Sisi Lain Gajah Oling

Membicarakan Gajah Oling dan teman - temannya memang tidak ada habisnya. Nama Gajah Oling bukan hanya terkenal di dunia pengawalan keamanan swasta tetapi juga merupakan corak batik di Banyuwangi, Jawa Timur. Batik, inilah sisi lain dari nama Gajah Oling

Banyuwangi, kota yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa ini adalah salah satu wilayah produsen batik, yang jarang ditengok orang. Orang lebih mengidentikkan batik dengan Kota Solo dan Pekalongan di Jawa Tengah, maupun Kota Yogyakarta. Padahal, kekhasan batik Banyuwangi dengan ciri Gajah Oling-nya, tak dapat dikesampingkan begitu saja.

Gajah Oling memang bentuk dasar batik Banyuwangi. Pada kain batik produksi kota yang penduduk aslinya adalah Suku Osing ini, selalu ada gambar Gajah Oling. Dari asal katanya, kata itu merupakan gabungan kata dari Gajah, dan Oling, yaitu sejenis ular yang hidup di air ( semacam belut ).

Ciri itu berbentuk seperti tanda tanya, yang secara filosofis merupakan bentuk belalai gajah dan sekaligus bentuk Oling. Di samping unsur utama itu, karakter batik tersebut juga dikelilingi sejumlah atribut lain. Di antaranya, kupu-kupu, suluran ( semacam tumbuhan laut ), dan manggar ( bunga pinang atau bunga kelapa ).



Para penari gandrung ( kesenian khas Banyuwangi ) juga mayoritas menggunakan kain batik bercorak Gajah Oling di bagian bawah.

Gambar : http://album.banyuwangikab.go.id
Sumber : http://batikindonesia.info

45 Komentar:

indra putu achyar said...

kayaknya ini yang pertama aku masuk ke zona ini,
kang, salam kenal ya....
ditunggu comment baliknya...

indra putu achyar said...

sorry kang...aduuuh aku udah mumet ni otaknya 2 hari di dpn monitor terus, jadi salah kirimmmmm deh....maaf ya.........
klo http://pandalanememory.blogspot.com, udah ada di blog ku....

kaka said...

Oh gajah oling ituh corak toh,baru tahu gua....heueheuehe

monyetgaul said...

wah banyak banget nama gajah oling

ngomong2 arti gajah oling itu kan gajah yang mau jatoh ya?

Billah said...

keren juga batiknya...beliin dunk :D

marsudiyanto said...

Weh, ternyata Gajah Oling jadi trade mark juga.
Semoga penjualan batiknya ndak terpengaruh dengan operasi preman

sandy said...

wui ternyata ada arti lain toh,baru taw nui..

dan ternyata artinya tuh nyeni yah..

franciska dyah said...

hmmm,, ternyata sisi lain nama Gajah Oling itu corak batik ya.. Btw keren juga batiknya... ^ ^

Cebong Ipiet said...

kapan yak dibikin panda oling ato malah cebong oling
*ngelantur

indo said...

Saya kira gajah mabuk..:)

ACHILES97 said...

hehehe..baru tau nie namanya gajah oling..wah bukan warga indonesia yang baik nie..thanks buat infonya..

NAZA LUCKZANA said...

naza jadi malu mengaku anak oshing tapi nggak tau hal ini, jadi makasih broo dan jangan bilang siapa siapa perihal ini..

munawar am said...

wis toooo, ojo mreman terus, nanti malah gempa bumi.

namada said...

ooo..jadi ada to batik gajah oling..
baru tau, beneran..

emfajar said...

ternyata corak batik juga ada namanya gajah oling yah..

Kios Info said...

kayaknya kualitasnya ok tuh buat ekspor

BloGendeng said...

bro panda jualan ya?

inforesep said...

looo...ada jg to batik cap gajah oling??
wew baru tau nih

casual cutie said...

hrg batiknya berapaan mas? bs mesen ga?

ipanks said...

baru tau dan baru denger saya om

Aping said...

Gajah Oling bukannya yang sering tertulis pada truck tronton itu yah.

soerdjak said...

heuehue...masih kekeh ama gajah oling nih ya...:d

beryl said...

really inspiring n giving great horizon.. =)

Bang Ir said...

lg jualan ya....?

nita said...

kirain gajah oling jasa keamanan itu
motif batiknya gajah ya

Lyla said...

batik di Indonesia memang bagus2.. aku suka banget sama batik :)

Sumintar said...

Wah baru tahu batik gajah oling dari blog ini, ternyata di banyuwangi kota dekat kelahhiran saya Jember.

Sip mas
sumintar.com

Eljaholic said...

Hhahha.. baru tau juga.. tapi lebih terkenal gajah oling yg preman pengawal itu ;))

Taktiku said...

keren juga tuh bro batik gajah oling :D

Panda Lane Memory said...

@ casual cutie.. soal harga ga tau juga, mungkin ada yg tau ?
@ Aping.. yoi, baca juga yg ini mas
@ nita.. biasanya gajah dan ular mbak, dasarnya warna putih :)
@ Sumintar.. makasih Pak sudah mengunjungi Panda :)

Nyante Aza Lae said...

klo surabaya dq denger critanya, perkelahian sura vs baya...klo gajah sm oling apa hubungannya frenn?

ifoell said...

Preman=Batik ya..??
KOnteks bahasa aja ya kang..??
mungkin kebetulan.. SALAM PLUR

model baju said...

ternyata batik banyak modelnya yach.. baru tau ada model baju batik seperti ini.. sangat bermanfaat postnya nie.. kebudayaan batik memang harus tetap kita lestarikan..

Anonymous said...

ayo lestarikan sebelum diambil orang

batik sritanjung said...

Makasih udah mengulas batik gajah oling yang merupakan produk dan design asli dari banyuwangi, perlu saudara ketahui, bahwa foto yang anda ambil dari http://album.banyuwangikab.go.id merupakan produk kami, kalo gak salah, batik2 tersebut kami pajang pada saat PER (Pameran Pemberdayaan Ekonomi Rakyat).
Terima kasih.

Batik Madura said...

Namanya sips banget..

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

sepri yanto said...

makasih ya udah mau shear menarik sekali ne..nice
salam kenal.

gajaholing said...

gajaholing juga buka jasa pengawalan via gps gan.

www.gajaholing.com

seb bet said...

Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
Sukses selalu untuk anda

kunjungi web kami untuk menambah ilmu
Judi Online www.168sdbet.com
terima kasih

Silma said...

Saya juga baru mengetahui corak / motif batik gajah oling ini. Terimakasih atas informasinya.

Aminah said...

Batik khas dari Banyuwangi ini sangat indah, corak warnanya pun beragam. Tidak kalah dengan batik dari daerah lain di Indonesia.

Popy said...

Saya kira batik yang nama lainnya "gajah oling ini" ada gambar gajahnya hehe

Aditya said...

Saya menyukai batik oling yang berwarna biru, selain karena warnanya ceria cocok untuk orang yang ceria seperti saya hehe.

nadir said...

Batik oling yang berwarna biru warnanya lebih mencolok dibanding yang lain.

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS