Masjid Muhammad Cheng Hoo



To greet Ramadan, Cheng Hoo Mosque's equipped with tent in its yard to accommodate many pilgrims





Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan masjid yang memiliki sejarah yang sangat menarik ( selain Masjid Agung Sunan Ampel ) hal ini tampak dari arsitektur bangunannya yang dibuat dengan gaya khas Tiongkok.

Arsitekturnya yang menyerupai bangunan kelenteng adalah gagasan untuk menunjukkan identitas sebagai muslim Tionghoa di Indonesia dan untuk mengenang leluhur warga Tionghoa yang mayoritas beragama Buddha.

Warna dominan pada bangunan masjid: merah, kuning, biru dan hijau. Dalam kepercayaan Tionghoa, warna merah adalah simbol kebahagiaan, warna kuning adalah simbol kemashyuran, warna biru adalah simbol harapan, dan warna hijau adalah simbol kemakmuran ( seperti warna blog ini :D )

Bagian atas dari bangunan utama bertingkat 3 dari pengaruh Hindu Jawa. Bentuknya menyerupai pagoda, berbentuk segi 8. Angka 8 dalam bahasa Tionghoa disebut Fat yang berarti jaya dan keberuntungan.

Anak tangga di bagian serambi masjid berjumlah 5, yang menggambarkan rukun Islam. Sedangkan anak tangga di bagian dalam masjid berjumlah 6, menandakan rukun iman dalam Islam.

Pada bagian depan bangunan utama terdapat ruangan yang dipergunakan oleh imam untuk memimpin sholat dan khotbah yang sengaja dibentuk seperti pintu gereja, ini menunjukkan bahwa Islam mengakui dan menghormati keberadaan Nabi Isa AS sebagai utusan Allah SWT yang menerima Kitab Injil bagi umat Nasrani.

Itu juga menunjukkan bahwa Islam mencintai hidup damai, saling menghormati dan tidak mencampuri agama dan kepercayaan orang lain.

Utara masjid terdapat relief Muhammad Cheng Hoo bersama armada kapal yang digunakannya dalam mengarungi Samudera Hindia. Relief ini memiliki pesan kepada muslim Tionghoa di Indonesia ( khususnya ) agar tidak risih dan sombong sebagai orang Islam. Orang Tionghoa memeluk Islam bukanlah merupakan hal yang aneh tetapi sangatlah wajar, karena 600 tahun yang lalu sudah ada laksamana Tionghoa yang taat menjalankan ajaran Islam bernama Muhammad Cheng Hoo atau yang lebih dikenal dengan Sam Poo Kong atau Pompu Awang. Beliau juga turut mensyi'arkan agama Islam di tanah Indonesia terutama di pulau Jawa.

Laksamana Cheng Hoo pada tahun 1410 dan tahun 1416 dengan armada yang dipimpinnya mendarat di pantai Simongan, Semarang. Sebagai utusan Kaisar Yung Lo untuk mengunjungi Raja Majapahit yang juga bertujuan untuk menyebarkan agama Islam.

Oleh karena itu untuk mengenang perjuangan Cheng Hoo dan warga Tionghoa muslim yang juga ingin memiliki sebuah masjid dengan gaya Tionghoa maka pada tanggal 10 Maret 2002 didirikanlah Masjid Muhammad Cheng Hoo, pada tanggal 13 Oktober 2002 Masjid Cheng Hoo diresmikan oleh Pemkot Surabaya. Peletakan batu pertama pembangunan masjid sendiri dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Masjid Muhammad Cheng Hoo beralamat di Jalan Gading No. 2, Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya ( Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa ). Tertarik untuk berkunjung ?



gambar diambil dari sini
sumber : wikipedia, www.surabaya.go.id, mimimama.blogspot.com



60 comments:

  1. tadi kirain bangunan di tiongkok. bagus banget arsitekturnya seperti klenteng dan rumah2 tradisional china di film kungfu

    ReplyDelete
  2. perpaduan antara klenteng dan masjid ya!
    wekekekekekeek!

    ReplyDelete
  3. Unik sekali bentuk masjidnya seperti rumah tradisional di China...

    ReplyDelete
  4. eh..betul lho..mirip tempat ibadah di daratan china khususnya hongkong

    ReplyDelete
  5. yang gw tau soal cheng hoo tuh cuma ama yusril... yg maen laksamana cheng hoo... he..he... btw siip ya.. gw jsi ngerti niyy

    ReplyDelete
  6. Terima kasih boss buat infonya, menambah wawasan saya nih postingannya.

    ReplyDelete
  7. salam kenal aja dah, mohon kunjungan baliknya yah.

    ReplyDelete
  8. Unik yah desain Masjidnya, bangunan2x China memang unik dan eye catching

    ReplyDelete
  9. wah sekarang lagi ada serialnya tuh di TV tiap malam minggu, tentang laksamana cheng hoo

    ReplyDelete
  10. terus-terang, disain bangunan masjidnya unik, mirip kelenteng. Tapi justru disitu letak keindahan dan kedamaian Islam.

    ReplyDelete
  11. udh nggak sabar nonton filmnya Laksamana Cheng Ho yg dibintangi ama Bang Yusril

    ReplyDelete
  12. Kalo liat posting ginian, aku jadi pengen jalan-jalan liat yg aslinya.

    Ada yg tertarik mo nge-bandar-in?? :D

    Mas Panda, tanggung jawab lhoo...hihi...

    ReplyDelete
  13. keren mesjidnya ntar kapan2 mampir ah

    ReplyDelete
  14. wwaaaaaa.....pengen kesana...
    kapan2 mampir ah.... :)

    ReplyDelete
  15. sering wisata rohani ya bos.... keren infonya bos..

    ReplyDelete
  16. kpn bisa ngunjungin masjidnya yah :(

    ReplyDelete
  17. Thanks infonya Bung..jadi semakin tahu keindahan yang ada di luar sana..

    ReplyDelete
  18. wuih, suroboyo toh....
    iya tiongkok bgt arsitektur nya.
    ini menandakan Islam dg akulturasi budaya nya, menggapai segala kalangan dan lapisan, datang dengan damai dan membawa kedamaian..

    ReplyDelete
  19. keren ya mesjidnya, jadi pengen liad dengan mata kepala beneran kesana :D

    ReplyDelete
  20. Wow, Unik bener bentuknya, keren !

    ReplyDelete
  21. oooooo..arsitekturnya pastinya mirip yach sama yg di semarang.

    ReplyDelete
  22. Bentukya buagus banget.. Mudah2an rame yang sholat.

    ReplyDelete
  23. memang unik dan bagus, kapan ya aku bisa untuk sekedar sholat disana

    ReplyDelete
  24. Subhanallah, Masjidnya bagus banget ! Ada nilai seninya...

    ReplyDelete
  25. unieq ya bentuknya.... mudah2an saja banyak juga yang datang untuk sholat... :)

    ReplyDelete
  26. Wah masjid Chengho tersebut kelihatannya perpaduan antara budaya China, Jawa, Bhudha dan Islam luar biasa mudah2 suatu saat bisa mampir disana

    ReplyDelete
  27. mesjidnya buagus dan hijau kayak rumah panda yang baru..bunda baru datang, kirain nyasar tadi he.he.he.

    ReplyDelete
  28. wow,,,kreatif abis neh posting.jadi pengen ke masjid ceng ho,,sayang surabaya...jauh banget.

    ReplyDelete
  29. wow masjid yang unik bergaya arsitektur klenteng :)

    ReplyDelete
  30. potona kurang :D andaikan ada poto2nya bisa lebih asik ngliatnya...

    ReplyDelete
  31. tertarik untuk berkunjung. Panda mau ndak nemenin dhie? ;)

    ReplyDelete
  32. subhanallah, bagus banget! pas kalo solat, ibadah di dalamnya jadi betah banget deh yah, pengennya lama2:)

    ReplyDelete
  33. Ini sepertinya pernah diliput oleh salah satu acara traveling, tapi saya lupa tipi apa...

    ReplyDelete
  34. Info menarik ... makasi informasinya

    ReplyDelete
  35. Keren coy.. Ramadhan asyik banget ya jalan-jalan ke berbagai masjid!

    ReplyDelete
  36. subhanallah indah sekali masjidnya..Panda memang top markotop deyh..

    btw gmn puasanya??lancar khan?

    ReplyDelete
  37. hayya....
    owe pikil itu kelenteng...
    hehehehe...

    ReplyDelete
  38. wah..
    dari surabaya juga ya..
    salam kenal

    ReplyDelete
  39. wah keren bgt nih..! sayangnya di medan, chinesenya dikit yg muslim.. :( kalo banyak mungkin ada juga yang kaya gini

    ReplyDelete
  40. Dari dulu pengen banget masuk ke masjid ini, tp masih blm ada kesempatan...

    ReplyDelete
  41. wow, masjid yg artistik bgt..
    ornamen tionghoa-nya keliatan bgt ya..
    sy pengen juga solat di sana.. baru pernah ke masjid kubah emas di depok..

    ReplyDelete
  42. wahh mesjidnya indah dan klasik punya

    ReplyDelete
  43. Hore ahirnya diposting jg!
    Muup telat bwt liat postingnya, padahal dah request.
    Jd merasa bersalah nech
    Hehehehe

    Thx bwt infonya ya panda, nech tak kasih daun bambu dech bwt buka ntar :-D

    ReplyDelete
  44. Mesjidnya bagus banget ya arsitekturnya unik... aku waktu jalan jalan ke surabaya ga sempat mampir sih... tp malah ke mesjid ampel buat ziarah hehehe.. info artikelnya bagus banget nih buat pengetahuan

    ReplyDelete
  45. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  46. each time i used to read smaller content which also clear
    their motive, and that is also happening with this
    paragraph which I am reading here.

    Here is my homepage - cost of head gasket repair

    ReplyDelete
  47. Sungguh masjid yang mengagumkan.
    Dari segi arsitek bangungannya kental akan negara Tiongkok menjadi salah satu bangunan masjid unik yang ada.

    ReplyDelete
  48. Masjid ini unik karena di buat sama seperti bangunan dari Tiongkok. Masjid ini sudah berdiri sejak lama dan hingga saat ini masih di pakai untuk ibadah shalat.

    ReplyDelete
  49. Mesjidnya sangat khas Tiongkok ya.
    Jadi para etnis tionghoa yang ada di Indonesia, masih bisa merasakan sensasi di negara asalnya melalui masjid ini.

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect