Haji dan Amanah Sosial

Hampir setiap tahun ada ribuan bahkan jutaan penduduk Indonesia berangkat dan kembali dari tanah suci Mekah dengan atribut baru : sebagai bapak haji atau ibu hajjah. Harapan kita, dengan atribut baru itu, akan lahir suasana kehidupan baru yang lebih baik. Harapan ini perlu ditandaskan, karena bertambahnya jumlah hujjaj ( mereka yang pergi haji ) belum berimplikasi secara signifikan bagi perubahan masyarakat ( sosial ) kearah lebih baik. Artinya diantara al – Hujaj masih banyak yang belum sampai ke predikat haji mabrur, mengingat salah satu ciri haji mabrur adalah adanya perubahan sosial setelah menunaikan ibadah haji.

Balasan Haji Mabrur adalah surga, secara bahasa mabrur berarti baik terambil dari kata “ al birr ” yang bernama ketaatan. Sedang makna yang paling benar bagi kata “ al- mabrur ” yaitu ibadah haji yang tidak dicemari oleh perbuatan dosa. Sebagian lagi orang mengartikan dengan “ al-maqbul ” yakni haji yang diterima, dan diantara tanda terkabulnya ibadah tersebut adalah kondisinya ( setelah kembali menjadi lebih baik dari sebelumnya ) serta tidak mengulangi perbuatan maksiat.


Ibadah haji bukanlah produk budaya yang bisa dianggap sahih atas pertimbangan pandangan dan kebiasaan kebanyakan orang. Ibadah haji bukan pula sekedar raihan gelar atau rihlah ( bepergian ) spiritual, hanya untuk melihat aura Ka’bah dan jejak – jejak peninggalan para teladan sepanjang jaman. Ia memiliki pertanggungjawaban ekstatologis ( ukhrawi ) sekaligus mengemban amanah sosial ( ardli ).

Dari Abu Hurairah ra. Bahwasanya Rasulullah SAW. pernah ditanya, “ amal apakah yang paling utama ? ” Rasul menjawab, “ Iman kepada Allah dan Rasul-Nya ”. “ Kemudian apa ? ”, “ Jihad di jalan Allah ”. “ Kemudian apa lagi ? ”, “ Haji Mabrur ”.

Haji bukanlah gengsi maupun prestasi sosial, melainkan gengsi kualitas kemanusiaan. Ia menjadi puncak kedewasaan mental – spiritual seorang manusia, karena yang dituju adalah Ibrahim As. sebagai Bapak manusia berkualitas ( al hanif ) sekaligus peletak pertama ibadah ini.

Haji yang mabrur adalah haji yang tidak peduli simbol – simbol budaya kosmetik dan yang mengindividu, melainkan sebuah dorongan murni peningkatan kualitas kemanusiaan seseorang baik secara individu maupun sosial. Dan sebagai rukun terakhir bagi kesempurnaan seorang Muslim, ibadah haji menjadi titik untuk mempertemukan sinergisasi keduanya yakni kewajiban sosial sekaligus amanah sosial. Inilah haji mabrur yang maqbul, yang pahalanya diterima di sisi Tuhan. Wallahu a’lam bisshowabi.


28 comments:

  1. kapan bisa pergi haji ya. aku sih pengenya oranga tua segera bisa menunaikan ibadah duluan. kalo anak sih gak apa apa yang buncit...

    ReplyDelete
  2. Kadang kala Haji hanya di raih semacam gelar akademik... masya Allah...
    yg penting namanya dah ada titel Haji, trus akhlak tu urusan kedua..

    MET IDUL ADHA ya broth...

    ReplyDelete
  3. mas panda kapan mau haji??

    ReplyDelete
  4. siap materi sudah biasa, siaap mental dan perilaku yg belum biasa!

    ReplyDelete
  5. lupa om..slamat hari raya idul adha 1429 h, mohon maaf lahir dan bathin!

    ReplyDelete
  6. Minal aidin Bro, selamat hari raya iduladha...

    ReplyDelete
  7. saya mau posting tentang haji, tapi cukuplah membaca posting ini. saya sepakat; inti agama ada pada akidah dan moral/ahlak; moral. blogger juga perlu menjadi lebih berakhlak, setuju Panda?

    ReplyDelete
  8. bayarin dong bang naik Haji...kalo gak salah, orang miskin yg puasa arafah itu pahalanya sama dengan naik haji low..

    ReplyDelete
  9. Saya suka dengan dengan tulisan-tulisan anda bung..selalu makjos..tapi soalnya jarang yang bisa gitu bung...hehehehehe

    ReplyDelete
  10. bang Panda mau naik haji ya?? moga2 pesawatnya ga kelebihan beban ya. selamat hari raya idul adha ya bang Panda..

    ReplyDelete
  11. Malem broth... Link Panda juga sudah dipasang di blog saya... :)

    Selamat Idul Adha bagi yg merayakannya... :)

    ReplyDelete
  12. malem pand
    smg diberi kelapangan rezeki, amiiiin

    ReplyDelete
  13. kenyataannya banyak haji karena mereka peduli simbol khan???

    btw, met Idul Adha ya???

    ReplyDelete
  14. Saya berdoa, semoga yang nulis dan yang komentar di sini diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Bagi yang sudah, bisa berangkat lagi, bagi yang belum, diberi kemurahan rejeki sehingga bisa ngikuti.

    ReplyDelete
  15. jadi pengen naik haji nih broth

    ReplyDelete
  16. Terima kasih, tulisannya sangat menggugah. Selamat Hari Raya Idul Adha 1429 H. Salam. SUkses selalu buat Panda.

    ReplyDelete
  17. rindukku blm terobati akan panggilan Allah utk berkunjung ke rumahNya.....aku manusia lemah yg selalu berusaha utk memenuhi panggilan yg paling ku rindu..............
    salam kenal......

    ReplyDelete
  18. kalo ga salahs ekarang ada 3 juta manusia yg sdg berhaji.......

    ReplyDelete
  19. setuju sekali bah awak, sekarang haji malah cuma sekedar simbol tanpa meninggalkan bekas dalam kalbunya untuk benar benar hijrah pada kesucian yang di maknakan dalam HAJI MABRUR

    ReplyDelete
  20. saya juga pengin bisa ber-haji, aamiin..!!

    ReplyDelete
  21. Seharusnya memang haji membuat personalnya berubah jadi lebih baek khan....! Akh...jadi pengen juga naik haji...kapan...ya...???

    ReplyDelete
  22. waah broo,.. mungkin ini dibilang rosulullah, bahwa di akhir zaman nanti umat islam itu bakalan banyak tetapi kosong,.. kurang lebih kaya gitu kali,..

    ReplyDelete
  23. aku menghajikan hati dulu ah bos...

    ReplyDelete
  24. @ Kristina Dian Safitry.. sama mbak, Panda juga ingin orangtua dulu yang menunaikan ibadah haji. Kalau bisa Panda yang memberangkatkan
    @ Nyante Aza Lae.. yup
    @ munawar am.. kalau kang Nawar yang ngajak sih Panda setuju aja :)
    @ info resep.. hwaduh belom punya sangu nih, mau ngebiayain ? :D
    @ Cebong Ipiet.. Amiin
    @ marsudiyanto.. Amiin
    @ brigadista.. semoga kita tidak termasuk didalamnya
    @ aha.. mari sama2 menghajikan hati :)

    ReplyDelete
  25. om, met idul adha 1429 H ya.
    semoga menjadi haji yang mabrur. amien hehehe..
    klo dah haji ya selamat klo belum ya moga - moga nanti kita pergi bareng ya om :)

    ReplyDelete
  26. inSya ALLAH jika semua sudah terpenuhi dan uan9 suda cukup beran9kaT haji..
    [amien]
    idaman ban9ed bertamu lan9sun9 kerumahMU ya Rabb..

    ReplyDelete
  27. Selamat menunaikan ibadah Haji semoga jadi haji yang benar benar patut ditaoladani masyarakat umum

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect