Di Cari, Teman - Teman Gajah Oling

Seperti yang marak diberitakan diberbagai media, polisi telah mengembangkan sasaran operasi premanisme ke arah yang lebih luas. Tak hanya kejahatan jalanan, jasa pengawalan angkutan darat ( truk ) juga menjadi bidikan razia.

Tak bisa dipungkiri bagi sopir dan pengendara angkutan truk, keamanan adalah prioritas nomor satu. Sepanjang rute perjalanan truk, tersebar ratusan bahkan ribuan bajing loncat, perampok, pemalak, preman, hingga oknum petugas keamanan yang hobi minta jatah. Oleh karena itu lahirlah organisasi ( kelompok ) pengawalan swasta sebagai pelindung mereka. Salah satunya yang terkenal adalah Gajah Oling.

Jaminan yang ditawarkan adalah bebas pungli untuk setiap kendaraan yang menjadi kliennya. Caranya sederhana, pengusaha atau pemilik kendaraan cukup membayar setiap bulan untuk satu kendaraan. Setelah itu klien mendapatkan stiker untuk dipasang di kendaraan, maka bebaslah kendaraan tersebut dari pungli – pungli preman jalanan sepanjang rute perjalanan.

Tapi jumat kemarin ( 22/11/2008 ), selesailah sudah sepuluh tahun perjalanan Gajah Oling dalam bisnis jasa pengawalan. Anak usaha Koperasi Pembekalan Angkutan ( Bekang ) Kodam V Brawijaya resmi membubarkan diri ( jawapos.com )

Ternyata masih banyak lagi kelompok pengamanan swasta yang memberikan jaminan pengamanan kepada sopir dan truknya. Karena penasaran saya berusaha mengumpulkan nama – nama organisasi jasa pengawalan yang lain. Setelah berhilir – mudik di Cak Gugel, akhirnya saya mendapatkan teman – teman Gajah Oling

- Rodha Kompad konon organisasi ini di bawah naungan Brimob.
- Sigada ( Sinar Garuda ), yang kabar burungnya adalah bentukan Koperasi Kodam IV Diponegoro Jawa Tengah.
- Kotikam yang beroperasi di wilayah Tasikmalaya
- Kopjasi yang beroperasi di Wilayah Banjar Negara
- Topan di wilayah Tegal dan Pantura
- Korprin di wilayah Semarang.
- Andalass
- Majapahit
- MDR
- Guyangan Grup
- Petir
- Putra Cakra
- Sapu Jagad
- Arema Manunggal.
- SKRD ( Setia Kawan Rukun Damai ) yang beroperasi di Gresik dan Pantura.

Saya yakin masih banyak nama organisasi pengawalan swasta. Anda bisa menambahkan ? mari share sama – sama karena saya juga penasaran.

82 comments:

  1. Granat,..
    (hmm,...salah kali ya..)

    ReplyDelete
  2. walah, hati-hati nih, ane kan preman juga...preman cinta, hehe

    ReplyDelete
  3. Walah, dulu saya kira Gajah Oling itu sejenis perusahaan pengiriman barang atau jasa distribusi. Jebule malah jasa pengawalan swasta tho? Hmm, kalo gitu debt collector juga bisa dikategorikan preman dong?

    ReplyDelete
  4. Hati-hati Panda nanti kena razia hehehe..

    ReplyDelete
  5. hooo ternyata gajah oling itu pengawalan ya?
    tak kita minyak angin atau kayak komen diatas, kayak jasa pengiriman. abis sering liat di truk

    ReplyDelete
  6. Ehmm apa ya? Kalo Blogger Oling gimana? Kita buat kasa keamanan blogger.

    ReplyDelete
  7. penasaran boss.. emang kalau dah tahu pingin ciduk yach..hehehhe

    ReplyDelete
  8. aq tak sembunyi aja dah...takut kena ciduk..

    ReplyDelete
  9. kirain gajah Oling itu apaan hahahah dasar cc kudet *kurang update* hiyaaaaa

    ReplyDelete
  10. menari juga...dibacking angkatan juga ya. saya setuju soal jasa pengamanan ini soalnya polisi gak bisa mengatasi semua tindak kriminal

    ReplyDelete
  11. kalau untuk yang lainnya saya ga tau lagi kang, paling yang tau cuma gajah oling doang..hehehe

    artikel ini bakalan TOP dah klo saya bilang ;)

    sukses kang :)

    ReplyDelete
  12. gerombolan Panda dan konco - konco diburu nggak??
    katanya sering beraksi di kebun petani ^_^

    ReplyDelete
  13. Wah, sepertinya lapangan kerja baru tuh. Mending para preman nglamar aja tuh ke organisasi2 pelindung itu. Sapa tahu diterima, jadi gak usah capek-capek malak lagi khan? hehehe

    ReplyDelete
  14. hayooo... sapa tmenx gjah oling hayooo... Hahahaha... iya tuh tndakan 'pmrasan' bner2 bkin resah, ksian para supir2 truk

    ReplyDelete
  15. organisasi slankers kok g ada..xixixixi

    ReplyDelete
  16. Separohnya saya kenal tuh!... ada lagi teman gajaholing yaitu www.gajahpesing.web.id, hehehe

    ReplyDelete
  17. oke..akan saya kirim agen saya untuk menyelidikinya..Mau CIA..FBI..Spetznaz..atau lokal punya..BIN

    ReplyDelete
  18. wedew, itu ada yang ditunggangi ma TNI segala, gmn ga gabung ke preman orang dididik ala preman juga para TNI kita....
    aku pernah ketemu truk yang ada stikernya gajah oling...
    itu knp yah?

    ReplyDelete
  19. hmmm... dimanado ada gak ya??? buanyaaakkk... :)

    ReplyDelete
  20. saya juga sedang mencari penjahat blog saya. kalo dah kelar,baru nanti saya sediakan waktu membantu aparat*gubrak!*

    ReplyDelete
  21. wah taunya cuman gajah oling doank tuh hehe

    nah sekarang malah tambah,,hehe makasih infonya

    ReplyDelete
  22. wah mas, saya ndak perlu dikawal seketat itu lah...
    *OOT*

    ReplyDelete
  23. Oww... baru tau saya. selama ini cuma liat dan baca stikernya dong

    ReplyDelete
  24. wuiih...baru tau kalo ada bisnis pengawalan seperti ini...

    ReplyDelete
  25. kalo di riau ada laskar melayu dan pemudapancasila....

    ReplyDelete
  26. gajah oling paling terkenal tuh..
    gilaaa

    ReplyDelete
  27. Di Nganjuk Yang Banyak ya Gajah Oling Itu, Biro Biro Yang Lain saya Kurang Tahu Cak...

    ReplyDelete
  28. oalah..gajah oling itu nama jasa pengawalan to..saya kirain nama merek mobil truk2 itu loh..

    www.indahrephi.wordpress.com

    ReplyDelete
  29. Saya tdk tahu lho ttg organisasi pengawalan swasta ini. Tapi, ini menunjukkan bahwa polisi tdk memiliki kharisma utk itu.
    Polisi aja takut sama preman.
    Oya, tidakkah jasa pengawalan swasta ini bisa disamakan dg preman?

    ReplyDelete
  30. baru tau ada organisasi kayak gitu..

    ReplyDelete
  31. Hmm...

    rata-rata dibekingi pak silop dan militer... sangar2x...

    sudah menjadi rahasia umum

    ReplyDelete
  32. palembang nggak kebagian ya pan!
    wkekekeke!

    ReplyDelete
  33. kayaknya ini god fathernya para preman sampai tahu organisasinya he..he

    ReplyDelete
  34. malah aku tahunya dari sini mas :(
    hehehe

    Sip informasinya... :)

    ReplyDelete
  35. Oh iya mas, sudilah ke tempat saya untuk menerima titipan seadanya :)

    ReplyDelete
  36. preman itu apa sih..?
    kalau nargetnya pakai baju seragam apa juga disebut preman.??

    ReplyDelete
  37. wahhh aman Gelandangan enggak termasuk

    ReplyDelete
  38. g usah khawatir bos....nyante aza lae...he..he.., btw ada jg di t4 ku..namanya Leskapin!

    ReplyDelete
  39. wah,cuman tau kotikam..hehe :)

    ReplyDelete
  40. waduh gawat...saya selalu berjalan mas...nanti di razia lagi....saya hanya pejalan yang akan terus berjalan

    ReplyDelete
  41. wah...
    dirimu itu...
    aku harus banyak belajar dari kamu...
    ajarin dunk...
    gyahaha...

    ReplyDelete
  42. waduhh.... padahal aku sempet berpikir mau pake jasa Gajah Oling. secara aku dulu di Banjarmasin mau pindah ke Jawa bingung... wahh.. kok sekarang malah udah tutup gimana nih???

    aku mau ijin save temen2nya gajah oling ya...

    ReplyDelete
  43. wiw baru tau deh yang ginian :)

    ReplyDelete
  44. Panda menginventarisir kelompok preman;
    saya siap menampung di Nusakambangan... hikhikhikhik...ndaagel brrooo

    ReplyDelete
  45. yang kantornya di mega kuniangan mentereng juga banyak koq...

    ReplyDelete
  46. Aman deh hidup gue.. klo premanisme di Indonesia sudah ditangkap. enaknya lagi tuh klo mereka dihukum sampai seumur hidup. abisnya meresahkan saja sih. mau kemana2 takut coz nanti kena pjak, Klo cuma pajak sih gpp, nih membunuh, capek deh... thanks yah dah mampir di blogku

    ReplyDelete
  47. tugh buwat smua preman ati2 agh skrg nah hehehehe

    ReplyDelete
  48. susah emang ngeberantas masalah yang satu ini ya

    ReplyDelete
  49. wah kayaknya om panda sudah survey nich :)

    ReplyDelete
  50. bos panda masuk di mana neh?.. he2

    ReplyDelete
  51. kirain gajah oling tu merk minyak kayu putih

    ReplyDelete
  52. Semoga segala bentuk premanisme dan hal-hal yang dapat meresahkan masyarakat dapat diberantas dengan tuntas...
    Tapi tentunya konsekuensi akan lebih banyak pengangguran harus diterima. Lhah sebenarnya preman ini pengangguran atau gak sih? saya kok malah jadi bingung sendiri... :)

    ReplyDelete
  53. wah, kenapa membubarkan diri???bukankah lebih baik ebgitu?? daripada minta pengawalan polisi, yang kerjanya gak becus...

    ReplyDelete
  54. iyup..pernah liat di tipi tuh..
    bener2 deh..

    ReplyDelete
  55. permisi.... ikut nimrung ya... sambil ikut tenar...hehehehe
    salam kenal...boleh kah aku add link ini? ato tukeran link!!!!

    ReplyDelete
  56. wah sekarang polisi bener" merangi preman,salute dweh..

    aq masi gak ngeh ma cara kerjanya tuh gajah oling..


    bingung euy

    ReplyDelete
  57. tinggal cari aja yang berhubungan ama bisnis 'lango', heheheh

    ReplyDelete
  58. Ternyata! Baru tau saya Gajah Oling satuan pengamanan "paksa" hehuehu

    Baru aja di bicarain. Soalnya sering bolak balik Bdg - Dps,, sering banget ngeliat truk2 pakai stiker Gajahg Oling.

    Oh iya salam Kenal Mas dari saya Keyno :)

    eh main ke ngacir juga yah :)

    ReplyDelete
  59. oling itu kan yg melempar bola untuk menjatuhkan pin bukan ya? :p


    - s L i K e R s -

    ReplyDelete
  60. jasa keamanan swasta = oknum petugas keamanan = preman = bajing loncat,
    .
    cuma namanya saja yang beda,
    .
    yang dimaksud aman adalah, semua yang ada di atas itu diberantas abis.

    ReplyDelete
  61. yuk taruhan, polisii berani menindak mereka gak??????????


    kalo aku jujur aja amat sangat ragu sekali, soalnya udah banyak bukti kalo mengyangkut masalah sama TNI, polisi jadi kayak tikus yang ngeliat garong..........

    ReplyDelete
  62. Sepengetahuanku selain daftar diatas aku juga pernah melihat di salah satu truk ekspedisi dari Bali, ada tulisan SEMUT MERAH tapi asal usulnya aku nggak begitu jelas.
    Kalau untuk daerah Jawa Timur yang banyak aku lihat sebagian besar pake jasa Gajah Oling.
    Thanks udah mampir di blogku,bro...

    ReplyDelete
  63. saya anggotanya gajah Mada Kang...ikutan dicari gak yah?

    ReplyDelete
  64. Didaerah jawa timur tu banyak Organisasi pemberi jasa pengaman, selain yang sudah disebutkan diatas, ada juga PATONG, MARINA, DAYAK PANTURA, SEMUT MERAH de el el...
    banyak beredar informasi kalo mereka dibekingi oleh (oknum) TNI ato POLISI. para penegmudi truk lebih memilih jasa pengaman dari organisasi tersebut dari pada menaruh kepercayaan kepada aparat militer.
    gajah oling CS ga ada bedanya ma (oknum) polisi ato TNI cz mrk juga suka malak, yg membedakan cuman salah satunya pake seragam.

    ReplyDelete
  65. @ Ecko.. wkwkwk bisa juga tuh mas
    @ gajah_pesing.. wanted banget, baunya :D
    @ nita.. tapi kalo uang iurannya lebih banyak dari palakan preman jalanan kan sama aja preman tuh mbak
    @ ifoell.. Slanker bukan preman broth, PLUR
    @ Satria Nusantara Leces.. preman menurut Panda adalah individu yg membuat individu lain merasa terganggu atas tindakannya, jadi bisa disimpulkan sendiri kan ? :)
    @ munawwar.. overload dunk Kang ? :D
    @ sapimoto.. preman itu status pekerjaan yah ? Panda juga bingung pak :D
    @ Afif Amrullah.. preman berseragam

    ReplyDelete
  66. scorpion ,leskapin,petir*jalur sumatra'
    pp asgar'jalur jabar'
    singa darat 'jateng'
    arema 'jatim'
    topan group aquaRR 'jateng'
    klo menrt saya ,jasa kawalan gajah oling tuh bagus tujuannya,kan gajah oling plng terknl dan yg memulai duluan bisnisnya.trus kesini2nya ada macam2 jasa kawalan yg ikut2tan kayak gajah oling tp agak disalah gunakan istilah pengawalan jd pemerasan
    untuk pak kacuk sukiran bos gajah oling ,sing sabar wae ,tenangno pikirmu.menggko ono sing mbales.

    ReplyDelete
  67. saya tunggu laporannya di meja saya yap.hehehe ampunnnnnnnn om

    ReplyDelete
  68. Great post. I was checking continuously this blog and I'm impressed!
    Very useful information particularly the last part :) I care for such information a lot.

    I was seeking this certain information for a very long time.
    Thank you and good luck.

    Also visit my wesbsite ... Rich Watkins

    ReplyDelete
  69. Gajah oling bukan preman,, sebaiknya temui saja orgnya..
    Agar tau seperti apa gajah oling
    Polisi bubarkan gajah oling mungkin karna iri,,
    Tp mungkinkah setiap masalah yg ada bagi pemilik truk2 itu polisi siap menyelesaikan dgn cepat secepat gajah oling?
    Hanya Tuhan yg tau..
    Sabar Pak Kacuk Sukiran..

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect