Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah Nan Bahagia

Rumah Nan Bahagia

Seperempat abad lamanja,
Tegak berdiri hingga kini,
Panti Rapih rumah nan bahagia,
Naungan Putra Pertiwi.

Orang sakit nan menderita.
Gering tiba sehatlah pergi,
Berkat kegiatan usaha,
Beserta kesutjian hati.


Selama tegak dan teguhnja,
Besar djasanja hingga kini,
Seluruh pengurus pegawainja,
Ichlas serta djudjur pekerti.

Sambil baring aku berdo'a,
Tuhan Allah Jang Maha Sutji,
Limpahkan berkat karunia,
Atas Rumah Bahagia ini.

Moga kiranja terus berdjasa,
Dulu, kini dan hari nanti,
Untuk masjarakat Indonesia,
Jang tetap Merdeka Abadi.


Jogjakarta , 11 Nopember 1948.

Orang rawatan jang berterima kasih.
Panglima Besar Tentara Rpublik Indonesia,

Letnan Djendral,

Soedirman.



Itulah sajak karya Jendral Sudirman untuk Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta yang merayakan ulang tahun ke 25 pada 11 November 1948. Jendral Sudirman berkenan membuatkan sajak, sebagai tanda terima kasihnya pada Rumah Sakit Bersejarah ini. Pak Dirman mulai menderita sakit sejak meletusnya peristiwa Madiun ( September 1948 ). Beliau dirawat dikamar IX bangsal Maria. Pada November 1949 pasca gerilya agresi militer Belanda II beliau kembali ke Rumah Sakit Panti Rapih.


37 Komentar:

suwung said...

selamat ultah panti rapih

Cebong Ipiet said...

semoga tetap berada di jalurnya
memberi pertolongan bukan komersialisasi

indungg said...

Deket rumahku tu bro,...
Kalo taun 1948 sudah 25 tahun sekarang berarti 85 tahun yach,.

novnov said...

udah sepuh juga ya hehe...

Billah said...

wuah pecinta sejarah neh broth :)

mascayo said...

Nama rumah sakitnya bagus nian. Sepertinya damai bila dirawat disana. Semoga terus berbakti

paknebernas@yahoo.com said...

Sebagai orang yang pernah tinggal di Jogja dan sering melewatinya (tapi tidak berharap dirawat di situ), saya mengapresiasi tulisan di Panda Lane Memeory ini.

monyetgaul said...

bagus sajaknya...

hmmm si panda blognya isinya pahlawan terus nih....

brigadista said...

pak soedirman yang gagah, siapa yang bisa meneruskan kesetiaanmu untuk NKRI

soerdjak said...

gatau RS nya saya, tapi pak Dirman emang pahlawan sejati.

Odie said...

rumah sakit yang bersejarah.....
mari kita lestarikan

Eljaholic said...

panti rapih mahal.. ga kira2 ngasih obat, masa mahasiswa dikasih obat mahal bgt.. wkakwakwa..

uNieQ said...

met ultah panti rapih.. tp klo di liad skg.. jadi sedih.. panti rapih khan termasuk rumah sakit yg paling mahal di jogja..betul kata Eljaholic.. mana administrasinya agak ribett,,, huuuu menyusahkan.. harusnya jadi rumah bahagia, malah jadi rumah yg menyengsarakan..iks :(

Septian said...

wah..jendral sudirman bisa bikin sajak juga toh..met ultah de panti rapih..

namada said...

woooo...boleh juga nich Jendral kita yang pemberani ini, bisa jadi penyair juga..
salut..

- s L i K e R s - said...

Iya, baru tau ternyata jendral sudirman bisa bikin sajak juga, hihihi....

Met pagi bos Panda... :)

Ananto said...

satu2nya jenderal paling keren sepanjang sejarah nih...
jadi met ultah Rumah Sakit Panti Rapih :)

Kristina Dian Safitry said...

kapan aku diajak berkunjung kesana ya

namaku wendy said...

pernah numpang lewat depannya, deketan ma UGM kan yah hehehe

waw said...

jd teringat masa2 sering ke joga..

Nyante Aza Lae said...

memory istri tercinta check up kehamilann putra kedua di PANTI RAPIH...

themohawk09 said...

How interesting, someone with great idealistic thought

wi3nd said...

selamat HUT ya RS panti Rapih..
sem09a pelayanannya makin ba9uss..

daku penah berkunjun9 kesinih,satu kalee,tempatnya asri..:)

kan9en y09ya euy,,,

Bang Ir said...

ada bloger yang pernah kopdar di RS itu...?

casual cutie said...

selamat ultah Rumah Sakit Panti Rapih, Rumah nan Bahagia..

Anthony Harman said...

Kapan2 kalo mampir ke Jogja, pengin juga liat Panti Rapih :)

info resep said...

sy ga pernah ke yogya. kl mampir ke yogya sy pengen tau jg tuh RS

Tony said...

met ultah juga untuk panti rapih

Panda Lane Memory said...

@ Eljaholic.. wew, hanya mahasiswakah yang dikasih obat mahal ?
@ uNieQ.. semoga komentar mbak didengar yang bersangkutan :)
@ Bang Ir.. ada gag yah ?

ifoell said...

RS bersejarah ya..??
Di kotamu ya..??
wah.. mantap..
sekali2 di posting secara lengkap tuh RS plus foto2nya

Artha said...

Rasanya sudah posting komen, kok kagak muncul yach. komen ulang aja.

Wah Selamat ulang tahun saja yach RS Panti Rapih

nita said...

RS panti rapi kayaknya cukup populer ya. aku selalu ingat namanya. mudah2an aja biaya RS ini terjangkau sama masyarakat menengah ke bawah

cumie said...

om, gak da potonya ya om? sajaknya mantebh bener. sebuah ucapan terima kasih yang kemudian hari bisa menjadi kenangan tersendiri. saatnya memulai sejarah di blog wkwkkw

ipanks said...

saya dulu lahirnya di panti rapih lho om :D

EKO RAHARJO said...

Pelayanan Prima telah menjadi keniscayaan dalam setiap aktifitas pelayanan. Untuk itu dibutuhkan peningkatan keahlian dan perubahan pola pelayanan agar mampu mewujudkan sebuah aktifitas komunikasi pelayanan yang cermat, memuaskan dan menguntungkan.
Info Pelatihan Pelayanan Prima
Solo Inn Hotel Surakarta
Kamis, 7 Mei 2009
Pukul 09.00-15.00 wib
Info Lengkap silahkan kunjungi :
www.forumkuliah.wordpress.com
atau telp ke 081548341129 (eko)
Forum Pembelajar Consulting

download mp3 gratis said...

artikel yang menarik. thanks ya.
hehe

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS