Sumpah Pemuda

Suatu kesadaran tentang perlunya suatu kesatuan berkebangsaan telah dimulai sejak 100 tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 20 Mei 1908 berdirinya Boedi Oetomo yang kemudian menjadi titik tolak perjuangan yang terus berlanjut.

Lalu muncullah kemudian organisasi – organisasi kepemudaan seperti Jong Ambon ( 1909 ), Tri Koro Dharmo pada tanggal 15 Maret 1915 ( yang di akui sebagai organisasi pemuda pertama ), Jong Java dan Jong Celebes ( 1917 ), Jong Sumatra dan Jong Minahasa ( 1918 )


Keinginan untuk mewujudkan kesatuan berbangsa selanjutnya mengerucut sekitar 20 tahun kemudian pada gagasan untuk menyelenggarakan Kongres Pemuda oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia ( PPPI ) pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 saat dimana SUMPAH PEMUDA dirumuskan dan diikrarkan :

PERTAMA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.

KEDOEA

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.

KETIGA.

KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA.


Apa hikmah yang bisa kita petik dari proses kelahiran Sumpah Pemuda 80 tahun yang lalu ?

Persatuan dianggap lebih penting dari sekadar kemenangan


Semua tahu, saat itu pemakai bahasa Jawa merupakan mayoritas tapi pemuda-pemuda Jawa yang ikut kongres menunjukkan kerendahatian dan pengorbanannya dengan menerima bahasa Melayu sebagai bahasa nasional.

Seandainya kerendahatian seperti itu tetap menjadi milik bangsa kita dalam menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, betapa mudah kita sekarang untuk melahirkan kesepakatan-kesepakatan dalam kebersamaan dan persamaan sebangsa setanah air.

Apa kunci agar cita – cita bangsa kita tercapai ? yaitu bangsa dan negara yang adil dan makmur ?

Kita coba menghargai orang lain, yang merasa dihargai juga membalas dengan apresiasi dan penghargaan yang sama.

Kita harus sadar bila seorang pemimpin sedang memimpin. RESPECT, jangan malah digerogoti dari belakang. UNITY, bersatu kita membantu agar apa yang Negara kita cita – citakan cepat berhasil. JANGAN SELALU YANG DIDENGUNGKAN YANG TIDAK BERHASILNYA. Kalau ada yang lebih mengetahui, beri masukan agar semua bisa berhasil.

Bagi pemimpin yang memimpin Negara, terima masukan – masukan yang positif. Diskusikan bersama pemimpin – pemimpin lainnya. Karena kunci perbaikan sebuah bangsa ada ditangan pemimpinnya.

Tidak kalah pentingnya adalah rasa saling percaya . Tidak bakal ada kesatuan pemuda, kalau kita tidak belajar saling percaya satu sama lain. Saling percaya kalau dalam subkultur apapun, dalam aktualisasi diri jenis apapun, setiap pemuda – pemudi bisa mengkinerjakan segala sesuatu sebaik-baiknya demi kemajuan bersama.

Mengutip pernyataan D. Zawawi Imron, “ Kita masih punya hari esok. Berilah peran kepada anak-anak muda dengan penuh kepercayaan, sebab merekalah yang lebih tahu tentang hari esok “

Terima kasih pemuda Indonesia, Selamat Hari SUMPAH PEMUDA !






53 Komentar:

trendy said...

oyo semngat para pemuda blogger!
wkekekeke!

Panda Lane Memory said...

@ trendy.. baru post langsung ada Trendy :( postingannya dah dibaca kan ? :)

budi said...

ayo para pemuda yang telah bersumpah ingat selalu sumpah mu seperti yang ditulis diatas.

Klo ingkar sumpah, ntar kualat ....red

Ifoel Slank said...

PEACE LOVE UNITY RESPECT....

DENGAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA,
KITA PERKOKOH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA

gus said...

capek teriak2 serahkan kepemimpinan kepada yang muda. Tetap saja GD, MSP, Wr, AR, SHB, SBY maju tanpa rasa sungkan mencalonkan sbg RI 1

manusia biasa said...

Nice postttttttt SLEMAT HARI SUMPAH PEMUDA euyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

RainTurb said...

yah, memang kita nggak bakalan bisa lepas dari tanggal 28 oktober,,,

makasih ya dah mau berkunjung, n pliz keep posting

Tony said...

selamat hari Sumpah Pemuda Indonesia ku :)

gajah_pesing said...

Saia Pemuda Indonesia Berjanji Akan Mendapatkan Pemudi Indonesia ataupun Luar Indonesia..

Muhammad Ayub said...

pemuda jangan menuakan diri..tp orangtua bisa memudakan diri

aha said...

bos panda neh kayanya ahli sejarah ya..he2.. tidak muda tidak tua.. ayo bersatu...

choen said...

blogger bersumpah.... apa yah? , selama hari sumpah pemuda mas... thanks

Jonbetta said...

Pemuda ya..pemuda harus diisi dengan Langkah pasti dalam memajukan Bangsa...siapa lagi kalau bukan para generasi muda yang akan meneruskan bangsa ini..?

akangjuned said...

semoga jiwa nasionalisme para penerus bangsa tidak pudar :)

ezZa said...

di hari sumpah pemuda ini mari kita para blogger menjadi lebih kreatif dan bisa memberikan sesuatu yang positif bagi bangsa dan negara ini...

Billah said...

Hidup pemuda

dadan said...

selamat hari sumpah pemuda.
perjuangan masih panjang sodaraku :D
**wasyah**

cahpesisiran said...

"kerendahatian dan pengorbanannya"
"rasa saling percaya"
sepertinya itu yang sulit dilakukan di negeri ini ya bos

Ombung said...

bersatu kita teguh!!!
bercerai kita runtuh!!!
Met hari sumpah pemuda

thevemo said...

sebisanya kita menghargai dan meneruskan perjuangan mereka,,bukanya tawuran mulu

Menik said...

So, pemuda ?
apa yang sudah kau buat untuk negeri ini ? :)

adinata said...

mungkin pemuda - pemuda sekarang perlu di sumpah lagi semuanya, tapi sebelum di sumpah, mereka harus merasakan apa yang pemuda - pemuda jaman dulu meresakan, biar mengerti apa arti persatuan

odie70 said...

selamat hari soempah pemoeda...
saatnya pemuda Indonesia bangkit bersama!!!

nakkeji said...

waw... semangat sumpah pemuda.... sama semangat ngeblog hehehe....

salam ya...
kunjung balik... n titip komment juga hehehe

uNieQ said...

cc jadi bertanya2 ma diri sendiri..masih ingat ga siyh textnya sumpah pemuda...pas nyoba, n nutupin textnya... ternyata kebalik2 hahahaha parah niyh cc:)

selamat Sumpah Pemuda!!

arielz said...

Selamat Hari Sumpah Pemuda kang,
rasa proud to be indonesian perlu dipertebal lagi di kalangan pemuda skrg ini

pencuri kode said...

waduh pada sumpah pemuda semua nih...tapi ngomong kita juga harus melakukan sumpah ulang nih :D

nita said...

hidup generasi muda --tapi jgn ngeblog melulu sampai lupa kuliah dan kerja....he3x

Ardy Pratama said...

kita,, pemuda pemudi Indonesia, masih pnya hari esok... Jngn acuh dngn keadaan bngsa. Jngn biarkan negeri ini dkuasi mreka yg haus akan kkuasaan... Saatx kita maju, brjuang, mwjudkan Indonesia yg lbih baik...

Bunda Rierie said...

panda bunda masih bisa dibilang pemudi nggak yaaaaaa????

iam said...

siip..semoga pemuda indonesia bangga punya bangsa indonesia

Bagus Pras said...

Jayalah selalu Indonesia

masDan said...

Kulihat Ibu Pertiwi, Sedang Bersusah Hati, Air Matanya Berlinang, Hiks Hiks ...

Ernut said...

panda termasuk Yong apa?

Masenchipz said...

Sumpah pemuda? banyak yang berteriak dan banyak pula yang terdiam, bukankah implementasi real dari sumpah pemuda itu lebih indah terngiang ibu terlinga ibu pertiwi.. setuju bro…

indah rephi said...

sekarang "Gue, elo" udah jadi bahasa nasional lho :D terus para pemuda jg pada nginggris..well i knoooowww...english is international language but. indonesianese man!! ahaha...ah... kasih comment ko begini sih aku ya.. T_T

INDAH REPHI said...

kuuu lihaat ibu pertiiiwiii...sedang bersusah hatiii..
air matanyaa berliiiinang, mas intan yang kau kenang..

@ Coy said...

SeLamat sumpah Pemuda Buat semuanya..
terutama BUat Panda hehe...

masarif said...

setuju sekali bahwa kunci kemajuan negeri ini adalah di tangan pemimpinnya..

Anang said...

hindari bersumpah jika tidak bisa menepatinya....

namada said...

ni udah tgl 29 kok..jadi met hari setelah sumpah pemuda yakz.. :lol:

kucingkeren said...

yep... trust to the youth..

Artha said...

Memang aneh terasa, yang di herankan adalah saat seseorang kalah dari yang laen, maka di carilah kesalahan kesalahan yang menang, buat menjatuhkan. apa emang posisi pemimpin itu berlimpah harta? kok kagak ngelihat rakyat.

Zippy said...

Hadow21, gue suka lupa nih ma isi sumpah pemuda....
Suka kebolak-balik, parah banget, hehehe...

spydeeyk said...

met hari sumpah pemuda.., nice post..

ipanks said...

ga terasa usia Sumpah Pemuda sudah mencapai usia 80 tahun.

enhal said...

MERDEKA bung...hehehe

wi3nd said...

jad! m!kir aku da n9asih aPa ya wat ne9er! ini?

tap! set!daknya daku tak merePoTkan aKh ehhe....
seLamaT hare soempah pemoeda..

cumie said...

mantepph! rasa percaya itu yang patut dipupuk, ini bentar-bentar dah mau curiga tanpa bukti. jalanin dulu, kasih respect, kepercayaan emang perlu untuk sebuah kemajuan!.
o ya bapak, ada Pe Er dari saya, mampir dan mohon dikerjakan hehe

Nick Tanpa Link said...

nggenapin 50 bos, tanggung :D

ciwir said...

Pemuda dahulu bersumpah demi bangsa negara
sekarang Pemuda banyak disumpahin bangsa negara :D

Muhammad Qori said...

setuju ma yg diatas :)

FKJN said...

Salam NUSANTARA,

Menanti Capres (MUDA) Independen 2009, untuk itu INDONESIA MENGGUGAT !!! Serahkan Indonesia kepada Kaum Muda.

http://front-jong-nusantara.700megs.com

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS