Piwulang Kautaman

Ajaran hidup cara Jawa memiliki 3 aras dasar utama, yakni aras sadar ber-Tuhan, aras kesadaran semesta dan aras keberadaban manusia.

Keberadaban manusia erat hubungannya dengan budi pekerti. Oleh sebab itu dalam falsafah hidup orang Jawa terdapat Piwulang Kautaman.

Piwulang Kautaman adalah ajaran keutamaan hidup. Secara alamiah manusia telah dibekali kemampuan untuk membedakan perbuatan benar dan salah serta perbuatan baik dan buruk. Disinilah peranan piwulang kautaman, yakni untuk " mempertajam " kemampuan itu.

Dalam Piwulang Kautaman juga diajarkan pengenalan budi luhur dan budi asor dimana pilihan manusia hendaknya kepada budi luhur

Cukup banyak piwulang kautaman dalam ajaran hidup cara Jawa. Ada yang berupa tembang-tembang. Ada pula yang berupa sesanti atau unen-unen yang mengandung pengertian luas dan mendalam tentang makna budi luhur. Misalnya : tepa selira dan mulat sarira, mikul dhuwur mendhem jero.

Filosofi yang ada dibalik kalimat sesanti atau unen-unen tersebut tidak cukup sekedar dipahami dengan menterjemahkan makna kata-kata dalam kalimat tersebut.

Oleh karena itu sering terjadi ”salah mengerti” dari para pihak yang bukan Jawa. Juga oleh kebanyakan orang Jawa sendiri. Akibatnya ada anggapan bahwa sesanti dan unen-unen Jawa sebagai anti-logis atau dianggap bertentangan dengan logika umum.

Berikut beberapa contoh unen - unen yang di - " salah mengerti " kan oleh masyarakat...

Mulat sarira dan tepa selira diartikan bahwa Jawa sangat toleran dengan perbuatan KKN yang dilakukan kerabat dan golongannya.

MAKNA SEBENARNYA ADALAH


Makna dari mulat sarira dan tepa selira adalah untuk selalu mengoperasionalkan rasa pangrasa dalam bergaul dengan orang lain. Mulat sarira, mengajarkan untuk selalu instropeksi akan diri sendiri. Kesadaran untuk selalu instropeksi pada diri sendiri akan melahirkan watak tepa selira, berempati secara terus menerus kepada sesama umat manusia.

Lalu mikul dhuwur mendhem jero dimaknai untuk tidak mengadili orangtua dan pemimpin yang bersalah.

MAKNA SEBENARNYA ADALAH


Meskipun dimaksudkan untuk selalu menghormati orangtua dan pemimpin, namun tidak membutakan diri untuk menilai perbuatan orangtua dan pemimpin. Karena yang tua dan pemimpin juga memiliki kewajiban yang sama untuk selalu melakukan perbuatan yang benar.

Tapi banyak pula kita menemukan Piwulang Kautaman yang berupa nasehat atau pitutur yang jelas paparannya.

Piwulang Kautaman memiliki aras kuat pada kesadaran ber-Tuhan. Maka, ditabukan mencampuri “hak prerogatif Tuhan” dalam menentukan dan memastikan kejadian yang belum terjadi.

“Ing samubarang gawe aja sok wani mesthekake, awit akeh lelakon kang akeh banget sambekalane sing ora bisa dinuga tumibane. Jer kaya unine pepenget, “menawa manungsa iku pancen wajib ihtiyar, nanging pepesthene dumunung ing astane Pangeran Kang Maha Wikan”.



gambar Bratasena a.k.a Werkudara diambil dari sini
sumber : komid.net

62 comments:

  1. wah..pandaaaa...... sastra jawanya okeh bangettt..(anak siapa dulu donk..bundaaa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati" saudaraku genjer artinya jendral orang PKI ini suka membuat perumpamaan" seperti di lagu bubuy bulan yang menghina umat islam waktu dulu baik masyumi dll ini linknya biar tidak salah paham http://m.kompasiana.com/darwonogurukita/pki-dan-propaganda-melalui-budaya_5610e0312f7a610e0770bf15

      Delete
  2. wah mantap ini infonya, dan terima kasih PANDA telah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  3. Mas Budaya Jawa ternyata luhur hal2 seperti itu sudah lama mereka ajarkan..bagus mas infonya jg

    ReplyDelete
  4. wahh..kirain panda adanya di cina..ternyata selaen blajar kungfu dia juga ahli sastra jawa..
    hi..hi..

    ReplyDelete
  5. sesama orang jawa, saya mendukung sampean untuk membawa dan mengangkat kembali budaya jawa... khususnya budi pekerti. Nek perlu, kita ganti pelajaran PMP kita selama ini dengan Pendidikan Moral Kejawaan. Biar semuanya menjadi jawa... huehuehuehue

    ReplyDelete
  6. Yup, bener sekali broth. Banyak dari kita yang salah mengartikan unen2 Jawa tsb. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda wajib meluruskan hal itu. Ayo bebarengan memangku angrahayuning nagoro....Hehehe..sok Jawa nih..

    ReplyDelete
  7. setalah dicermati...kalo dianalogikan lagi itu sama aja dengan UU musti disertai juklak donk.. bener ga bu?

    ReplyDelete
  8. wajar saja kalo ada perbedaan kayak gitu...kan biasanya asas yang kayak gitu diturunkan ke generasi melalui mulut kemulut!
    ceila!
    wekekkekekekek!

    ReplyDelete
  9. matur sembah nuhun...diajeng..he2

    ReplyDelete
  10. filosofi jawa gak kalah deh dg greek philosophy, bedanya kalo yunani lebih menekankan pd logika dan reason, orang didorong utk banyak bertanya

    ReplyDelete
  11. wahhh Panda..cc jadi pengen ngedengar langsung panda bersastra jawa :P

    ReplyDelete
  12. iya,ya berarti perlu diberi penjelasan ya unen-unen itu, biar ga salah mengerti..... :)

    ReplyDelete
  13. Benar2 informasi yang bagus dan jarang saya dapatkan ..kangen banget dengan istilah2 jawa :D

    ReplyDelete
  14. Tepa slira menurut saya tepa itu tepak (tepat) slira itu awak (badan) artinya nepakno awak (menempatkan badan) yang berarti kita harus pandai menempatkan diri dimana saja kita berada, salam

    ReplyDelete
  15. uiihh..mantap..
    saya juga orang jawa, tapi nggak ngerti yang beginian (^_^)

    ReplyDelete
  16. Wah..Wah..Panda ternyata "hebat" ttg urusan Jawa....salut...

    @ Fajar Indra: setuju, Bung!!
    ============================================
    and satu lagi, nulis artikel ini pake aksara jawa aja, berani gak hayoo....

    ReplyDelete
  17. Duuuh..bahasa jawa alusnya keluar deh....indah dan bijaksana sekali ya ternyata pemaparannya yg sebenarnya...!

    ReplyDelete
  18. petuahnya sangat mengena dan pas

    ReplyDelete
  19. berbakat jadi dalang nih bro panda..

    ReplyDelete
  20. ada yang menarik.. kok yang dipake gambar " warkudoro" kukunya panjang panjang lagi,kaya drakula... apa drakula juga perlambang piwulang kautaman di barat yaa?

    ReplyDelete
  21. Wah, wah, slut untuk pak panda. Saya sendiri orang Jawa tapi lupa bahwa ajaran budaya Jawa penuh dengan filosofi kebaikan. Salam damai.

    ReplyDelete
  22. Hmmm... walaupuin saya orang jawa tapi tidak paham masalah tersebut, terimakasih telah berbagi ilmunya, keep post

    ReplyDelete
  23. Wah... nice artikel... sangat berguna,jadi banyak belajar..

    ReplyDelete
  24. hehehhe, jadi inget pesennya mbah kakung ama mbah putri...

    ReplyDelete
  25. selamat kita kembali ke budaya asli. Jangan mau di susupi budaya asing. Disamping ga cocok dengan budaya kita, penyatuan budaya seluruh nusantara menjadi satu kultur akan menyebabkan budaya kita hilang. Dan para wisatawan juga ga akan mau berkunjung ke indonesia. Makasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  26. infonya good... dpt pngetahuan lg nich... tengs ya... he.. :) O ya, kenalin ya..klo aku SASAK. tau kan.. ?

    ReplyDelete
  27. wogh jarang-jarang ne jaman sekarang yg ngerti seni kek gini, salute hehehe

    ReplyDelete
  28. waduh Kang,,,
    cuman bisa bengong bacanya...
    ga begitu ngerti
    ikut bangga deh masih ada orang yang menghargai seni sedalam ini...

    ReplyDelete
  29. setuju.... ciaaattt... he he...jago kunfu atau jurus wayang nih...

    ReplyDelete
  30. wkwkwkwkw
    ga mudeng neh

    tapi informatif

    ReplyDelete
  31. iam cooming......
    i dont understand wayang

    ReplyDelete
  32. ok beh......ok beh......ok beh.....

    ReplyDelete
  33. wah..apik tenan ki tulisane..
    hehehehe..

    ReplyDelete
  34. Jawa itu emang penuh dengan nasehat2... falsafah hidup... nilai2... dan sebagainya... kaya banged!!! belajar 5 tahun pun keknya ga bakalan cukup!!! :D

    ReplyDelete
  35. keren bung..nice artikel..saya ga bisa koment apa-apa..karena bagi saya tulisan ini sangat sempurna.

    ReplyDelete
  36. Dibacanya menarik, jadi bisa tambah pengetahuan walaupun bukan orang jawa...:)

    ReplyDelete
  37. "Mulat sarira dan tepa selira diartikan bahwa Jawa sangat toleran dengan perbuatan KKN yang dilakukan kerabat dan golongannya"

    bisa diartikan salah kaprah tentang mengartikan itu?

    ReplyDelete
  38. menambah wawasan tentang kebudayaan nih... hehehe..

    ReplyDelete
  39. wah aslinya jawa mana bos?/? nferti banget urusan gitoe?

    ReplyDelete
  40. sendiko dawuh rama guru. mugiyo andadosaken jimat kangge sangune urip (halah...kayaknya salah deh bahasa jawa saya)

    ReplyDelete
  41. woooogh... wayangan... gyahahahaha

    ReplyDelete
  42. panda anak mana nich, suka wayang yaw :)

    ReplyDelete
  43. ga nyambung ne... :(

    ReplyDelete
  44. panda lulusan sastra jawa UI ya..?
    heee sotoy bgt ya.. abs ngerti banyak ttg filosofi jawa,,,

    ReplyDelete
  45. Klo di Bali juga ada 3 dasar utama ajaran hidup, di sebut dengan istilah Tri Hita Karana. Pengertiannya sama..

    ReplyDelete
  46. ngikut ngeramein ah....

    setuju, hak preogratif Tuhan memang harus tetap menjadi rahasia :)

    nice artikel nak, hohoho

    ReplyDelete
  47. bener2 postingan yg bagus.selain utk nguri2 budaya jawa juga sebagai tambahan pengetahuan bagi kita semua.makasih

    ReplyDelete
  48. wah.... jowone ndi mas ??? ijol link gelem ora ????

    ReplyDelete
  49. njenengan niki tiyang jowo nggih.............?jowo ne pundi?
    kulo nggih jowo.................
    tanpo maksud SARA............kulo seneng dados suku jowo n lair teng jowo.............boso jowo dados bahasa daerah paling terkenal gih.........

    ReplyDelete
  50. nice job very interesting articles, I think this site is very professional when it comes to the public, its really good! keep up the good work!!http://www.soulblaster.com

    ReplyDelete
  51. A very great and nice article, and Nice informative site,
    thanks for sharing with me. Enjoyed reading it.
    i have learned a lot of this, thanks for the good job.http://www.shenghuook.com

    ReplyDelete
  52. wow very nice dude!! another great articles that i have seen.nice and great site
    http://www.julzpark47.com/ - Simple World
    http://www.60891336.com/ - My Simple Stories
    http://www.zlsd-velenje.com/ - Valenje's Blog
    http://www.it130.net/ - IT's Good Blog
    http://www.choukran.com/ - Choukran's Blog
    http://www.evenchoshen.com/ - The Newest Stories
    http://www.rediscoveru.net/ - The Discovery Blog
    http://www.ccmtas.net/ - The CCMTAS Blog
    http://www.prosceniumevents.com/ - My Best Stories
    http://www.ezprotocols.com/ - A Meaningful Stories
    http://www.boardfinance.net/ - A Member's Blog
    http://www.festival-amelie.com/ - Festval-Amelie's Blog
    http://www.y-o-f.com/ - Great Things to Be Written
    http://www.haifanchem.com/ - Haifanchem's Blog
    http://www.icemenergservice.com/ - Cool Stories
    http://www.des-hmd.com/ - Thoughts and Beliefs
    http://www.euroglialcell.org/ Anything Goes
    http://www.soulblaster.com/ The Good Stories
    http://www.shenghuook.com/ My Set of Ideas
    http://www.zalameasigma.com/ Zalameasigma's Blog
    http://www.vourey.com/ I Think I Know
    http://www.ikonamutfak.com/ My Great Ideas
    http://www.estudiantesdemerida.com/ Great Things and Idea's

    ReplyDelete
  53. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect