Banyuwangi, Budaya Khas Osing

Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Jawa Timur. Karakter wilayah yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa ini juga menarik untuk di ketahui selain wilayah tapal kuda dan wilayah arek pada postingan blog ini sebelumnya.

Karakter Banyuwangi lebih kurang bisa dilihat dari makanan khasnya. Rujak itu dari Sidoarjo sedangkan Soto dari Madura. Disini rujak dan soto dicampur, jadilah rujak soto khas Banyuwangi. Atau pecel dicampur rawon jadilah pecel rawon yang cuma ada di Banyuwangi.


Suku Osing adalah penduduk asli Banyuwangi dan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Suku Osing merupakan perpaduan budaya dan tradisi yang ada di Banyuwangi.

Topografi Banyuwangi yang unik didukung oleh kekuatan karakter masyarakat multikultur yang jumlahnya sekitar 1,5 juta jiwa dan tersebar diwilayah seluas 5.782,50 km2. Ada tiga elemen masyarakat yang secara dominan membentuk stereotype karakter Banyuwangi yaitu Jawa Mataraman, Madura – Pandalungan ( Tapal Kuda ) dan Osing.

Persebaran tiga entitas ini bisa ditelisik dengan karakter wilayah secara geografis yaitu Jawa Mataraman lebih banyak mendominasi daerah pegunungan yang banyak hutan seperti wilayah Tegaldlimo, Purwoharjo, Bangorejo dan Tegalsari. Sedangkan masyarakat Madura lebih dominan didaerah gersang seperti di kecamatan Wongsorejo, Muncar dan Glenmore. Sementara masyarakat Osing sendiri dominan di wilayah subur di sekitar Banyuwangi kota, Giri, Glagah, Kabat, Rogojampi, Songgon, Singojuruh, Cluring dan Genteng.

Walaupun menjadi etnis khas Banyuwangi, secara proporsi, penduduk suku Osing bukan mayoritas di 24 kecamatan. Tidak ada data pasti yang menyebutkan berapa jumlah suku Osing di Banyuwangi. Namun sebagai gambaran, jumlah warga Osing sekitar 20 % dari total populasi. Terbanyak Jawa ( 67 % ) dan sisanya Madura ( 12 % ) dan suku lain ( 1 % ).

Meski berkelompok dalam kantong wilayah tertentu, masyarakat Osing tidak bersifat ekslusif seperti masyarakat Tengger yang hidup di dataran tinggi Tengger ( dekat gunung Bromo ) atau masyarakat Baduy di Banten. Osing sangat adaptif, terbuka dan kreatif terhadap unsur kebudayaan lain.

Karakter egaliter menjadi ciri yang sangat dominan dalam masyarat Osing. Ini tampak dalam bahasa Osing yang tidak mengenal tingkatan bahasa seperti bahasa Jawa atau bahasa Madura. Struktur masyarakat Osing pun tidak berorientasi pada priayi seperti orang Jawa juga tidak pada kyai seperti orang Madura dan tidak juga pada Ksatria seperti kasta orang Bali ( Heru SP Saputra, Shrintil, 2007 ).

Masyarakat Banyuwangi beragama Islam, tetapi karakter sinkretisme agama dan budayapun kental.



gambar : wikipedia
sumber : studi kasus Kompas ( 25/7/2008 ), wikipedia

72 Komentar:

indo said...

nyesal ga sempat mampir ke Banyuwangi sewaktu liburan kesana...

bojes said...

banyuwangi dari banyumas jauh gak mas??
xixixixi...

wi3nd said...

9la9ah ombo?
suku 0sin9? baru den9er maz?
tapi mreka berbaur seperi biasa d9 masy.sekitar?

akhirnya bisa komen jua..;)

Lintas said...

Artikel di blog ini sangat menarik dan bagus. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di lintasberita.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan Wordpress dengan instalasi mudah & singkat. Salam!

ipanks said...

wahh blm pernah main ke banyuwangi nih.kapan2 disempetin ahh tapi ngajak om panda yee

namada said...

omongan orang banyuwangi itu aneh menurut saia :D

trendy said...

sinkretisme apaan tuh!
tanya paman wiki ahhh!
wekekkeke!

Ecko said...

Banyuwangi, tempat yg sering disebut-sebut sama ibu saya yg menghabiskan masa kecilnya di Wonorejo, Pasir Putih, Situbondo. Meskipun secara administratif masuk Kab. Situbondo, namun warga Wonorejo lebih merasa sebagai orang Banyuwangi karena jauh lebih dekat dengan Banyuwangi.

Duh, kapan yah sempat main ke sana lgi?

uNieQ said...

cc pencinta SOTO... mau donkkk nyobain rujak sotonyaaa...

eh di banyuwangi itu ada pantai apa siyh Pan??? waktu kuliah dulu cc diajakin kesana sama temen..katanya baguss..sayang waktu itu cc ga sempat kesana..:(

Andy MSE said...

Saya tidak komentar... pokoke Banyuwangi keren deh!
*saya cuma mau ungkapkan... blog ini sekarang kok enteng dibukanya ya???

Tony said...

kapan ya bisa kesana ? :(

yitnoku said...

Kok saya baru denger ya... suku osing...?

Blogger Addicter said...

wah, kang panda kayanya sueneng jalan - jalan neh...hehehe

untung kesini :), bisa sedikit melepas lelah karena sering diajak jalan - jalan :)

abis ini kemana yah travellingnya??

aha said...

kayanya lama2 mo calonin guburnur ya bos.. he2.. kuasai dulu tradisi rakyat bos, budaya masing2 wilayah.. aku dukung.. he2..

BloGendeng said...

banyune wangi kok minyak wangi,kang panda. tapi panda kan harusnya hidup di kutub? hehehe

JALOE said...

kirain suku oshin dalam film drama jepang itu.. :).. btw thnaks mas info baru neh

mascayo said...

baru denger nih ada masyarakat osing ...
tq .. tambah belajar mengenal budaya negeri sendiri nih

abbie said...

Ceritain asalnya kota banyuwangi dong bos.
Banyune wangi op seh?? :)

Bagus Pras said...

wah tadinya aku kenal Banyuwangi hanya Denada dan Santet. Ternyata Banyuwangi lebih dari itu. Luar Biasa.

Rosa said...

temen di banyuwangi seh banyak..tp blon pernah kesana sama sekali..hehhehe

Ifoel said...

Aku kenal banyuwangi dari cerita donengnya yg melegenda.. selebihnya ngga..!!
setelah aku baca, nambah deh pengetahuanku ttg banyuwangi.. thk ya broth.. da sharing info

Ardy Pratama said...

saya baru tau loh kalau suku osing itu suku asli banyuwangi...

nita said...

nambah lagi nih info soal penduduk asli. baru pertama denger suku osing

brigadista said...

waaah,...pengetahuan baru neeh,..buat aqyu,... bener yang di bilang,..aqyu cuma tahunya masayarakt tengger doang,..duuuh noraknya aqyu!

ironepunxs said...

banyuwangi punya laut yang keren untuk dipake surfing....nggak kalah sama bali!!!!
G LAND.,,,kangen pengen kesana lagi

Bintang Disurga said...

Ooh...baru tau kalau penduduk asli Banyuwangi suku Osing
kapan2 kesana dech mau makan rujak

masarif said...

ups! Banyuwangiku...

http://masarif.net/pidato-kemenangan-barack-obama-yes-we-can/#comment-1791

Fiz said...

Kalo ingat banteng, kijang, elang, merak asli Sadengan jadi pengen ke sana lagi...!!!!

harianku said...

banyuwangi.., berarti air nya wangi yah hehehe... :D

Muhammad Qori said...

ntar kalau saya kesana,ajak kelilingh keliling ya,broth?

Bunda Rierie said...

banyuwangi asal kata dari banyu=air, wangi=wangi..air wangi.. air kembang , air mantra ya?? ahh bunda sok tauuuu

OrangNdut said...

Bos, Egaliter itu artinya apa? *bego mode:on*

reza said...

no comment nih , nggak pernah ke bayuwangi he..he..he

enhal said...

horeeee pernha tinggal di banyuwangiii..hehehehehe, jadi tau dikit dari dulu

Bang Kumis said...

Banyuwangi....banyu = air..wangi = harum.. jadi banyuwangi = air harum... berarti dulu banyak parfum kecemplung di banyuwangi ya.. wakakak..

Cebong Ipiet said...

jalan jalannya brg om Gugel ama kakek wiki ya

masDan said...

Kangen Tari Gandrung Banyuwangian ...

Abi Bakar said...

Baru dengar keberadaan suku Osing, berarti mereka jawa dong?

Anang said...

banyuwangi memang unik....

zoel said...

kirain osing ituh makanan :D

Anonymous said...

wah rame bgt nih blog nya....

salam kenal ya dr aku ce cantik..

http://www.flextermania.co.cc/

ada yang seru di blog ni lo...coba liat2 dech....join trs ngajak 2 orang bs dapet ratusan ribu bahkan miliaran,ada bonus sponsor 50rb/tmn yg diajak,trs ada bonus2 27.500 yang laen nya,dpt cci”kartu discon”.wah...mendingan baca sendiri biar ngerti bnyk....
seru...
aku aja tertarik,palagi kalian...

Taktiku said...

Wah saya baru denger nih suku osing

falla said...

banyuwangi...
jadi inget kiyai saya dulu, heheh sempet juga mimpi berangkat bareng sama sang kiyai ke kota banyuwangi...

tapi sampe sekarang pun belum penah menginjakkan kaki kesana..

Odie said...

banyuwangi, yang kolam wangi itu ya??
eh salah, telaga wangi, jadi pengen baca lagi kisah telaga wangi...
:D

Ani said...

Baru tahu lho ada pecel rawon dan rujak soto.... aneh ya ?

anas said...

wah lucu jg ya, pecel dicampur rawon..kayaknya enak tuh..wajib coba kalo ke banywangi.
gmn kabarnya nih?

t i n i said...

pecel campur soto gimana rasanya tuh?
keren juga kedengarannya

Edi Psw said...

Pernah ke Banyuwangi tapi cuman sekali. Tapi aku nggak tahu mana masyarakat Osing itu.

emfajar said...

pernah lewat banyuwangi pas mau ke bali..

tapi baru tau nih tentang suku osing :)

MedanBlogger said...

Aku komentarin BAR atas ajah ah, Aku Cinta Kau Indonesia. Biar kata orang Kau bobrok, Biar kata orang kau sarang koruptor biar kata orang kau sarang teroris Aku tetap cinta kau. Kau tumpah darahku....!!... Merdekaaa...!!

wahh gawat neh kalo liat yang gitu jadi bangkit semangat 45 ku. Warisan parah pahlawan tak di Kenal ajaran Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Wiran said...

Kapan kapan mo rencanain jalan-jalan ke sana ah...

ciput mardianto said...

sudah lama sebenarnya pingin ke Banyuwangi lihat waduk bajulmati

dadan said...

yoi.. sering ke bali tapi jarang mampir ke banyuwangi :D
moga-moga dalam waktu dekat ini ..

err.. omong-omong banyuwangi yang deket gunung sebelah mana?

afwan auliyar said...

banyuwangi..... jauhnya rek :)

Nick Tanpa Link said...

kemana aja nih bosssssssssss ??????

yoyo said...

jadi penasaran mo ngerasain rujak soto ama pecel rawon... gimana rasanya yak ???

kaka said...

Tadi gua salah komen,malah ke si bang Oeoes...hahahaha

Ongkos banyuwangi-bandung mahal gak ya?

herro said...

baca nama makanan jadi laper nih. cari makanan dulu ah.

arielz said...

ene yg saya suka dari blog ene, kang panda selalu bisa dengan sangat bagus dan menarik menceritakan ulang tentang sejarah dan geografis indonesia yg biasanya kurang menarik untuk kalangan muda masa kini
salut kang, keep posting like this..
*standing ovation*

Herman Maulana said...

Saya adalah Orang Osing, Banyuwangi adalah tempat saya di timbulkan ke Muka Bumi...
I Love Fragrant Water ....
Tp sekarng saya jrg pulang gara aktivitas saya.. Saya sejak SMA udah tinggal di Bali..
Hihihi......
Tapi saya selalu menyimpan barang2 saya yang saya beli di Banyuwangi....

Laros Jenggirat Tangi

elyas said...

maju terus banyuwangiku
nice post juragann

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

rahmad said...

ada info, rujak rawon dan pecel soto ada di jakarta?

Anonymous said...

Banyuwangi related to its original and traditional food named "BAGIAK"
Anyone who wanna to try it??? come to Banyuwangi, please,,,

Vania Agustin said...
This comment has been removed by the author.
Vania Agustin said...

jadi kangen ma banyuwangi dech....

I LOVE BANYUWANGI

Vania Agustin said...

jadi kangen ma banyuwangi dech....

I LOVE BANYUWANGI

rinda septiani said...

saya baru tau, trims infonya

Salman said...

Saya jadi ingin mencicipi makanan khas banyuwangi yakni rujak soto, dan pecel rawon. Bisa di jadikan untuk menu buka puasa nih.

Rahmayanti said...

Saya baru tahu ternyata Banyuwangi ialah kabupaten terluas yang terletak di Jawa Timur ya.

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS