Masjid Muhammad Cheng Hoo



To greet Ramadan, Cheng Hoo Mosque's equipped with tent in its yard to accommodate many pilgrims





Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan masjid yang memiliki sejarah yang sangat menarik ( selain Masjid Agung Sunan Ampel ) hal ini tampak dari arsitektur bangunannya yang dibuat dengan gaya khas Tiongkok.

Arsitekturnya yang menyerupai bangunan kelenteng adalah gagasan untuk menunjukkan identitas sebagai muslim Tionghoa di Indonesia dan untuk mengenang leluhur warga Tionghoa yang mayoritas beragama Buddha.

Warna dominan pada bangunan masjid: merah, kuning, biru dan hijau. Dalam kepercayaan Tionghoa, warna merah adalah simbol kebahagiaan, warna kuning adalah simbol kemashyuran, warna biru adalah simbol harapan, dan warna hijau adalah simbol kemakmuran ( seperti warna blog ini :D )

Bagian atas dari bangunan utama bertingkat 3 dari pengaruh Hindu Jawa. Bentuknya menyerupai pagoda, berbentuk segi 8. Angka 8 dalam bahasa Tionghoa disebut Fat yang berarti jaya dan keberuntungan.

Anak tangga di bagian serambi masjid berjumlah 5, yang menggambarkan rukun Islam. Sedangkan anak tangga di bagian dalam masjid berjumlah 6, menandakan rukun iman dalam Islam.

Pada bagian depan bangunan utama terdapat ruangan yang dipergunakan oleh imam untuk memimpin sholat dan khotbah yang sengaja dibentuk seperti pintu gereja, ini menunjukkan bahwa Islam mengakui dan menghormati keberadaan Nabi Isa AS sebagai utusan Allah SWT yang menerima Kitab Injil bagi umat Nasrani.

Itu juga menunjukkan bahwa Islam mencintai hidup damai, saling menghormati dan tidak mencampuri agama dan kepercayaan orang lain.

Utara masjid terdapat relief Muhammad Cheng Hoo bersama armada kapal yang digunakannya dalam mengarungi Samudera Hindia. Relief ini memiliki pesan kepada muslim Tionghoa di Indonesia ( khususnya ) agar tidak risih dan sombong sebagai orang Islam. Orang Tionghoa memeluk Islam bukanlah merupakan hal yang aneh tetapi sangatlah wajar, karena 600 tahun yang lalu sudah ada laksamana Tionghoa yang taat menjalankan ajaran Islam bernama Muhammad Cheng Hoo atau yang lebih dikenal dengan Sam Poo Kong atau Pompu Awang. Beliau juga turut mensyi'arkan agama Islam di tanah Indonesia terutama di pulau Jawa.

Laksamana Cheng Hoo pada tahun 1410 dan tahun 1416 dengan armada yang dipimpinnya mendarat di pantai Simongan, Semarang. Sebagai utusan Kaisar Yung Lo untuk mengunjungi Raja Majapahit yang juga bertujuan untuk menyebarkan agama Islam.

Oleh karena itu untuk mengenang perjuangan Cheng Hoo dan warga Tionghoa muslim yang juga ingin memiliki sebuah masjid dengan gaya Tionghoa maka pada tanggal 10 Maret 2002 didirikanlah Masjid Muhammad Cheng Hoo, pada tanggal 13 Oktober 2002 Masjid Cheng Hoo diresmikan oleh Pemkot Surabaya. Peletakan batu pertama pembangunan masjid sendiri dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Masjid Muhammad Cheng Hoo beralamat di Jalan Gading No. 2, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya ( Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa ). Tertarik untuk berkunjung ?



gambar diambil dari sini
sumber : wikipedia, www.surabaya.go.id, mimimama.blogspot.com



56 Komentar:

Tony said...

mantap abis :)

ipanks said...

jalan2 kesana yuk dek...

nita said...

tadi kirain bangunan di tiongkok. bagus banget arsitekturnya seperti klenteng dan rumah2 tradisional china di film kungfu

trendy said...

perpaduan antara klenteng dan masjid ya!
wekekekekekeek!

indo said...

Unik sekali bentuk masjidnya seperti rumah tradisional di China...

Kristina Dian Safitry said...

eh..betul lho..mirip tempat ibadah di daratan china khususnya hongkong

Masenchipz said...

yang gw tau soal cheng hoo tuh cuma ama yusril... yg maen laksamana cheng hoo... he..he... btw siip ya.. gw jsi ngerti niyy

Taktiku said...

Terima kasih boss buat infonya, menambah wawasan saya nih postingannya.

hendra said...

salam kenal aja dah, mohon kunjungan baliknya yah.

Abi Bakar said...

Unik yah desain Masjidnya, bangunan2x China memang unik dan eye catching

awi said...

wah sekarang lagi ada serialnya tuh di TV tiap malam minggu, tentang laksamana cheng hoo

zfly said...

terus-terang, disain bangunan masjidnya unik, mirip kelenteng. Tapi justru disitu letak keindahan dan kedamaian Islam.

papapam traffic said...

udh nggak sabar nonton filmnya Laksamana Cheng Ho yg dibintangi ama Bang Yusril

Rezki said...

pernah kesana??

Ulie Azhar said...

Kalo liat posting ginian, aku jadi pengen jalan-jalan liat yg aslinya.

Ada yg tertarik mo nge-bandar-in?? :D

Mas Panda, tanggung jawab lhoo...hihi...

SHALEH said...

keren mesjidnya ntar kapan2 mampir ah

imen said...

wwaaaaaa.....pengen kesana...
kapan2 mampir ah.... :)

elys welt said...

cantik ya masjidnya

aha said...

sering wisata rohani ya bos.... keren infonya bos..

yog@ said...

kpn bisa ngunjungin masjidnya yah :(

hanggadamai said...

mantap infonya..

enhal said...

Thanks infonya Bung..jadi semakin tahu keindahan yang ada di luar sana..

awan_clickerz said...

wuih, suroboyo toh....
iya tiongkok bgt arsitektur nya.
ini menandakan Islam dg akulturasi budaya nya, menggapai segala kalangan dan lapisan, datang dengan damai dan membawa kedamaian..

cumie said...

keren ya mesjidnya, jadi pengen liad dengan mata kepala beneran kesana :D

Ridho said...

Wow, Unik bener bentuknya, keren !

jalooe said...

oooooo..arsitekturnya pastinya mirip yach sama yg di semarang.

EbleH 182 said...

Bentukya buagus banget.. Mudah2an rame yang sholat.

Oeoes said...

memang unik dan bagus, kapan ya aku bisa untuk sekedar sholat disana

Ani said...

Subhanallah, Masjidnya bagus banget ! Ada nilai seninya...

firman said...

baru ngerti neh boz...

i'suro said...

keren.............

Hellen said...

unieq ya bentuknya.... mudah2an saja banyak juga yang datang untuk sholat... :)

ekspresi.hati said...

Wah masjid Chengho tersebut kelihatannya perpaduan antara budaya China, Jawa, Bhudha dan Islam luar biasa mudah2 suatu saat bisa mampir disana

Bunda Rierie said...

mesjidnya buagus dan hijau kayak rumah panda yang baru..bunda baru datang, kirain nyasar tadi he.he.he.

tentang saya said...

wow,,,kreatif abis neh posting.jadi pengen ke masjid ceng ho,,sayang surabaya...jauh banget.

Lyla said...

wow masjid yang unik bergaya arsitektur klenteng :)

carra said...

potona kurang :D andaikan ada poto2nya bisa lebih asik ngliatnya...

dhie said...

tertarik untuk berkunjung. Panda mau ndak nemenin dhie? ;)

namaku wendy said...

subhanallah, bagus banget! pas kalo solat, ibadah di dalamnya jadi betah banget deh yah, pengennya lama2:)

sapimoto said...

Ini sepertinya pernah diliput oleh salah satu acara traveling, tapi saya lupa tipi apa...

Artha said...

Info menarik ... makasi informasinya

Andy MSE said...

Keren coy.. Ramadhan asyik banget ya jalan-jalan ke berbagai masjid!

uNieQ said...

subhanallah indah sekali masjidnya..Panda memang top markotop deyh..

btw gmn puasanya??lancar khan?

Muhammad Qori said...

hayya....
owe pikil itu kelenteng...
hehehehe...

diorockout said...

wah..
dari surabaya juga ya..
salam kenal

Bayu Aditya said...

wah keren bgt nih..! sayangnya di medan, chinesenya dikit yg muslim.. :( kalo banyak mungkin ada juga yang kaya gini

Panda™ said...

Dari dulu pengen banget masuk ke masjid ini, tp masih blm ada kesempatan...

dee said...

wow, masjid yg artistik bgt..
ornamen tionghoa-nya keliatan bgt ya..
sy pengen juga solat di sana.. baru pernah ke masjid kubah emas di depok..

Gelandangan said...

wahh mesjidnya indah dan klasik punya

ayamcinta said...

Hore ahirnya diposting jg!
Muup telat bwt liat postingnya, padahal dah request.
Jd merasa bersalah nech
Hehehehe

Thx bwt infonya ya panda, nech tak kasih daun bambu dech bwt buka ntar :-D

Fajar Indra said...

wes suwe ga neng mesjid... T_T

Jenny Oetomo said...

Dimana cak mesjid ini, tks

Kang Boim said...

arsitekturnya mantap.....:D

Revarius said...

Mesjidnya bagus banget ya arsitekturnya unik... aku waktu jalan jalan ke surabaya ga sempat mampir sih... tp malah ke mesjid ampel buat ziarah hehehe.. info artikelnya bagus banget nih buat pengetahuan

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

Obat Herbal Kanker Darah said...

keren,,,,

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS