Bung Tomo

Nama Bung Tomo selalu terkait dengan Hari Pahlawan. Seperti diketahui, Bung Tomo adalah salah satu tokoh penting dibalik heroiknya pertempuran heroik 10 November 1945 melawan tentara sekutu dan NICA.

Peristiwa itu berawal pada 25 Oktober ketika sekitar 6.000 tentara Inggris didatangkan ke Indonesia atas keputusan dan atas nama Sekutu mendarat di Surabaya, dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan para tawanan yang ditahan Jepang, serta memulangkan tentara Jepang ke negerinya. Kedatangan pasukan Inggris itu diboncengi Belanda yang mengirimkan pasukan NICA ( Netherlands Indies Civil Administration ) yang dipimpin Brigadir Jenderal Mallaby. Tujuannya jelas, ingin mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda sebagai jajahannya.

Akal bulus Belanda itu diketahui pihak Indonesia. Para pejuang pun marah dan terjadilah pertempuran 30 Oktober di Surabaya. Mallaby tewas dalam pertempuran tersebut. Pengganti Mallaby, Mayor Jenderal Mansergh, memberi deadline hingga 10 November kepada Indonesia untuk menyerah. Peringatan itu disambut perlawanan besar-besaran pada 10 November 1945. Ribuan pejuang gugur di medan pertempuran.

Sutomo atau yang dikenal dengan Bung Tomo merupakan salah seorang tokoh sentral dalam pertempuran tersebut. Pria asal Blauran, Surabaya, yang lahir 3 Oktober 1920 tersebut dikenal dengan semboyan rawe-rawe rantas malang-malang tuntas yang membakar semangat para pejuang saat itu.

Pada 19 Juni 1947 atau 22 bulan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, Bung Tomo memutuskan diri untuk menikah. Namun sebagai seorang patriotis, beliau merasa ”berdosa” lantaran menikah di saat semua orang masih sibuk berperang mempertahankan kemerdekaan bangsa. Pernikahannya dengan Soelistina akhirnya berlangsung sesudah keduanya berikrar akan tiga hal :

Pertama, pernikahan tidak dirayakan dalam bentuk apa pun

Kedua, pascapernikahan, mereka akan lebih memperkuat perjuangan;

Ketiga,mereka tidak akan menjalani kewajiban sebagai suami-istri, sebelum penjajah hengkang dari bumi pertiwi.

Sebelum tibanya masa damai RI-Belanda lewat kesepakatan Konferensi Meja Bundar (KMB) pada 1949, Bung Tomo bersama sang istri tetap konsisten memosisikan diri di medan juang.

Beberapa dekade setelah itu tak banyak orang menuliskan bagaimana jejak Bung Tomo selanjutnya. Kemudian tercatat, pada 1978 beliau dipenjara kemudian pada 1995 oleh Presiden ( waktu itu Pak Harto ), beliau dianugerahi penghargaan Bintang Mahaputra Utama.

Dan kini setelah 27 tahun setelah Bung Tomo meninggal pada 7 Oktober 1981 akhirnya pemerintah menetapkan Bung Tomo sebagai pahlawan nasional.



70 comments:

  1. PS 1 : semoga pemuda sekarang bangga mengenakan kaos bergambar Bung Tomo, daripada Che Guevara atau tokoh - tokoh luar lainnya.
    PS 2 : Berkunjunglah ke museum tugu pahlawan di kompleks tugu pahlawan kota Surabaya,dan dengarkanlah cuplikan pidato bung karno di museum itu anda pasti akan bangga mempunyai tokoh seperti Bung Tomo

    ReplyDelete
  2. Jadi inget pelajaran sejarah,bro. Tapi kok ngga selengkap ini ya? Nice info

    ReplyDelete
  3. wah... hebat2..
    nikahnya pake ikrar kaya sumpah pemuda ya..??
    heroik banget..
    MET HARI PAHLAWAN bung..!!
    smoga kita semua termasuk ora yg bisa mnghargai smua jasa2 phlawan bangsa kita.. AMin..10x

    ReplyDelete
  4. eiiit.. lupa krim signnya slank nih..
    xixixixixii...

    PLUR man..
    PEACE LOVE UNITY RESPECT

    ReplyDelete
  5. Jadi kalo di dunia maya bro? Siapa bung tomo nya hayo? Nah kan dapet ide baru kan?

    ReplyDelete
  6. Met Hari Pahlawan untuk kita semua.. :)

    ReplyDelete
  7. Menyedihkan, Bung Tomo yang jelas2 pahlawan kok ststus kepahlawanannya ditunda2 ya?

    ReplyDelete
  8. emm kemaren minggu aku sempet ke makamnya bung tomo bersama komunitas blogger surabaya

    ReplyDelete
  9. saya juga mau kalo ada yang mau nemenin gadis main kesono. hi..hi..ayo,ayo,sapa mau nemenin. tuan rumahkah?

    ReplyDelete
  10. ayoo kristina, aku temennin main,qqq...
    --ajakan sriuss neh--

    ReplyDelete
  11. selamat hari pahlawan boss...

    heroik banget yah kisah bung Tomo
    ngomong2 tumben nih postingannya ga ada pict-nya :D

    ReplyDelete
  12. merinding ngeliat pidato bung tomo di you tube

    ReplyDelete
  13. thank kang infonya jadi bisa lebih mengenal lagi pahlawan nasional :)

    ReplyDelete
  14. Hidup pahlawan Indonesia. Kalau mengingat jada2 mereka, baru terasa bahwa kita belum berbuat apa-apa. Salam.

    ReplyDelete
  15. Ayooo,..KIta bisa!!
    Smangat hari pahlawan yg perlu kita tanamkan pada anak cucu kita, anak bangsa..
    Emang lo punya anak bro??

    ReplyDelete
  16. Merdeka....merdeka...!!!

    Hidup atau mati....!!...

    klo gw pilih "hidup"...secara gitu masih muda..hix..ix..ix..

    ReplyDelete
  17. mari melanjutkan perjoeangan Boeng Tomo...
    semangat!!!

    ReplyDelete
  18. Selamat hari pahlawan bos, dan sudahkah anda mengheningkan cipta di pukul 08.15 tadi?

    ReplyDelete
  19. Saoedara-saoedara ra’jat Soerabaja,
    siaplah keadaan genting
    tetapi saja peringatkan sekali lagi, djangan moelai menembak,
    baroe kalaoe kita ditembak, maka kita akan ganti menjerang mereka itu.

    Kita toendjoekkan bahwa kita adalah benar-benar orang jang ingin merdeka.
    Dan oentoek kita, saoedara-saoedara, lebih baik kita hantjur leboer daripada tidak merdeka.
    Sembojan kita tetap: MERDEKA atau MATI.

    Selamat Hari Pahlawan Untuk Indonesiaku ..

    ReplyDelete
  20. wah..., memang kita harus lebih bangga dan bisa meneladani para tokoh pahlaawan kita dari pada bangga mengelu elukan tokoh dari negara lain....

    ReplyDelete
  21. Bung Tomo memang mantab! Alhamdulillah negeri kita mempunyai orang seperti beliau.

    ReplyDelete
  22. kalo mbaca nama bung tomo... gw malah langsung ke inget ama restoran sate kambing kampung halaman gw.. yg ngunjungi ngantri.. parkiran mobil sampai tuplek blek kejalan padahal lapang banget tuh parkiran... gw kira nama bung tomo tuh diambil dari nama pahlawan.. eh.. ternyata nama suami yang punya? he..he..

    ReplyDelete
  23. berjuang...dalam bentuk apapun ^_^ yang kita bisa..yuuuuk

    ReplyDelete
  24. @ BloGendeng.. mungkin anda mau ngelengkapi broth ?
    @ Ifoel.. PLUR juga broth :)
    @ tukang sapu radio.. mungkin anda pak Bung Tomo dunia maya :D
    @ Andy MSE.. mungkin terlalu berani menyentil pemerintah pak :)
    @ Kristina Dian Safitry.. Panda selalu siap menjadi guide :D
    @ Nick Tanpa Link.. blog ini lg diet soalnya broth :)
    @ [googleholic].. Nikah aja belom, punya anak darimana ?
    @ Fajar.. Panda malah mengheningkan cipta pagi2 jam 7 tadi pas upacara
    @ masDan.. wahhh, ada Bung Tomo Jr. :D
    @ alief.. yup, termasuk Obama bukan ? kita terlalu berlebihan bangga dengan dia

    ReplyDelete
  25. semoga di hari pahlawan ini kita selalu ingat kepada para pahlawan kita..bukan begitu bang :D

    ReplyDelete
  26. wah betul2 perjuangan keras, tapi sekarang kan gak zamana perang hehehe... gimana dong? ok kita perang pikiran aja! hihihi...

    ReplyDelete
  27. wahh serasa lagi baca buku sejarah , nics d^0^b
    yang tentang perjanjian dengan istrinya baru tau skarang niyy

    ReplyDelete
  28. bung selamat ya
    http://asephd.co.cc

    ReplyDelete
  29. wedewwww, pengetahuan kang panda neh jauh kali ama saya..hehehe

    saya paling ndak seneng pelajaran IPS apalagi sejarah doloe kang..taunya dikit aja..

    mending baca seperti ini, lebih menarik dengan mengetahui pandangan orang seperti kang panda :)

    met hari pahlawan yah kang :)

    semangatttttt blogging...hehehe

    ReplyDelete
  30. selamat hari pahlawan kang......jadi inget dulu kalo lagi hari pahlawan biasanya di jemur untuk upacara sekarang enggak tuh

    ReplyDelete
  31. Mengenang bung tomo, sejenak mari berdoa bagi beliau yang telah tiada, yang rela meninggalkan kebahagiaannya demi kemerdekaan negeri ini.

    ReplyDelete
  32. Mungkin banyak Bung Tomo-Bung Tomo laen yang gak kita kenal, dan emang layak mendapat anugerah sebagai pahlawan nasional

    ReplyDelete
  33. Bravo AREK SUROBOYO
    maap cak panda, koreksi dikit, Bung TOMO baru saja secara resmi mendapat gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah pada tanggal 7 November 2008, dan diumumkan secra resmi tanggal 10 Nopember hari ini

    ReplyDelete
  34. mmm...setelah sekian lama dianggap berjasa kok baru sekarang diangkat jadi pahlawan nasional ya

    ReplyDelete
  35. Saya salut ma sekali ma pidato Bung Tomo dan Keberaniaannya menentang penjajah yang pengin bercokol kembali di bumi Indonesia ini. Semoga jasa beliau bisa terus kita kenang hingga anak cucu kita nantinya.

    ReplyDelete
  36. marilah kita mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang para pahlawan yg telah gugur

    ReplyDelete
  37. walaah,... dah banyak yang kirim koment,..
    mantab sekalii, lengkap ,....

    ReplyDelete
  38. wah, hebat bener ya, bisa sampe berikrar gitu? ck ck ck.. baru tau nih om, klo ternyata bung tomo melakoni ikrar tersebut.

    ReplyDelete
  39. kembali lagi mengingat tongak sejarah Indonesia yang hampir terlupakan oleh rakyat nya sendiri....... god job bosssss merdekaaaaaa

    ReplyDelete
  40. salut buat flashbacknya.selamat hari pahlawan!!

    ReplyDelete
  41. saya suka bung Tomo... smngt berapi-api, mmpu mmbkar smngt para pjuang dikala itu..
    Klo gak salah di dompet bliau sllu trsmpan foto istri beliau :)

    ReplyDelete
  42. salut buat om Tomo, eh bung Tomo maksudnya. Kenapa ya orang2 di jaman beliau banyak yang berbudi luhur? mungkin karena himpitan penjajah? tapi kita kan sekarang jg lagi dijajah. hmm...

    ReplyDelete
  43. bung Tomo pernah masuk penjara juga? ck ck...
    perjalanan 'karir' yg mengharukan... tapi Ia memang seorang pahlawan sejati. viva Indonesia!

    ReplyDelete
  44. wah baru tau kalo beliau pake ikrak sebelum nikah..
    ah ini kali ya efek (sengaja) ga konsen kalo ada pelajaran sejarah (dulu PSPB)hahahaha...

    ReplyDelete
  45. Bung tomo!!!
    tokoh Heroik, tokoh yang hebat!!!
    mengorbankan nyawa untuk Negara!!!
    woooy...para koruptor, apa kalian tidak malu sama bung tomo? yang tidak mengharap apa apa selain kemerdekaan??dasar kalian Koruptor Tolol!!!!

    ReplyDelete
  46. bung tomo adalah salah satu tokoh favorit saya
    karena sbg sesama arek suroboyo wakakkaka...
    sempat jutek juga karena beliau gak juga di akui sebagai pahlawan nasional ...

    dan sekarang cukup lega atas pengakuan tersebut.

    bayangin, lama sekali bung tomo baru memberikan pengakuan sebagai pahlawan nasional

    heran juga aparat kita itu yg dulu-dulu itu ya .. ngapain aja kerjanya selama ini ?

    ReplyDelete
  47. sebenarnya penetapan pahlawan hanyalah sebuah seremonial,tp yg terpenting dr semua ini adalah semangat heroik bung tomo yang dapat diimplimentasikan dimasa kini untuk berjuang melawan kebrobokan mental bangsa ini

    ReplyDelete
  48. Bung Tomo memang pahlawan sejati!! semoga dengan dianugerahkannya gelar pahlawan nasional padanya bisa memberikan manfaat bagi bangsa indonesia dan keluarganya khususnya

    ReplyDelete
  49. wah baca ini gw jadi agak malu pan, gw blm bisa kasih apa apa buat negara T_T

    ReplyDelete
  50. Fasih bgt ngomongin Bung Tomo. masih sodara ya...!
    Selamat aja dech buat bung tomo. Krg dah jadi pahlawan setelah penantian yang lama... :D

    ReplyDelete
  51. akhirnya dapat gelar pahlawan yaaa..
    sabar bangets..
    maap ya panda, bunda baru nongol, habisnya kemaren mesti bedrest... ini aja dibela-belain habisnya kangen hiks

    ReplyDelete
  52. Mari kita rayakan hari bersejarah.. mariii.. Hidup Indonesia!

    ReplyDelete
  53. ini niyh asyiknya kerumah Panda pas hari nasional kepahlawanan..mesti ada sejarahnya..

    cc khan payah soal sejarah..jadi bisa belajar lagi disini :D

    ReplyDelete
  54. *mengagumi perjuangan Bung Tomo

    sampai berikrar juga

    so heroik..

    ReplyDelete
  55. bung tomo adalah pahlawan favorite reza ha..ha..ha

    ReplyDelete
  56. Selamat hari pahlawan bang panda ... dead or live.. ** halah

    ReplyDelete
  57. Selamat hari pahlawan... bangsa yang besar yang menghargai jasa para pahlawannya

    ReplyDelete
  58. Perjuangan Bung Tomo wajib di tiru oleh para pemuda jaman sekarang.

    ReplyDelete
  59. itu ikrarnya yang ketiga keknya sulit itu...
    ckckckckc.. :)

    ReplyDelete
  60. h!dup bun9 t0m0...
    selamat hari pahlawan..

    ReplyDelete
  61. Selamat ya Bung Tomo (alm).. pemerintah harusnya lebih bisa menghargai jasa2 para pahlawan..

    ReplyDelete
  62. bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya... salam !

    ReplyDelete
  63. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  64. Ikutan nOngkrong mas
    salam blogger semua

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect