Generasi Tua

Entah kenapa dunia politik sekarang banyak mengangkat isu dikotomi tua - muda, mulai dari caleg, pilkada sampai pilpres.

" Pilihlah saya, karena sekarang saatnya yang muda memimpin ". Atau " sebaiknya si tua mundur dan berikanlah yang muda kesempatan ". Kurang lebih kata - kata seperti itu yang sering saya dengar di kampanye - kampanye.


Gambaran tersebut menunjukkan sikap anak muda yang kalah sebelum perang. Politik adalah kompetisi kaum negarawan. Karena itu, hanya mereka yang memiliki wawasan cakrawala horizon dan komitmen yang dapat memberikan kontribusi, berkiprah, dan memainkan peran dengan tepat yang patut dipilih.

Dunia politik bukan dunia instan. Bakat, talenta, dan naluri harus dilengkapi dengan kemampuan. Dengan begitu, optimalisasi peran mereka dapat dipertaruhkan sehingga tidak muncul penilaian miring tentang keberadaanya di panggung politik.

Dalam kompetisi pemilu apapun, yang terpenting adalah kompetisi siapa yang paling mampu dan dipercaya rakyat. Isu dikotomi tua - muda kurang sehat karena saling memperhadapkan secara eksterm yang tidak perlu.

Regenerasi sangat penting, tetapi tidak perlu disemangati dengan spirit anti generasi tua




gambar : http://riosadja.files.wordpress.com/2007/03/tua.jpg

76 Komentar:

Panda Lane Memory said...

tidak ada tendensi apa2 dari tulisan ini. hanya ungkapan ke "SUMPEK" an Panda terhadap kata2 mereka :)

BloGendeng said...

Panda, seperti kata KD "Pilihlah Aku Jadi Pacarmu", maksudnya pake jurus rayuan gombal sana sini, otak nomor kesekian kali. Janji dulu, urusan ditepati atau nggak ya belakangan. Politil oh politik...anak muda ayo jewer kuping kakak-kakakmu

emfajar said...

tua muda ga masalah asal bisa menjaga amanah

klo saya lebih suka pemimpin yang pandai bekerja daripada yang pandai berjanji..

andi_ic4nk said...

heheheh...
kalo menurut saya sich
tua ato muda sama saja
asal mampu memimpin bangsa ini.

mmmm
kembali liat pribadi sang calon pemimpin dulu
apa dia mampu memimpin dirinya sendiri?
kalau tidak, bagaimana mau mimpin bangsa ini?


contoh kasus:
ketika melihat dana....
kalau tidak mampu mengendalikan diri,
wah bahaya....!!!!!

david said...

tua muda sama saja,yg jelas apakah mampu dia memegang amanat dari rakyat yg memilihnya

ipanks said...

pilih om panda aja deh biar tetap posting yang bagus-bagus :D *kaburrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr*

bhagoezt said...

PILIHLAH SAYA JUGA!!! hehehe... lam kenal mbak, btw boleh tukeran link ga'?? kalo link nya Panda dah ada di blog ku tuch... satu lagi kalo mo milih saya langsung aja masuk ke blog ku... hehehe lagi...

tipis said...

wah ngomongin politik ya? gk ikutan ah, gk ngarti sih :)

orangndut said...

Kalau yang mudanya seperti postingan saya ini, ya jangan harap bisa memimpin negeri ini ke arah yang lebih baik.

acy said...

mau yang tua muda buat acy mah sama aza, yang penting punya kemampuan dan bisa memimpin :)

ezZa said...

no comment...

anti politik...

falla said...

yuapss betul, muda kalo bego ga ngerti apa-apa tentang politik ya sama aja..
tua kalo pinter politik tapi pinter bohongin rakyat ya sama juga..!!

kriteria pemimpin yang baik tu kaya gimana, saya rasa udah pada tau, cos itu udah di ajarkan waktu kita kelas 4 sd. kalo ga salah pelajaran ppkn :D

salam kenal mas..

aha said...

permasalahnya mungkin nggak sesimpel itu bos... yang muda kg punya duit ya susah... politik mahal harganya bos.. he2.. menurutku seh..

masisman said...

apakah selamanya politik itu kejam, apakah selamnya dia datang tuk menghantam

Alex said...

paling enak itu...

muda hormati tua
tua sayangi yang muda

nyambung nggak ??? hehe
thanks ya mas atas kunjungannya.

hrxone said...

masalahnya adalah ada gap2an antara tua muda, yg tua meremehin yg muda, dan yg muda tidak percaya dengan yg tua...intine...remukkk :P ..just my opinion bos :)

abiyasa dan fathimatulazizah said...

politik itu tidak jelek..tergantung orang yang melakukannya dan yang di dalamnya..sedangkan kepemimpinan itu bagian dari politik. (berpandanglah bahwa politik itu mempunyai arti luas bukan negatif)..

cantigi™ said...

kombinasi yg proporsional mungkin lebih baik ya. terutama didukung platform pengetahuan & wawasan yg berkualitas dan moral yg baik.. ^_^

namada said...

ada iklan mengatakan, yang muda dipandang sebelah mata..:D
bener gk sie??

Bagus Pras said...

Saya setuju bahwa tua ataupun muda bukan ukuran bahwa dia mampu. Kemampuan akan terasah bilamana ada persaingan. Politik kotor? Tidak juga, pelakunyalah yang kotor.

akangjuned said...

biasanya hanya diawal saja disaaat pemilihan, setelah terpilih ,mulai beda visi n misi nya :(

Bazoekie said...

benar kang, muda itu di pikiran bukan di usia. muda tapi penuh dengan keterbelakangan seperti tua sebelum berumur.
he2 peace..

nita said...

intinya integritas, komitmen, dan kemampuan di atas segalanya --gak pandang usia dan kelamin asalkan sehat jasmani rohani

masciput said...

tua hilang dan muda yang menggantikan!

badoer said...

politik? Q g ikut-ikutan dah.. mendingan ngeblog aja, enjoy :D

FS_tutorial said...

Pemuda tua ataukah orangtua muda???bingung....

enhal said...

hemmm bener tu bung regenrasi penting, tapi yang terpenting saat ini adalah menyiapkan para pemimpin yang mau spenuh hati mengabdi kepada rakyat bukan sebagai komparador imperialisme AS dan sekutunya..
jadi selama ini belum kita laksnakan maka regenrasi pun tidak akan berjalan baik, sejarah telah membuktikan reformasi 1998 tidak mampu berbuat apa-apa
serve the people and nice posting, maju terus bung

zoel said...

yupp klau mampu kenapa tidaqqq

uNieQ said...

si tua dan muda lagi berlomba menunjukkan esistensinya.....:)

Afif Amrullah said...

jangan percaya dengan yang muda ato yang tua kalo dia masih memilih politik praktis.

Nina said...

aku gak mo milih...
tukang boong semuaaa

tukang sapu radio said...

No Comment. Soale menurut ane, ane masih tetap berpendapat; yang lahir belakangan tetap mempunyai ilmu lebih tinggi. Yang lahir duluan tetap mempunyai pengalaman lebih dulu. Mau pilih yang mana? itu hak kita.

Paman Gober said...

Saya mendukung mas. Generasi muda harus lebih diberdayakan.

Kaka said...

hmmm tua tua keladi awas
http://www.asephd.co.cc

ugiQ said...

klo ane lebih mendukung generasi muda dan serba bisa.... hee..he... :D

W|zNu said...

Waduh, Topik nya hampir sama dengan postingan ku. Ahahah,

johanis said...

tua muda sama aja..

yg penting skill memadai dan bisa dipercaya

Anang said...

kalau menurut saya tua muda tidak ada masalah.. yang penting bagaimana dia menciptakan solusi untuk memperbaiki keadaan dan kondisi negeri ini yang sudah carut marut akibat degradasi moralitas bangsa ini.. amin... gimana kalo panda nyalonken diri??? saya dukung deh! sumpah!

Rizal Akbar said...

betul mbak, saya juga benci banget denger kata-kata yang hanya ingin menonjolkan "pilihlah saya karena saya muda", atau "saya muda, pasti saya lebih bagus dari yang tua", dsb, dsb..

seharusnya ini bukan masalah tua, atau muda.
jangan pakai kata tua atau muda, karena ini banyak nyakitin perasaan yang sudah tua..

mau tua, atau muda kalau memang bagus ya nggak masalah kan?

hehehehe...
(^_^)v

Rizal Akbar said...

Ooohh...sorry...tadi saya pikir mas panda ini cewek..hehehe...

sorry mas tadi saya pakai kata "mbak"...

hehehehe...
(^_^)v

Revarius said...

baik tua atau muda yang penting kualitas manusianya secara pribadi. dan juga kemampuannya.. misal dalam dunia perpolitikan perlu di lihat juga track recordnya dan juga achievementnya... dan juga apakah dia layak dipercaya... heheheheh

Piss

Deantoro Miko said...

Sekarang saatnya yang muda terjun kedunia politik,klo yg tua dah hrus pensiun...tapi yang muda syaratnya skrng kok harus anaknya pejabat y?

ceritasangkodok said...

Gak pernah respect ma pemerintah..

http://ceritasangkodok.co.cc

dugem said...

namanya juga dagang, harus pandai2 beriklan, boong dikit, ga ketauan gapapa

aprie said...

tua muda sama aja
yang penting bisa melaksanakan tugas dan menjaga amanah..
gitu aja ko repot.!!!
hehehe

masarif said...

Regenerasi sangat penting, tetapi tidak perlu disemangati dengan spirit anti generasi tua

kalau boleh menambah

Regenerasi sangat penting, tetapi tidak perlu disemangati dengan spirit anti generasi tua atau muda :)

Ifoel said...

Regenerasi sangat penting, tetapi tidak perlu disemangati dengan spirit anti generasi tua

MANTAP..!!!!

daun said...

setuju mas... generasi muda harusnya membuktikan.. bukan hanya kata2 saja

herry said...

hmmm.... biar yang paling pinter, berani, jujur dah mustinya yg jadi pemimpin

trendy said...

bener banget!
banyak caleg sekarang ini yang mencalonkan diri tapi belom mempunyai skill!
belajar dulu kek di dunia persilatan!
wkeekkekeekek!

thevemo said...

bukannya kalah perang..namun sudah saat nya yang tua sadar...

Andy MSE said...

seringkali generasi tua itu kalah dalam berbagai hal dibanding generasi muda... NAMUN...
bagaimanapun juga mereka telah hidup lebih lama... ini sudah pasti...
mari belajar menghormati!!!

Ecko said...

Gak masalah tua atau muda, yg penting dia bisa bekerja dan memberikan bukti nyata demi kemajuan bangsa. So, ini bukan masalah tua atau muda, tapi masalah siapa yg lebih mampu.

gratisan said...

tapi yang tua juga biasanya tidak mau mengalah tuh ... :)

ekomadjid said...

Kalo kata fetty Fera, pilihlah 'ga sedang2 aja'
Maksudnya sedang kampanye, bagi2 duit, sedang tutun kebawah, bagi2 sembako. Kan enak tuch...!

reza said...

yang muda maunya yang enak aja tuh he..he..he..

Blogger Addicter said...

klo skg setuju nie dengan pendapatnya kang panda nih, jangan pernah mengesampingkan semangat generasi tua...hehehe, kan mereka sudah makan asam garam juga, kita masih perlu bimbingan dan juga tuntunan dari mereka.

good post kang :)

Jenny Oetomo said...

Yang penting mampu memimpin dengan baik dan sehat jasmani dan rohani , salam

Abi Bakar said...

Memang ukuran talenta, prestasi merupakan keharusan bukan karena usia

budi said...

usia tidak dapat dijadikan sebagai panutan untuk menjadi seorang pemimpin.

Cebong Ipiet said...

setuju ama kesimpulan nyang trakir

tapi ah politik
semua kata kata dan slogan itu juga bagian dari kampanye, dan mengacu pada lawan politiknya.

cumie said...

setuju!!! buktinya aki gaul makin keren makin mantebs aja :D hehee
yang tua juga banyak yg solid dan hebat! yang muda justru riskan, masih labil.

Nunung Mulyani said...

setuju mas..... lam kenal :)

audy said...

kalo saya si...pilih yang emang punya kemampuan dan dedikasi...*doooh ngomong apa ni...* tua ato muda bukan yang utama, tapi kalo ada yang muda dan berdedikasi...ya mending pilih itu doonk...

Yopan Prihadi said...

Dikotomi tua-muda memang sudah bagian dari generasi politik di dunia, termasuk bapaknya demokrasi USA yang sekarang gencar dengan opini publik Mr. Obama dan D. Chain.
Seperti itulah dunia politik tua-muda yang sarat dengan adu generasi...
Bener ga' yah..opini saya...
Thank's mas Panda...

belly wijaya said...

"yang tua korup, yg muda mabok..." kata dani.
Apalagi dunia politik negeri ini, umur-pun jadi senjata buat ngejatohin lawan...

mmmh.. indonesia :(

afwan auliyar said...

wew.. pendukung kaum tua neh :)
udah tua yak .... hehehe :D
tapi, klo dipikr2 memang pembagian kelompok tua dan muda keknya memang terlalu .....
yang muda yang memimpin maupun tua sama saja karena sistemnya tidak akan pernah berubah .... :)
sistem pemerintahan yang korup, pemerintahan yang mementingkan golongannya sendiri dsb ... :)

Gelandangan said...

kayaknya genarasi tua itu sama semua kebanyakan tikus kantornya. enggak mikirkan masyarakat kecil

mascayo said...

yang tua ingin mempertahankan kepentingannya , yang muda ingin membawa kepentingannya .. sama -sama punya kepentingan. anyway, setuju, tua muda sama saja, yang penting bisa "memimpin"

Taktiku said...

kalau saya lebih suka yang muda

dede said...

topik nya bagus,...mendingan topic masalah politik di indonesia........kenapa???? ngak akan pernah kehabisan ide????? hehhhee ada aja yang di omongin....

gus said...

jika tua berarti kematangan cara berpikir da bukan kematangan usia biologis. kayaknya berkawan dengan yang tua akan lebih nyaman

cahpesisiran said...

saya setuju bang!
sprti halnya laki-laki / perempuan yg bisa duduk di parlemen, ya berkompetisi lah..

Nenad Mohamed said...

Panda...kalo menurutku sih,mau tua atau muda terserah,yang penting dia punya capability (cieee...keren banget bahasanya) dan yang terpenting lagi dia bisa memegang amanah..itu aja sih..o ya,gimana panda? udah makan daun bambu berapa banyak hari ini,heheheheh

wi3nd said...

klu yan9 muda meman9 berbakaT& berpoTensial kenapa en99a? jadi ada pencerahan 9ituh..

INDAH REPHI said...

pilih yang muda, yang cerdas,yang kritis, yang tau politik, talk less - Do More, anti korupsi dan beriman (*jangan tar tau2 muncul video porno :D). kalo yang tua suruh pensiun duluu :D

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS