IBSN : Puasa, Zakat, Takbiran Lalu Apa ?

Setelah berpuasa sebulan penuh, tibalah momen yang sangat dinanti seluruh umat Islam diseluruh dunia, yakni momen 1 Syawal.

Begitu hari terakhir bulan Ramadhan atau malam hari raya Idul Fitri, kita disunnahkan memperbanyak takbir dan baiknya ikut takbiran di masjid atau takbir keliling yang disertai beduk. Sejak terbenamnya matahari sampai Imam naik ke mimbar untuk shalat Idul Fitri.


Salat hari raya atau salat Id’ merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan ( sunnah muakad ). Bahkan bagi wanita yang haid serta anak-anak pun,dianjurkan untuk keluar rumah menuju orang-orang yang salat. Lalu apa saja yang disunnahkan ?

Berikut ini beberapa tuntunan salat hari raya yang Panda dapatkan dari berbagai sumber :

1. Berhias serta berpakaian yang terindah dan yang terbaik. Sebagaimana hadist riwayat Bukhari dan Muslim. Meskipun begitu, tentu bukan berarti harus menggunakan baju baru saat salat. Baju lama yang masih baik dan suci tentu tidak apa – apa.
2. Mandi sebelum salat ( diriwayatkan oelh Ibnu Umar )
3. Makan pagi sebelum berangkat, sebaiknya dengan kurma dengan jumlah yang ganjil ( HR Bukhari dan Ahmad )
4. Menempuh jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang ( HR. Bukhari )
5. Berjalan kaki menuju tempat shalat, kecuali ada halangan seperti sakit atau jauh jaraknya ( HR. Tirmidzi )
6. Membawa anak – anak dan kaum wanita ( HR. Bukhari dan Muslim )
7. Shalat Id’ dengan khusyuk
8. Selesai shalat jangan langsung pulang, ikuti khotbah hari raya.
9. Setelah khotbah selesai , saatnya bersalam – salaman dengan jamaah lain.



( tulisan ini untuk IBSN : “ Berbagi Tak Pernah Rugi..”)

gambar diambil tanpa ijin dari sini



35 Komentar:

amin hidayat said...

kurang satu bro Setelah khotbah selesai , saatnya bersalam – salaman dengan jamaah lain. lalu kendurian :) habis dijawatimur gitu.....eh tapi bener gak?

—¤(rida)¤— said...

"Menempuh jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang ( HR. Bukhari )" sekedar tambahan, saat berangkat ketempat shalat dianjurkan sambil membacakan kalimah2 takbir, tahlil dan tahmid..
Allaahu Akbar 2x
laailaahaillallah
huwallaahu akbar
allaahu akbar
walillaahilhamd.

—¤(rida)¤— said...

ralat..
kalimah2 takbir, tahlil dan tahmid.. bunyinya:
Allaahu Akbar 2x
Laailaahaillallahu
Allaahu akbar
Allaahu akbar
Walillaahilhamd.

Ani said...

Thanks banget tuntunan sholat hari rayanya, bermanfaat banget nih.

Elys Welt said...

Met lebaran , maaf lahir dan bathin ya :)

Ecko said...

Saya malah sudah beberapa tahun ini gak ikut sholat Ied. Rasanya gimana gitu, soalnya gak di rumah sih. Kalo pas pualng di rumah pasti sholat Ied bareng2 keluarga trus sungkeman. Lha kalo gak mudik malah jadi sedih pas mo sholat. :D

Tony said...

met lebaran ya mas

Bunda Rierie said...

Setelah Semua diatas..Siap2....ciatttt..keliling... Nyari angpau thr...(ehh salah saling memafkan kok..bener..)

Revarius said...

wah wah hebat ni artikelnya panda.... pake ada sumber dari hadits lo... tp emang bener kok harus begitu... aq baru tau cuma klo kita harus makan kurma dengan jumlah ganjil. tp setau aq sih makan korma emang di anjurkan dengan jumlah ganjil.... btw

sebelum semuanya terlambat, aku ingin mengucapkan seuntai kata indah dari palung hati yang terdalam Taqabalallahu minna wa minkum Minal Aidin Wal Daidzin.... Mohon maaf lahir dan batin... semoga di hari yang fitri kita smua terlahir fitri kembali dan kita menjadi pemenang di ramadhan ini. Amien

thevemo said...

Sebelum Sholat IED
Sungkeman

Setelah Sholat IED
Makan lontong

SHALEH said...

sebelum salat IED
pake baju baru

Setelah selesai salat IED
makan ketupat dan bersilaturahmi ke tetangga

ABDEE NEGARA said...

Thanks infox....

Anonymous said...

otakkabel
intinya satu bro.
Back to Eat
hhahaa

fajar said...

mohon maaf lahir batin y mas ^_^

namaku wendy said...

seeep biar makin sempurna deh tu kemenangannya:)

Tukang Sapu Radio said...

Nah kalo pas jatuh 1 syawalnya terjadi perbedaan hisab dan rukyat gimana nich? Semoga aja nggak terjadi.

Apipuzi said...

Trus makan-makan, cari angpao, salam-salaman........

trus lupa esensi ramadhan!

Rizal Akbar said...

Oooo...saya baru tahu..hehe..

itu untuk yang no.3 kalo nggak makan sama sekali dihitungnya 0 ya ? bukan genap, wah berarti harus makan minimal 1 ya ?

untuk no.4 kayanya repot juga, soalnya rute dari rumah saya ke masjid ya cuma itu doang...apa ditengah jalan nanti saya muter-muter aja ya..hehe..

mohon maaf lahir batin

(^_^)v
..peace..

Mascayo said...

wah terimakasih sudah mengingatkan kembali ...
Selamat Idul Fitri 1429 H
Minal Aidin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir Bathin

wendra wijaya said...

Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin...

Reza said...

mohon maaf lahir dan batin

dugem said...

duh fasih juga rupanya yah,met lebaran dong..

Abi Bakar said...

Minal aidhin wal faidhin Panda, maaf lahir dan bathin, besok hari yang mengembalikan kita kepada fitri, Subhanallah!

laporan said...

Mohon Maaf Lahir dan Batin atas berbagai kesalahan baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

orangndut said...

Setapak langkah meninggalkan bulan suci,
Kembali fitrah sejalan dengan Ridho Ilahi,
Saling memaafkan dalam kelapangan hati,
Merajut silaturahmi dalam kemenangan hakiki.

Segenap Kru OmongOpo.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H "Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin."

Ecko said...

Dateng lagi nih, mo ngucapin met lebaran. Mohon maaf lahir batin

Muhammad Qori said...

setelah mengerjakan semua itu ,saya pergi kewarnet untuk mengucapkan selamat hari raya Idul fitri ,mohon maaf lahir Batin.

thegands said...

lalu saling bermaaf-maafan dan makan2. hehehe...

emfajar said...

selamat idul fitri..

minal adzin wal faidzin,,

mohon maaf atas segala kesalahan terutama kalo ada komentar yang kurang berkenan..

belly wijaya said...

"minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir & bathin"

harry the potter said...

met malem......

harry the potter from ciamis-manismau ngucapin
Taqabalallahu minna wa minkum wa jal'na minal aidzin wal faizin
Mohon maaf lahir & bathin

Benny said...

met lebaran ya broth mohon maaf lahir dan bathin

Lyla said...

selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin ya mas

enhal said...

Satu kelupaan bung, selesai itu maem opor ayam plus ketupat..hehehehe.

Heri said...

mohon maaf lahir bathin salam dari malang :D

http://hmcahyo.wordpress.com

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS