IBSN : Kiat Sukses Capai Efektivitas Kerja

Mungkin kita semua pernah mengalami dalam mencapai efektivitas kerja. Padahal, kita mempunyai setumpuk pekerjaan yang menuntut kita untuk segera menyelesaikan semuanya tepat waktu. Oleh karena itu blog ini mencoba berbagi tips singkat yang berkaitan dengan efektivitas kerja.

Pertama, luangkan waktu sekitar 5 menit di setiap akhir kerja untuk membereskan ruangan kerja anda. Betapapun sibuknya anda saat itu, anda akan mendapatkan bahwa menyingkirkan kertas kerja, catatan dan buku - buku yang tidak anda butuhkan, akan sangat membantu.

Kedua, sediakan beberapa menit untuk menentukan tugas apa yang hendak anda kerjakan esok hari. Susunlah berdasarkan skala prioritas.

Ketiga, letakkan daftar pekerjaan anda tersebut di meja kerja, sehingga anda tidak mungkin melewatkannya esok hari ketika anda duduk untuk bekerja lagi.

Manfaat dari ketiga poin diatas adalah


Pertama, cara ini memberikan peluang bagi anda untuk mencatat semua hal yang telah anda kerjakan pada hari itu, dan menghargai semua keberhasilan anda.

Kedua, cara ini memberi tanda kepada pikiran anda bahwa anda sedang "menutup" pekerjaan hari ini dan menyiapkan tenaga untuk kegiatan yang lain.

Ketiga, jika tahu persis apa yang harus dilakukan di pagi hari, anda akan mudah untuk memulai bekerja. Tidak perlu membuang waktu lagi apa dan bagaimana anda memulai pekerjaan anda.

Keempat, jika anda dengan sengaja "menutup" pekerjaan anda hari ini dan bersiap - siap untuk esok, anda membuat pikiran bawah sadar membantu anda menata pikiran dan membuat pendekatan untuk esok.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...



..Support IBSN..

sumber : buku "Simplify Your Work Life" karya Elaine St. James yang telah disarikan

40 comments:

  1. hi..hi...
    thanks ya bwt tipsnya.
    oya, ada tips buat ngilangin rasa jenuh dikantor n meningkatkan kualitas kerja g'?

    Ditunggu yach.. thanks

    ReplyDelete
  2. weitz..sip sip!
    masuk akal bgd nich tipsnya, btw, udah saia biasain kok :)
    thanks yaa

    ReplyDelete
  3. Weeeeee,..aku ga ada ruangan kerja e bro???
    mo ngrapikan Field Plant,..capek sendiri..
    aniwai,baidewai,buswai,...Thanks tipnya..

    ReplyDelete
  4. gw kira post terbaru post soal hasil pilkada jatim, eh malah bagi2 tips. woke2, thanx...

    napa bro ga post pilkada ? takut memperkeruh suasana ? wakakakakakakkak :D

    ReplyDelete
  5. sukses terus bung, maju pantang mundur

    ReplyDelete
  6. Tips Mantap.. Bisa saya praktekkan untuk cara Belajar Saya ...

    ReplyDelete
  7. wah, perlu catatan dong, mantep bener tipsnya, tapi saya kerja online online semua nya untuk kapasitas online tanpa coretan di atas kertas. hehe.. jadiin wallpaper aja kali ya om? hehe pengen coba nih jadinya.

    ReplyDelete
  8. uy,,salam kenal,,

    gw blogger bru nih,,,

    kunjungi d www.kahfinyster.wordpress.com ya,,,

    ReplyDelete
  9. wadyw alo saya gak ada plant"an...

    jalanin sesuai mood ajah...

    mkanya blog ane awut"an...

    ReplyDelete
  10. tips nya bagus secara kalo saya udah selese ngapa2in suka lupa ngga beres2in semuanya

    ReplyDelete
  11. aku kalo mberesin ruang kerja malah membutuhkan waktu 5 jam.*gubrak!*tanda males tuh ya,he..he..

    ReplyDelete
  12. yup, emang kudu nge-list rencana gawean selanjutnya, jadi bisa ngejar target. jgn ampe gawe sambil chating,hehehe.

    ReplyDelete
  13. tapi ada satu yang harus di garis bawahi..
    DONT PUT UNTIL TOMORROW WHAT YOU CAN DO TODAY..
    iya ngga..?
    SALAM PLUR

    ReplyDelete
  14. langsung di praktekkin.. wah,kayanya si bro panda mkn mantab aza.
    btw, thank for tips.. :)

    ReplyDelete
  15. tips baguss,... kayanya perlu dipraktekin neeh mulai sekaraang,.

    ReplyDelete
  16. Tipsnya OK juga bro...tapi ada yang lebih mantap lagi disini

    ReplyDelete
  17. Boleh jg tips nya... Ada 1 tips yg lebih bagus : suru OB aja beres - beres meja kerja kita... huehuehue...


    salam


    - s L i K e R s -

    ReplyDelete
  18. Wah.. menarik juga nih.. hal2 sepele memang kadang sangat berpengaruh :D

    ReplyDelete
  19. persiapan yang skrng buat saya adalh bgaiamana mendapatkan kerja :)

    ReplyDelete
  20. pekerjaanQ selalu selesai hare ituh ju9a..
    dan selalu kontinyu be9ituh,meski kadan9 menjemukan tapi setidaknya b!sa n9ebl09 sampe be9000 hehehehheh..
    makasiiii t!psnya..:)

    ReplyDelete
  21. mantaps tipsnya... bisa diterapin ni

    ReplyDelete
  22. ntar deh tips nya dicobain :)

    ReplyDelete
  23. belom bekerja, tapi bisa juga buat dilakuin di pekerjaan ngeblog!
    wekekekke!

    ReplyDelete
  24. tips cocok buat pekerja yah!!

    saya masih kuliah ini.

    ngeblog termasuk kerja ga' yah!!!

    ReplyDelete
  25. Kalau saya belum pernah kerja,broth...

    ReplyDelete
  26. meja yg berantakan bisa bikin mumet. memang penting utk membereskan dan menyimpan file/buku yg sudah selesai dipakai. kalo ditumpuk terus di meja malah bisa jadi sumber energi negatif

    ReplyDelete
  27. wah keren,...
    tipsnya cocok banget tuh buat para aktivis muda berbakat :)

    ReplyDelete
  28. Om Panda, cara buat banner di atas blog ini gmn ya? Jadi dia statis ikut kemanapun ada.. Itu loh yg ada tulisan "Tidak ada Amerika bla bla bla"

    Mohon petunjuknya ya (klo bisa jawab di blog saya, hehe..)

    Makasih banget sebelumnya.


    salam


    - s L i K e R s -

    ReplyDelete
  29. Wah, tips yang berguna nih. Secara bentar lagi khan mau kerja...hehehe (kapan juga kerjanya???)

    ReplyDelete
  30. Kalau yang membereskan ruangan adalah karyawan lain, gimana ya?

    ReplyDelete
  31. tips SUPER...
    untuk orang-orang yang SUPER...

    ReplyDelete
  32. pagi salam kenal ya

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect