IBSN : Puasa, Zakat, Takbiran Lalu Apa ?

Setelah berpuasa sebulan penuh, tibalah momen yang sangat dinanti seluruh umat Islam diseluruh dunia, yakni momen 1 Syawal.

Begitu hari terakhir bulan Ramadhan atau malam hari raya Idul Fitri, kita disunnahkan memperbanyak takbir dan baiknya ikut takbiran di masjid atau takbir keliling yang disertai beduk. Sejak terbenamnya matahari sampai Imam naik ke mimbar untuk shalat Idul Fitri.


Salat hari raya atau salat Id’ merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan ( sunnah muakad ). Bahkan bagi wanita yang haid serta anak-anak pun,dianjurkan untuk keluar rumah menuju orang-orang yang salat. Lalu apa saja yang disunnahkan ?

Berikut ini beberapa tuntunan salat hari raya yang Panda dapatkan dari berbagai sumber :

1. Berhias serta berpakaian yang terindah dan yang terbaik. Sebagaimana hadist riwayat Bukhari dan Muslim. Meskipun begitu, tentu bukan berarti harus menggunakan baju baru saat salat. Baju lama yang masih baik dan suci tentu tidak apa – apa.
2. Mandi sebelum salat ( diriwayatkan oelh Ibnu Umar )
3. Makan pagi sebelum berangkat, sebaiknya dengan kurma dengan jumlah yang ganjil ( HR Bukhari dan Ahmad )
4. Menempuh jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang ( HR. Bukhari )
5. Berjalan kaki menuju tempat shalat, kecuali ada halangan seperti sakit atau jauh jaraknya ( HR. Tirmidzi )
6. Membawa anak – anak dan kaum wanita ( HR. Bukhari dan Muslim )
7. Shalat Id’ dengan khusyuk
8. Selesai shalat jangan langsung pulang, ikuti khotbah hari raya.
9. Setelah khotbah selesai , saatnya bersalam – salaman dengan jamaah lain.



( tulisan ini untuk IBSN : “ Berbagi Tak Pernah Rugi..”)

gambar diambil tanpa ijin dari sini



37 comments:

  1. kurang satu bro Setelah khotbah selesai , saatnya bersalam – salaman dengan jamaah lain. lalu kendurian :) habis dijawatimur gitu.....eh tapi bener gak?

    ReplyDelete
  2. "Menempuh jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang ( HR. Bukhari )" sekedar tambahan, saat berangkat ketempat shalat dianjurkan sambil membacakan kalimah2 takbir, tahlil dan tahmid..
    Allaahu Akbar 2x
    laailaahaillallah
    huwallaahu akbar
    allaahu akbar
    walillaahilhamd.

    ReplyDelete
  3. ralat..
    kalimah2 takbir, tahlil dan tahmid.. bunyinya:
    Allaahu Akbar 2x
    Laailaahaillallahu
    Allaahu akbar
    Allaahu akbar
    Walillaahilhamd.

    ReplyDelete
  4. Thanks banget tuntunan sholat hari rayanya, bermanfaat banget nih.

    ReplyDelete
  5. Met lebaran , maaf lahir dan bathin ya :)

    ReplyDelete
  6. Saya malah sudah beberapa tahun ini gak ikut sholat Ied. Rasanya gimana gitu, soalnya gak di rumah sih. Kalo pas pualng di rumah pasti sholat Ied bareng2 keluarga trus sungkeman. Lha kalo gak mudik malah jadi sedih pas mo sholat. :D

    ReplyDelete
  7. Setelah Semua diatas..Siap2....ciatttt..keliling... Nyari angpau thr...(ehh salah saling memafkan kok..bener..)

    ReplyDelete
  8. wah wah hebat ni artikelnya panda.... pake ada sumber dari hadits lo... tp emang bener kok harus begitu... aq baru tau cuma klo kita harus makan kurma dengan jumlah ganjil. tp setau aq sih makan korma emang di anjurkan dengan jumlah ganjil.... btw

    sebelum semuanya terlambat, aku ingin mengucapkan seuntai kata indah dari palung hati yang terdalam Taqabalallahu minna wa minkum Minal Aidin Wal Daidzin.... Mohon maaf lahir dan batin... semoga di hari yang fitri kita smua terlahir fitri kembali dan kita menjadi pemenang di ramadhan ini. Amien

    ReplyDelete
  9. Sebelum Sholat IED
    Sungkeman

    Setelah Sholat IED
    Makan lontong

    ReplyDelete
  10. sebelum salat IED
    pake baju baru

    Setelah selesai salat IED
    makan ketupat dan bersilaturahmi ke tetangga

    ReplyDelete
  11. otakkabel
    intinya satu bro.
    Back to Eat
    hhahaa

    ReplyDelete
  12. mohon maaf lahir batin y mas ^_^

    ReplyDelete
  13. seeep biar makin sempurna deh tu kemenangannya:)

    ReplyDelete
  14. Nah kalo pas jatuh 1 syawalnya terjadi perbedaan hisab dan rukyat gimana nich? Semoga aja nggak terjadi.

    ReplyDelete
  15. Trus makan-makan, cari angpao, salam-salaman........

    trus lupa esensi ramadhan!

    ReplyDelete
  16. Oooo...saya baru tahu..hehe..

    itu untuk yang no.3 kalo nggak makan sama sekali dihitungnya 0 ya ? bukan genap, wah berarti harus makan minimal 1 ya ?

    untuk no.4 kayanya repot juga, soalnya rute dari rumah saya ke masjid ya cuma itu doang...apa ditengah jalan nanti saya muter-muter aja ya..hehe..

    mohon maaf lahir batin

    (^_^)v
    ..peace..

    ReplyDelete
  17. wah terimakasih sudah mengingatkan kembali ...
    Selamat Idul Fitri 1429 H
    Minal Aidin Wal Faidzin
    Mohon Maaf Lahir Bathin

    ReplyDelete
  18. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin...

    ReplyDelete
  19. duh fasih juga rupanya yah,met lebaran dong..

    ReplyDelete
  20. Minal aidhin wal faidhin Panda, maaf lahir dan bathin, besok hari yang mengembalikan kita kepada fitri, Subhanallah!

    ReplyDelete
  21. Mohon Maaf Lahir dan Batin atas berbagai kesalahan baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

    ReplyDelete
  22. Setapak langkah meninggalkan bulan suci,
    Kembali fitrah sejalan dengan Ridho Ilahi,
    Saling memaafkan dalam kelapangan hati,
    Merajut silaturahmi dalam kemenangan hakiki.

    Segenap Kru OmongOpo.com mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H "Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin."

    ReplyDelete
  23. Dateng lagi nih, mo ngucapin met lebaran. Mohon maaf lahir batin

    ReplyDelete
  24. setelah mengerjakan semua itu ,saya pergi kewarnet untuk mengucapkan selamat hari raya Idul fitri ,mohon maaf lahir Batin.

    ReplyDelete
  25. lalu saling bermaaf-maafan dan makan2. hehehe...

    ReplyDelete
  26. selamat idul fitri..

    minal adzin wal faidzin,,

    mohon maaf atas segala kesalahan terutama kalo ada komentar yang kurang berkenan..

    ReplyDelete
  27. "minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir & bathin"

    ReplyDelete
  28. met malem......

    harry the potter from ciamis-manismau ngucapin
    Taqabalallahu minna wa minkum wa jal'na minal aidzin wal faizin
    Mohon maaf lahir & bathin

    ReplyDelete
  29. met lebaran ya broth mohon maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
  30. selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin ya mas

    ReplyDelete
  31. Satu kelupaan bung, selesai itu maem opor ayam plus ketupat..hehehehe.

    ReplyDelete
  32. mohon maaf lahir bathin salam dari malang :D

    http://hmcahyo.wordpress.com

    ReplyDelete
  33. Tradisi ini selalu saya jalani setiap tahun. Yang paling mengharukan ialah saat kita bermaaf-maafan. Tangisan penyesalan dan bahagia ini hingga bisa membuat saya meneteskan air mata.

    ReplyDelete
  34. Bila puasa, zakat, takbiran, kemudian ialah menyambut hari kemenangan yakni Idul fitri.

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect