (menempatkan badan) yang berarti kita harus pandai menempatkan diri dimana saja kita berada, salam

rizal akbar said...

uiihh..mantap..
saya juga orang jawa, tapi nggak ngerti yang beginian (^_^)

JoVie said...

Wah..Wah..Panda ternyata "hebat" ttg urusan Jawa....salut...

@ Fajar Indra: setuju, Bung!!
============================================
and satu lagi, nulis artikel ini pake aksara jawa aja, berani gak hayoo....

ammadis said...

Duuuh..bahasa jawa alusnya keluar deh....indah dan bijaksana sekali ya ternyata pemaparannya yg sebenarnya...!

Tony said...

maknanya bagus-bagus :)

Artha said...

petuahnya sangat mengena dan pas

Tempat download paling rahasia said...

ki manteb soedarsono :D

emfajar said...

berbakat jadi dalang nih bro panda..

Anang said...

uhh ahli pewayangan..

NAZA LUCKZANA said...

ada yang menarik.. kok yang dipake gambar " warkudoro" kukunya panjang panjang lagi,kaya drakula... apa drakula juga perlambang piwulang kautaman di barat yaa?

laporan said...

Wah, wah, slut untuk pak panda. Saya sendiri orang Jawa tapi lupa bahwa ajaran budaya Jawa penuh dengan filosofi kebaikan. Salam damai.

subagya said...

Hmmm... walaupuin saya orang jawa tapi tidak paham masalah tersebut, terimakasih telah berbagi ilmunya, keep post

Hellen said...

Wah... nice artikel... sangat berguna,jadi banyak belajar..

herry said...

hehehhe, jadi inget pesennya mbah kakung ama mbah putri...

jadul said...

selamat kita kembali ke budaya asli. Jangan mau di susupi budaya asing. Disamping ga cocok dengan budaya kita, penyatuan budaya seluruh nusantara menjadi satu kultur akan menyebabkan budaya kita hilang. Dan para wisatawan juga ga akan mau berkunjung ke indonesia. Makasih sudah berkunjung

ugiQ said...

infonya good... dpt pngetahuan lg nich... tengs ya... he.. :) O ya, kenalin ya..klo aku SASAK. tau kan.. ?

Technophile vs Technopreneur said...

wah calon dalang nih ^^!

penyuonline.info said...

wogh jarang-jarang ne jaman sekarang yg ngerti seni kek gini, salute hehehe

bagjapatria said...

waduh Kang,,,
cuman bisa bengong bacanya...
ga begitu ngerti
ikut bangga deh masih ada orang yang menghargai seni sedalam ini...

Daniel GM said...

setuju.... ciaaattt... he he...jago kunfu atau jurus wayang nih...

monyetgaul said...

wkwkwkwkw
ga mudeng neh

tapi informatif

university said...

iam cooming......
i dont understand wayang

more said...

ok beh......ok beh......ok beh.....

aprie said...

wah..apik tenan ki tulisane..
hehehehe..

carra said...

Jawa itu emang penuh dengan nasehat2... falsafah hidup... nilai2... dan sebagainya... kaya banged!!! belajar 5 tahun pun keknya ga bakalan cukup!!! :D

enhal said...

keren bung..nice artikel..saya ga bisa koment apa-apa..karena bagi saya tulisan ini sangat sempurna.

Elys Welt said...

bangga jadi orang jawa :)

indo said...

Dibacanya menarik, jadi bisa tambah pengetahuan walaupun bukan orang jawa...:)

Masenchipz said...

"Mulat sarira dan tepa selira diartikan bahwa Jawa sangat toleran dengan perbuatan KKN yang dilakukan kerabat dan golongannya"

bisa diartikan salah kaprah tentang mengartikan itu?

Akang Dahsyat said...

menambah wawasan tentang kebudayaan nih... hehehe..

wirausaha ku said...

wong jowo tulen yo??????

melih said...

wah aslinya jawa mana bos?/? nferti banget urusan gitoe?

gus said...

sendiko dawuh rama guru. mugiyo andadosaken jimat kangge sangune urip (halah...kayaknya salah deh bahasa jawa saya)

Chic said...

woooogh... wayangan... gyahahahaha

acy said...

panda anak mana nich, suka wayang yaw :)

nganggur said...

ga nyambung ne... :(

dee said...

panda lulusan sastra jawa UI ya..?
heee sotoy bgt ya.. abs ngerti banyak ttg filosofi jawa,,,

wendra wijaya said...

Klo di Bali juga ada 3 dasar utama ajaran hidup, di sebut dengan istilah Tri Hita Karana. Pengertiannya sama..

Tempat Download Paling Rahasia said...

ngikut ngeramein ah....

setuju, hak preogratif Tuhan memang harus tetap menjadi rahasia :)

nice artikel nak, hohoho

ipanks said...

bener2 postingan yg bagus.selain utk nguri2 budaya jawa juga sebagai tambahan pengetahuan bagi kita semua.makasih

Just Animal said...

wah.... jowone ndi mas ??? ijol link gelem ora ????

MAWAN said...

njenengan niki tiyang jowo nggih.............?jowo ne pundi?
kulo nggih jowo.................
tanpo maksud SARA............kulo seneng dados suku jowo n lair teng jowo.............boso jowo dados bahasa daerah paling terkenal gih.........

horriz said...

nice job very interesting articles, I think this site is very professional when it comes to the public, its really good! keep up the good work!!http://www.soulblaster.com

jerom said...

A very great and nice article, and Nice informative site,
thanks for sharing with me. Enjoyed reading it.
i have learned a lot of this, thanks for the good job.http://www.shenghuook.com

jamie said...

wow very nice dude!! another great articles that i have seen.nice and great site
http://www.julzpark47.com/ - Simple World
http://www.60891336.com/ - My Simple Stories
http://www.zlsd-velenje.com/ - Valenje's Blog
http://www.it130.net/ - IT's Good Blog
http://www.choukran.com/ - Choukran's Blog
http://www.evenchoshen.com/ - The Newest Stories
http://www.rediscoveru.net/ - The Discovery Blog
http://www.ccmtas.net/ - The CCMTAS Blog
http://www.prosceniumevents.com/ - My Best Stories
http://www.ezprotocols.com/ - A Meaningful Stories
http://www.boardfinance.net/ - A Member's Blog
http://www.festival-amelie.com/ - Festval-Amelie's Blog
http://www.y-o-f.com/ - Great Things to Be Written
http://www.haifanchem.com/ - Haifanchem's Blog
http://www.icemenergservice.com/ - Cool Stories
http://www.des-hmd.com/ - Thoughts and Beliefs
http://www.euroglialcell.org/ Anything Goes
http://www.soulblaster.com/ The Good Stories
http://www.shenghuook.com/ My Set of Ideas
http://www.zalameasigma.com/ Zalameasigma's Blog
http://www.vourey.com/ I Think I Know
http://www.ikonamutfak.com/ My Great Ideas
http://www.estudiantesdemerida.com/ Great Things and Idea's

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

Tommy Sukmadinata said...

hati" saudaraku genjer artinya jendral orang PKI ini suka membuat perumpamaan" seperti di lagu bubuy bulan yang menghina umat islam waktu dulu baik masyumi dll ini linknya biar tidak salah paham http://m.kompasiana.com/darwonogurukita/pki-dan-propaganda-melalui-budaya_5610e0312f7a610e0770bf15

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS