Khalifah Umar dan Tahun Baru Hijriyah

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Muharram, bulan yang menandai datangnya kembali tahun baru hijriyah. Tahun baru hijriyah mengingatkan kepada kejadian spektakuler dalam sejarah Islam, yakni peristiwa “ hijrah ”.

Hijrah secara harfiah artinya perpindahan dari satu negeri ke negeri yang lain atau perubahan lokasi dari titik tertentu ke titik yang lain. Secara historis, hijrah adalah peristiwa nabi besar Muhammad s.a.w. dan para sahabatnya darikota Makkah menuju kota Yathrib, yang kemudian disebut al – Madinah al – Munawwarah.

Seyogyanya kita menggali hikmah yang terkandung dibalik ditetapkannya peristiwa hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah sebagai awal perhitungan tahun Hijriyah ini. Tahun baru hijriyah mulai diberlakukan pada masa Khalifah Umar bin Khattab. Sistem penanggalan Islam itu tidak mengambil nama “ Tahun Muhammad ” atau “ Tahun Umar ”. Artinya, tidak mengandung unsur pemujaan seseorang atau penonjolan personifikasi. Tidak seperti tahun Masehi yang diambil dari gelar Nabi Isa a.s., Al – Masih ( Arab ) atau Messiah ( Ibrani )

Tidak juga seperti penanggalan Bangsa Jepang, Tahun Samura, yang mengandung unsure pemujaan terhadap Amaterasu O Mi Kami ( dewa matahari ) yang diproklamasikan berlakunya untuk mengabadikan kaisar pertama yang dianggap keturunan dewa matahari, yakni Jimmu Tenno ( naik tahta 11 februari 660 M yang dijadikan awal tahun perhitungan Tahun Samura )

Atau penanggalan Tahun Saka bagi suku Jawa yang berasal dari Raja Aji Saka. Menurut dongeng dan mitos, Aji Saka diyakini sebagai raja keturunan dewa yang datang dari India untuk menetap di tanah Jawa.

Penetapan nama Tahun Hijriyah ( al – Sanah al – Hijriyah ) merupakan kebijaksanaan Khalifah Umar. Seandainya beliau berambisi untuk mengabadikan namanya dengan menamakan penanggalan itu dengan Tahun Umar, sangatlah mudah baginya melakukannya. Umar tidak mementingkan keharuman namanya atau membanggakan dirinya sebagai pencetus ide sistem penanggalan Islam itu.

Beliau malah menjadikan penanggalan itu sebagai jaman baru pengembangan Islam, karena penanggalan itu mengandung makna spiritual dan nilai historis yang amat tinggi harganya bagi agama dan umat Islam.

138 comments:

  1. ya, sepatutnya khalifah2 lain juga berpanutan pada bijaksananya beliau..

    ReplyDelete
  2. manusia sekarang penuh ambisi !

    ReplyDelete
  3. kapan ya kita punya pemimpin sebijaksana Umar Bin Khattab?

    ReplyDelete
  4. Susahnya menemukan sosok Khalifah Umar bin Khattab di jaman sekarang,..

    ReplyDelete
  5. Seandainya Negara kita menganut sistem pemerintahan islam pasti tidak ada lagi krisis

    ReplyDelete
  6. waduh... mantep banget infonya mas... :)

    ReplyDelete
  7. semoga pemimpin di indonesia bisa menjadi lebih baik seperti khalifah Umar bin Khatab

    ReplyDelete
  8. kalo perpindahan dari hati kehati tuh disebut apa ya?*gak nyambung abih deh gw,he..he..*

    ReplyDelete
  9. salut ama khalifah umar, trnyta esensi dari thun hjriyah itu sngat dalam..

    ReplyDelete
  10. kita tunggu kehadiran sang pemimpin

    ReplyDelete
  11. wah hebat nih panda yang lain pada bahas tahun baru ternyata panda malah milih tahun hijriyah.. salut deh ama panda yang mau ingatin dan memberikan info saya juga hampir lupa tuh :D

    ReplyDelete
  12. berguru ke pelajaran yang lama memang sepatutnya harus dimulai dari sekarang.....mempelajari suatu khalifah pasti ada baiknya

    ReplyDelete
  13. kalau khulafa urrasyidin yg mimpin Indonesia..pasti indonesia udah jadi negeri yg makmur..kira2 berapa banyak orang yg dihukum pancung yah? xixixi

    ReplyDelete
  14. Jadi inget waktu belajar sejarah di sekula'an... hehehe...
    Tuker link yuk,, Link mu dah tak pasang ^_^

    ReplyDelete
  15. waduw tahun baru hijriyah ini tepat sama ultah saya nui.. hehe..

    ReplyDelete
  16. wes pokoknya met tahun baru aza buat panda, eh panda kemarin di buat filmnya yaw"kung fu panda" keren :)

    ReplyDelete
  17. saya harus introspeksi nih .. kenapa jarang memakai kalender hijriah dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  18. Emmm... tadi mau komen apa yah ? lupa gara-gara kencing sebenar hehehe...

    ReplyDelete
  19. MET menyambut TAHUN BARU ISLAM 1 Muharram 1430 H..
    and Tahun Baru Masehi I Januari 2009..

    PLUR Always Friend

    ReplyDelete
  20. Kok org2 kita lebih suka Tahun baru org Kristen ketimbang kita sendiri yah??? Salam kenal yah!! Thank dah mampir di blogKU...

    ReplyDelete
  21. hello panda... aku datang lagi ke dunia maya... gimana ni kabarnya di dunia maya...

    ReplyDelete
  22. Hijrah diantara Natal dan Tahun Baru Masehi; peristiwa langka karena terjadi dalam satu bulan yang sama; juga idul adha, hari ibu, hari HAM, hari AIDS sedunia, hari anti korupsi; hikmahnya? menuju hidup lebih baik; seperti kebaikan umar bin khathab.ok?

    ReplyDelete
  23. selamat tahun baru walaipun masih agak jauh,selamet gajian walaopun masih jauh juga,dan yknow what gua baru tahu kalo di jawa ada raja yang namanya aji saka ..... oon banget gua ya

    ReplyDelete
  24. wah ingat betul ama sejarah neh bung panda...sukses terus and Nice post

    ReplyDelete
  25. beda banget ma skrg... pemimpin kita berlomba lomba ingin namanya di abadikan untuk inilah,, untuk itulahh

    ReplyDelete
  26. Met tahun baru hijriyah, semoga hati dan jiwa kita ikut berhijrah yaitu menuju ke arah yg lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  27. hahah, itulah contoh nyata pemimmpin ummmat, bukan kayak temen kita itu mengatas namakan golongan ulamanya trus ngotot mau jadi presiden bla bla bla. Pemerintah yang tidak ingin di puja puji ummat sesudahnya.

    Hijrah = dapat juga bermakna pindah dari ke burukan ke arah yang lebih baik, karena konon katanya nabi hijrah ke medinah karena tidak tahan dengan rong rongan dan kejahatan orang arab di seklilingnya masa itu. Dan di genapi dengan perintah ALLAH SWT.

    ReplyDelete
  28. waktu cepat berlalu ya,tak terasa akan memasuki tahun baru hijriah kembali,lusa 29 des 08..
    selamat tahn baru 1430 H ya..:)

    ReplyDelete
  29. Mungkin mesti ada REG (spasi) Hijriyah kali ya biar orang2 setidaknya melek tentang ini. Whehehehe

    ReplyDelete
  30. Sejarah memang tidak bisa diubah bro ^_^

    /*Bangsa yang besar mau mengingat sejarahnya*/

    ReplyDelete
  31. nice posting bro..
    tahun baruku tahun hijriyah :)

    ReplyDelete
  32. Kebijakan Khalifah Umar inilah yang patut kita tiru sekarang, untuk kembali mengharumkan nama Islam

    ReplyDelete
  33. khalifah Umar bin Khattab salah seorang figur pemimpin yg harus diteladani..
    Slamat Taun baru Islam 1 Muharram 1430 H

    ReplyDelete
  34. sebuah tulisan yang membuat diriku malu akan perbuatan perbuatanku

    ReplyDelete
  35. sebuah postingan yang bermakna...

    ReplyDelete
  36. jadikan diri kita pribadi umar bin khatab demi kemajuan umat

    ReplyDelete
  37. Nice post, Bro. Semoga kita semua dapat menauladani sifat2 terppuji Rasululloh SAW dan para sahabat beliau.

    ReplyDelete
  38. mmh, bener sekali lain lubuk lain ilalang, sampai ke sistem penanggalannya masing2 punya metoda sendiri, nice post!

    ReplyDelete
  39. keren postingannya boss.

    emang harus dihilangkan nih unsur pemujaan kepada sosok seseorang. hanya Satu yang patut di puja.

    ReplyDelete
  40. seandainya pemimpin kita sekaliber ummar ya.....

    ReplyDelete
  41. bisa ga ya pemimpin kita seperti khalifah umar?

    ReplyDelete
  42. nice artikel :)
    mencerahkan

    Selamat Menyambut Tahun Baru 1430 H :)

    ReplyDelete
  43. zaman sekarang sangat sangat berubah...hati dan jiwa manusia udah mengeras seperti batu *alah saya ini lebai banget..tp itu kenyataan kan?*

    salam panda...
    aku sering mampir kesini tp susah betul kasih komen di blogmu :(

    www.indahrephi.wordpress.com

    ReplyDelete
  44. banyak lah pemimpin yang adil dan bijaksana di negeri kita sendiri. kita aja yang sok membanding-bandingkan dengan pemimpin islam zaman dahulu kala atau pemimpin di negera USA, Eropa dan wilayah lain di dunia. khalafaurrisidin lah atau apa lah, kita kurang pede dengan pemimpin bangsa sendiri untuk dijadikan teladan.Cerita Para nabi dan para khalifah di catat oleh pencatat sejarah dengan tanpa cacat.

    ReplyDelete
  45. saya selama ini cuman tau kalo itungannya berdasar sejak Nabi melakukan Hijrah. Tapi ternyata kita bisa belajar banyak yaaah...dari penamaan tahun ini.....thanks mas....

    ReplyDelete
  46. sippp,tidak ada perkultusan seseorang dalam Islam...

    ReplyDelete
  47. susah nyari pemimpin kaya beliau sekarang ini

    ReplyDelete
  48. tampaknya memang sudah di gariskan Allah SWT.. wallahu alam

    ReplyDelete
  49. www.kapanlagibangsat.comDecember 28, 2008 at 7:55 PM

    kapanlagi.com penipu ? yaiyalahhhhhhhhhhh

    ReplyDelete
  50. ya, beliau memang khalifah yang besar! banyak yang harus ditiru seorang pemimpin dari beliau

    ReplyDelete
  51. jadi tau deh sejarah tahun baru HIjriyah... ^^

    ReplyDelete
  52. orang2 lebih heboh tahun baru nya ntar 1 januari ya pdhal mayoritas di kita kan muslim.

    ReplyDelete
  53. semoga "khalifah-khalifah" kita bisa arif dalam menyikapi pergantian tahun ini......

    ReplyDelete
  54. Brow ane punya Pe ER buat ente

    ReplyDelete
  55. kapan kita mendapatkan khalifah spt ini..

    btw, met taun baru ya broo.. :)

    ReplyDelete
  56. Selamat Tahun baru Hijriah 1430 ya Pan?? moga tahun ini qt menjadi lebih baik :) Amin

    ReplyDelete
  57. koyok kiai ae broth-broth....
    woe..dengan datangya tahun baru iku-berarti semakin dekat kontrak kerja anda di alam ini sssemakin habisss broooth...
    coz,usiamu semakin beertambah sssehingga umurmu ssemakin menyempit....hehehehe...

    ReplyDelete
  58. Met tahun baru... semoga ditahun depan dapat mencapai segala sesuatu yang telah diharapkan

    ReplyDelete
  59. Selamat Tahun Baru
    Sukses buat Pandalanmemory

    ReplyDelete
  60. Met Tahun Baru 2009
    Semoga makin SUKSES!!!

    ReplyDelete
  61. kapan kita menemukan sosok pemimpin seperti Khalifah Umar bin Khattab ya...??

    ReplyDelete
  62. Halo mas, apa kabar ? Oya, gabung yah mas untuk meramaikan komunitas blogger indonesia yang akan menjadi komunitas nomor satu di indonesia ^_^

    KitaBlogger.com - Memang tempatnya untuk kita-kita para blogger.

    ReplyDelete
  63. Tahun Baru Hijriyah di solo ada kirab pusaka Kraton Kasunanan loh...., Ritualnya benar-benar sakral.

    ReplyDelete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. selamat tahun baru hijrah, tapi heran kalo muharam kenapa orang-orang islam diserang musuhnya...
    heran...

    ReplyDelete
  66. itulah krakteristik manusia yang terdidik dengan ISlam ....
    kalau saat ini kita terdidik dengan islam, knp kualitasnya berbeda ??! tidak mungkinkah kita memiliki karakter yang sama dengan umar !?

    ReplyDelete
  67. BAru tahu aku kalo sejarahnya begitu. Btw boleh tuker link tidak ???

    ReplyDelete
  68. lagi kemana neh bang... Kok liburnya lama banget...

    ReplyDelete
  69. Sanah al Hijriyah..Hmm..
    baru tau dimari, ternyata mulianya khalifah UMar,



    Met taun baru dech, moga kita makin membaik..amin

    Yup !

    ReplyDelete
  70. Selamat tahun baru
    ini dia baru tahun baru islam :)

    ReplyDelete
  71. semoga nama yang telah di sematkan mendapat respon yang baik bagi yang melaluinya... nama nya udah baik entar malah ditunggu tunggu harinya buat melakukan kejahatan.. kan mubazirr

    ReplyDelete
  72. Hello there my friend! I found your blog very interesting so I have added your link in my Blogroll. I hope you'll link me back. Have a nice day! http://hapiblogging.blogspot.com/

    ReplyDelete
  73. Ada yng special buat anda di sini, silakan diambil yah ... :D

    ReplyDelete
  74. Hi! Care to x-link? I have added you already in my list. Have a nice day! http://carlos-ideas.blogspot.com

    ReplyDelete
  75. Hello Panda.. Kemana aja nih? Dah lama gak liat panda nih... Lagi sibuk ya bro?

    ReplyDelete
  76. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  77. waLah ndaaaa...
    ko ya mudeng gituan juga, hehehe...
    hMm, tokcer kamu (wLpn LabeLnya bajakan, hehe)
    adaaaa aj..

    ReplyDelete
  78. MAmpir lagi ... untuk mempelajari sejarah ... :D

    ReplyDelete
  79. Submit your Blog to our Newest PR 3 Web Directory for Bloggers. Visit KeywordDir.info

    ReplyDelete
  80. Artikel yang sangat bagus mas...met tahun baru ya...walau telat,heheheh....
    ikutan 2nd IBSN Award yuk mas.. bulan ini tutup tgl 25 jan ‘ 09 jam 23.59wib kami tunggu yah... IBSN (Berbagi Tak Pernah Rugi)


    salam hangat, ^_^

    ReplyDelete
  81. jangankan tidak menyombongkan diri, manusia2 era modern gampang terjangkiti penyakit 'narsisme' dg bentuknya sendiri2..

    Bersyukurlah orang2 yg mau 'berpikir' dan 'merefleksi' setiap tindakan yg sudah, sedang, dan akan dilakukan...

    Salam kenal..

    ReplyDelete
  82. wah pencerahan,
    .
    jadi nambah tahu nih,
    .
    thankx

    ReplyDelete
  83. Semoga presiden kita besok bisa seperti itu,...

    ReplyDelete
  84. assalamu'alaikum.
    Khalifah Umar bin Khattab, itulah ia, ia tidak saja hebat dalam perpolitikan, perdagangan, dll. ternyata umar juga seorang ilmuan.
    belajar jadi kayak umar.
    salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  85. Bro, kemana dirimu? kok postingannya ini2 terus?

    ReplyDelete
  86. Hi there... want to change your favicon? find out how.. Have a nice tuesday!

    ReplyDelete
  87. semoga sistem yang berlaku di Indonesia adalah syariah dan pemimpinnya seperti Umar

    ReplyDelete
  88. Its really a nice blog .. Keep posting di masa depan juga

    ReplyDelete
  89. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  90. assalaamu'alaikum, artikel yg bagus buat teman2 seperti saya yg masih awam tentang ilmu islam.. salam kenal :)

    ReplyDelete
  91. umar salah satu sahabat rosulluloh terbaik
    memiliki sikap tegas

    ReplyDelete
  92. http://obattradisionaldiabetesmelitus.com/obat-penyakit-kanker-payudara

    ReplyDelete
  93. Mantap gan postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih dan selamt pagi.

    ReplyDelete
  94. nice artikel
    thanks for share ya :)

    ReplyDelete
  95. masih banyak orang bijak kah di dunia ini makasih

    ReplyDelete

  96. terimakasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
  97. terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

    ReplyDelete
  98. terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  99. artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya

    ReplyDelete
  100. terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

    ReplyDelete
  101. terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat buat saya pribadi

    ReplyDelete
  102. informasi yang sangat bermanfaat buat saya

    ReplyDelete
  103. wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
    saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
    thanks ya gan.
    http://jejak-seo.blogspot.com/
    update selalu dan semoga tambah sukses.
    mantap..!

    ReplyDelete
  104. Salam Silaturahmi dari Layanan Aqiqah Bandung

    ReplyDelete
  105. Saya mendukung untuk kemajuan blognya pak

    ReplyDelete
  106. wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.

    ReplyDelete
  107. Saya ucapkan terimakasih kepada pembuat artikel ini, artikel ini berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk smeua pembaca khususnya saya sendiri. Saya tunggu lagi informasi-informasi lainnya yang tidak kalah menarik.
    Sukses selalu untuk anda

    kunjungi web kami untuk menambah ilmu
    Judi Online www.168sdbet.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  108. I read this article very interesting and I am very happy to be on this website, thanks for the article

    ReplyDelete
  109. jadi itu alasan namanya hijriyah... supaya tidak ada unsur pemujaan atau yang lainnya.

    cara menjaga kesehatan lambung

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect