Sisi Lain Gajah Oling

Membicarakan Gajah Oling dan teman - temannya memang tidak ada habisnya. Nama Gajah Oling bukan hanya terkenal di dunia pengawalan keamanan swasta tetapi juga merupakan corak batik di Banyuwangi, Jawa Timur. Batik, inilah sisi lain dari nama Gajah Oling

Banyuwangi, kota yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa ini adalah salah satu wilayah produsen batik, yang jarang ditengok orang. Orang lebih mengidentikkan batik dengan Kota Solo dan Pekalongan di Jawa Tengah, maupun Kota Yogyakarta. Padahal, kekhasan batik Banyuwangi dengan ciri Gajah Oling-nya, tak dapat dikesampingkan begitu saja.

Gajah Oling memang bentuk dasar batik Banyuwangi. Pada kain batik produksi kota yang penduduk aslinya adalah Suku Osing ini, selalu ada gambar Gajah Oling. Dari asal katanya, kata itu merupakan gabungan kata dari Gajah, dan Oling, yaitu sejenis ular yang hidup di air ( semacam belut ).

Ciri itu berbentuk seperti tanda tanya, yang secara filosofis merupakan bentuk belalai gajah dan sekaligus bentuk Oling. Di samping unsur utama itu, karakter batik tersebut juga dikelilingi sejumlah atribut lain. Di antaranya, kupu-kupu, suluran ( semacam tumbuhan laut ), dan manggar ( bunga pinang atau bunga kelapa ).



Para penari gandrung ( kesenian khas Banyuwangi ) juga mayoritas menggunakan kain batik bercorak Gajah Oling di bagian bawah.

Gambar : http://album.banyuwangikab.go.id
Sumber : http://batikindonesia.info

45 comments:

  1. kayaknya ini yang pertama aku masuk ke zona ini,
    kang, salam kenal ya....
    ditunggu comment baliknya...

    ReplyDelete
  2. sorry kang...aduuuh aku udah mumet ni otaknya 2 hari di dpn monitor terus, jadi salah kirimmmmm deh....maaf ya.........
    klo http://pandalanememory.blogspot.com, udah ada di blog ku....

    ReplyDelete
  3. Oh gajah oling ituh corak toh,baru tahu gua....heueheuehe

    ReplyDelete
  4. wah banyak banget nama gajah oling

    ngomong2 arti gajah oling itu kan gajah yang mau jatoh ya?

    ReplyDelete
  5. keren juga batiknya...beliin dunk :D

    ReplyDelete
  6. Weh, ternyata Gajah Oling jadi trade mark juga.
    Semoga penjualan batiknya ndak terpengaruh dengan operasi preman

    ReplyDelete
  7. wui ternyata ada arti lain toh,baru taw nui..

    dan ternyata artinya tuh nyeni yah..

    ReplyDelete
  8. hmmm,, ternyata sisi lain nama Gajah Oling itu corak batik ya.. Btw keren juga batiknya... ^ ^

    ReplyDelete
  9. kapan yak dibikin panda oling ato malah cebong oling
    *ngelantur

    ReplyDelete
  10. hehehe..baru tau nie namanya gajah oling..wah bukan warga indonesia yang baik nie..thanks buat infonya..

    ReplyDelete
  11. naza jadi malu mengaku anak oshing tapi nggak tau hal ini, jadi makasih broo dan jangan bilang siapa siapa perihal ini..

    ReplyDelete
  12. wis toooo, ojo mreman terus, nanti malah gempa bumi.

    ReplyDelete
  13. ooo..jadi ada to batik gajah oling..
    baru tau, beneran..

    ReplyDelete
  14. ternyata corak batik juga ada namanya gajah oling yah..

    ReplyDelete
  15. kayaknya kualitasnya ok tuh buat ekspor

    ReplyDelete
  16. looo...ada jg to batik cap gajah oling??
    wew baru tau nih

    ReplyDelete
  17. hrg batiknya berapaan mas? bs mesen ga?

    ReplyDelete
  18. baru tau dan baru denger saya om

    ReplyDelete
  19. Gajah Oling bukannya yang sering tertulis pada truck tronton itu yah.

    ReplyDelete
  20. heuehue...masih kekeh ama gajah oling nih ya...:d

    ReplyDelete
  21. really inspiring n giving great horizon.. =)

    ReplyDelete
  22. kirain gajah oling jasa keamanan itu
    motif batiknya gajah ya

    ReplyDelete
  23. batik di Indonesia memang bagus2.. aku suka banget sama batik :)

    ReplyDelete
  24. Wah baru tahu batik gajah oling dari blog ini, ternyata di banyuwangi kota dekat kelahhiran saya Jember.

    Sip mas
    sumintar.com

    ReplyDelete
  25. Hhahha.. baru tau juga.. tapi lebih terkenal gajah oling yg preman pengawal itu ;))

    ReplyDelete
  26. keren juga tuh bro batik gajah oling :D

    ReplyDelete
  27. @ casual cutie.. soal harga ga tau juga, mungkin ada yg tau ?
    @ Aping.. yoi, baca juga yg ini mas
    @ nita.. biasanya gajah dan ular mbak, dasarnya warna putih :)
    @ Sumintar.. makasih Pak sudah mengunjungi Panda :)

    ReplyDelete
  28. klo surabaya dq denger critanya, perkelahian sura vs baya...klo gajah sm oling apa hubungannya frenn?

    ReplyDelete
  29. Preman=Batik ya..??
    KOnteks bahasa aja ya kang..??
    mungkin kebetulan.. SALAM PLUR

    ReplyDelete
  30. ternyata batik banyak modelnya yach.. baru tau ada model baju batik seperti ini.. sangat bermanfaat postnya nie.. kebudayaan batik memang harus tetap kita lestarikan..

    ReplyDelete
  31. ayo lestarikan sebelum diambil orang

    ReplyDelete
  32. Makasih udah mengulas batik gajah oling yang merupakan produk dan design asli dari banyuwangi, perlu saudara ketahui, bahwa foto yang anda ambil dari http://album.banyuwangikab.go.id merupakan produk kami, kalo gak salah, batik2 tersebut kami pajang pada saat PER (Pameran Pemberdayaan Ekonomi Rakyat).
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  33. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  34. makasih ya udah mau shear menarik sekali ne..nice
    salam kenal.

    ReplyDelete
  35. gajaholing juga buka jasa pengawalan via gps gan.

    www.gajaholing.com

    ReplyDelete
  36. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    Judi Online www.168sdbet.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  37. Saya juga baru mengetahui corak / motif batik gajah oling ini. Terimakasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  38. Batik khas dari Banyuwangi ini sangat indah, corak warnanya pun beragam. Tidak kalah dengan batik dari daerah lain di Indonesia.

    ReplyDelete
  39. Saya kira batik yang nama lainnya "gajah oling ini" ada gambar gajahnya hehe

    ReplyDelete
  40. Saya menyukai batik oling yang berwarna biru, selain karena warnanya ceria cocok untuk orang yang ceria seperti saya hehe.

    ReplyDelete
  41. Batik oling yang berwarna biru warnanya lebih mencolok dibanding yang lain.

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect