Lebaran dan Tempat Wisata

Inilah salah satu daya tarik lebaran selain arus mudik. Seperti tahun - tahun sebelumnya, lebaran tahun ini memberikan berkah yang luar biasa buat tempat - tempat wisata. Dimana banyak tempat wisata yang mendapat lonjakan pengunjung yang cukup drastis.




Seperti yang terjadi di Bandung, dua hari pasca lebaran peningkatan jumlah pengunjung di pusat-pusat rekreasi mencapai lebih dari sepuluh kali lipat dibandingkan hari-hari normal.

Salah satunya terlihat di Kebun Binatang Bandung. Tercatat jumlah pengunjung setidaknya 37 ribu orang, padahal pada hari normal rata-rata hanya dikunjungi 400-500 orang per hari.

Selain Kebun Binatang Bandung, Taman Lalu Lintas Ade Irma juga ramai diserbu pengunjung

Selain itu sejumlah obyek wisata pantai di DI Yogyakarta pada hari kedua perayaan Lebaran juga melonjak. Di Kabupaten Bantul, Pantai Parangtritis dan Pantai Depok tetap menjadi tujuan utama para wisatawan.

Menurut Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis Imam Santoso, lonjakan kunjungan wisatawan mulai terasa sejak hari pertama Lebaran, yakni dengan 6.300 pengunjung. Padahal, pada hari biasa jumlah pengunjung mencapai sekitar 1.000 orang per hari.

Namun di saat banyak tempat wisata dibanjiri pengunjung waktu lebaran, beberapa pusat rekreasi dan hiburan di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur masih terasa lengang. Di hari pertama dan kedua lebaran, masyarakat Sumenep justru memanfaatkan momen lebaran untuk berkunjung ke sanak saudara dan ziarah ke makam para leluhur daripada berekreasi.

Kesepian terlihat di beberapa tempat wisata pantai terkenal, seperti Pantai Lombang dan Pantai Slopeng. Berdasarkan tradisi di Pulau Madura dan sekitarnya, selama tujuh hari setelah lebaran, masyarakat muslim masih menjalani puasa syawal. Setelah tujuh hari, mereka kemudian merayakan hari raya lebaran ketupat.Dan saat hari raya lebaran ketupat berlangsung, umat muslim secara serentak memasak ketupat sekaligus menghabiskan waktu mereka untuk berekreasi ke berbagai macam tempat hiburan.

Bagaimanakah anda ? Apakah anda juga bepergian di saat lebaran ?




gambar Pantai Parangtritis diambil dari sini
sumber : kompas.com

34 Komentar:

nita said...

orang2 pd keluar pasti jalanan lumaya macet ya. saat begini tempat2 hiburan lumayan menangguk untung

JALOE said...

iy hari-hari gini.. biasanya yg bekerja di tempat wisata speperti itu nggga mudik mas.. malah nyari rezeki

aRuL said...

wah sy juga pengen ke madura... katanya sih pantainya bagus...
btw met lebaran yakz..

belly wijaya said...

nambahin aja, minggu2 ini di bali dipenuhi mobil2 dgn plat no: B,D,L,W,Z,H, pokoknya jalanan warna warni deh... :) *jd pengen motret*

o iya, met lebaran juga ya?

sawa said...

He.. he.. he.. lebran identik liburan ya? padahal sebagian orang lebaran adalah panen. Ya contohnya bagi mereka yang mengusung dunia hiburan. Kalo ane sih... lebaran jadi sarana ketemu ama sodara yang udah 10 atawa 20 tahun nggak jumpa.

thegands said...

daerah wisata yang saya kunjungi masih sekitar sumut. hehehe...

wendra wijaya said...

Pasti dech banyak juga yang jadi pedagang dadakan, heheee..

Met lebaran ya..

Penyanyi Saki Jiwa said...

Wah, di sini biasa2 saja..
Tidak semakin ramai atupun semakin sepi..

Met lebaran ya n trims kunjungannya

Blogunik said...

Wah saya dirumah saja, males banget kalau terlalu rame, jadinya bukan ngeliatin alamnya tapi lihat keramaian orangnya. Nanti terlalu bersih matanya kalau di cuci terus :mrgreen:

trendy said...

kalo di palembang palingan cuma punti kayu!
dipastikan ramai!
wekekeke

Bunda Rierie said...

kalau di tempat bunda pada rame ke mall ha.ha

franciska dyah said...

wah, jadi pen ke `paris` nih (parangtritis maksudnya) / pantai yg paling deket dr rumah sih.. ^^

Met Lebaran ya mas Panda
Mohon maaf lahir dan batin..

aha said...

aku di rumah aja.. sekarang malah dah balik ke jkt bos... sedih..

Muhammad Qori said...

wah,malas sekali saya untuk berlibur,karena bulan puasa ini liburan saya telah berakhir,saatnya kembali kepesantren...
jadi pastinya saya jarang online..

kaka | acepsilet said...

Gua di rumah,jagain warungnya si emak.Eh blog gua yang ini blom lu links ya....( hiks...hiks...hiks) sungguh tidak setia kawan

Tony said...

kapan ya bisa mampir kesana :)

enhal said...

Wah pengen ke sana jadinya

Video Lebaran said...

Tempat wisata jadi rame dan jadi berkah bagi para pedagang

izandi said...

hihih males ah keluarnya macet banget

bani risset said...

waaa padahal kemarin saya lewat situ tuu...

elys welt said...

yap .. tentu dong :)

Lyla said...

wahhh... tempat wisata??? aku gak kemana2 wkt lebaran... hiks....

byw selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin ya :)

Nick Tanpa Link said...

kalo ane ga kemana2 boss, coz KB ane satu kota ama ane wkwkwkwkwk

bojes said...

wah jadi pengin ke pante nih boss.. ;)

Reza said...

kalau reza nggak ke tempat wisata dan pulkam , cuman dirumah

okta sihotang said...

identik bgt

thevemo said...

lebaran paling di rumag jagain rumah truske tempat sodara

orangndut said...

Kalau saya udah puas berwisata pas Puasa Ramadhan, jadi gak kemana-mana waktu lebaran...hehehe

namaku wendy said...

laris manis tempat wisatanya tu, yg keluarganya jauh2 daripada manyun di rumah jadi punya pilihan juga yak wat berekreasi..

Rizal Akbar said...

Saya lebaran nggak pernah wisata ke mana-mana, pernah sekali nekad mau wisata, yang ada malah ga wisata, soalnya jalannya kesana aja dah macet banget, malah terjebak dijalan, dah sampe disana juga nggak bisa santai, isinya orang semua...

hehehehe...
(^_^)v
...peace...

uNieQ said...

hari pertama Lebaran, cc dirumah aja, tidur.. gara² malam lebaran ga tidur.. dikejar setoran pesanan :D

hari kedua, malah sakit.. ya udah akhirnya Lebaran ngabisin dirumah aj..

btw maaf lahir bathin ya Panda.. :)

uMMa said...

weissszzz Qta mesti bangga sbg orang indonesia..
d negara lain kgk da yg ginian kan hehehhehe

Alisia Febriani said...

Semua itu harus kita syukuri iya kan :)

Arsya said...

Biasanya setelah lebaran, para pelajar, kantor / instansi / organisasi / para pekerja akan libur / cuti bersama dalam beberapa waktu. Nah, biasanya pantai, wisata air menjadi favorite saat lebaran.

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS