Menggerogoti Pancasila


PANCASILA


1.KETUHANAN YANG MAHA ESA
2.KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
3.PERSATUAN INDONESIA
4.KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
5.KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH BANGSA INDONESIA


Jika kelima dasar negara tersebut benar – benar dijalani. Yang berarti bangsa Indonesia terutama pemerintah, pejabat negara, aparatur negara, wakil rakyat semuanya beragama dan beriman.

Yang otomatis akan mempunyai rasa kemanusiaan yang tinggi sehingga dapat bersifat adil kepada sesama dan mempunyai adab yang mulia. Orang beriman dan beradab adalah orang yang mau berikhtiar, dalam segi apapun tapi jangan “ segi ini ”

Barulah rasa persamaan dapat merangsang semangat solidaritas tinggi yang bisa mempersatukan kembali cita – cita negeri ini. Jangan malah memecah belah lewat TAWURAN ! Ingat, kita pernah membuat Gajah Mada menangis gara – gara kehilangan pulau. Jangan bikin orang – orang yang kita cintai juga menangis gara – gara kehilangan kita !

Dari dulu bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dan telah sepakat untuk diwakili suaranya dalam MPR/DPR walaupun banyak yang meragukan peran mereka dalam mewakili rakyat. Apakah “ pekerjaan seperti itu ” peran terbesar mereka terhadap rakyat ?

Tujuan dari semuanya adalah untuk mewujudkan keadilan yang nyata bagi seluruh rakyat Indonesia hingga menjadi bangsa yang makmur. Indah sekali kalau kita bisa berjuang meraih mimpi – mimpi diatas.

Lalu apa yang terjadi sekarang ? sungguh jauh sekali dari harapan, bagai bumi dan langit! Ya, sudah terlalu jauh Indonesia mengkhianati pondasi negara sendiri sampai – sampai tega untuk menggerogotinya hingga keropos.

Daripada kita ikut - ikutan menggerogoti Pancasila lebih baik nyanyi dan berharap, berdoa, berikhtiar mimpi – mimpi itu bisa kita raih. Yang punya gitar, digenjreng. Yang punya kendang, mainkan, yang suaranya paling bagus nyanyi yah.. It’s so time..

Banyak orang bicara tentang kebebasan
Banyak orang bicara tentang keyakinan
Dan banyak orang bicara tentang keadilan
Banyak orang bicara tentang perubahan

Pap pap pap pap parirap pap …
Pap pap pap pap pariya riye …

Semuanya cuma dalam bisikan (tutup mata saja)
Semuanya nggak berbuat apa-apa

Banyak orang melihat manipulasi terang terangan
Banyak orang melihat cara-cara kekerasan
Dan banyak orang melihat kesewenangan kekuasaan
Banyak orang melihat segala kebobrokan


Slank, KAMPUS DEPOK
Album LAGI SEDIH 1996




PLUR INDONESIA
.. harapan itu masih ada..



44 comments:

  1. ck..ck..salut..salut buat kang panda..

    tapi jangan sampai mengganti pancasila..hehehe..

    itulah dasar negara kita..itulah yang mempersatukan kita meskipun banyak masalah karena perbuatan orang2 yg menjadi perwakilan dan mengatasnamakan kepentingan rakyat..

    semoga tersadar dan bisa bersatu.

    good posting kang :)

    ReplyDelete
  2. panda aja yang nyanyi aku dengerin aja...

    ReplyDelete
  3. banyak yg cuma pandai menghapalkan kalimat2 indah pancasila daripada memaknainya dg sungguh2 dan menerapkannya dlm kehidupan sehari2

    *termasuk diriku yg seringnya cuma omdo* hi3x

    ReplyDelete
  4. Siiipppp..mantap...
    slankers abisss..... kupas abiss bang..

    Oh iya.. Jemput Awardsnya di Blog aku ya..?? di tunggu..... Salam PLUR

    ReplyDelete
  5. salut untuk bang pandaaaaa.....
    slanker tuleeennnnn

    ReplyDelete
  6. weladalah tak pikir td PLURK Indonesa...xixixiix...

    setujuuuu...
    plur bukan berarti mencampuraduk, tapi menghormati perbedaan

    ReplyDelete
  7. apakah ada msyrakat yg memang mnjalankan kelima butir pancasila? Hrusnya kita lah yg mncoba mnjlankan kelima butir tsb... Bkan hnya mngomntari, stubuh? Eh, stuju? :P

    ReplyDelete
  8. wah, bikin takjub aja nih om panda klo dah ngeSlank :)

    ReplyDelete
  9. jadi inget lagi sama sila2 pancasila...

    udah hampir lupa kemarin :D

    ReplyDelete
  10. sependapat dgn nita...


    mungkin aku juga slah satunya kali...

    hoohohohooho...

    ReplyDelete
  11. PANCABILA

    1.BILA KETUHANAN YANG MAHA ESA
    2.BILA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
    3.BILA ERSATUAN INDONESIA
    4.BILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
    5.BILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH BANGSA INDONESIA BILA

    Uhm.. stay on the line aja, kayak tagline plurk, your life, on the line :D

    ReplyDelete
  12. itulah jika yg dipake ideologi buatan manusia,,,,

    seharusnya kita pakai ideologi yg sUDAH Allah buat...

    bro,kunjungan hari jumat nih...

    ReplyDelete
  13. semoga para wakil rakyat itu sadar, pertanggung-jawaban yg mereka lakukan bukan hanya dari perspektif horizontal, tapi juga vertikal.. ^_^
    kalem.. sambil ngopi yuuu.. ^_^

    ReplyDelete
  14. Mudah diucapkan tapi sulit diamalkan. Cuma lima, tapi mewakili kehidupan berbangsa dan bernegara. Hebat ta?

    ReplyDelete
  15. menangis kehilangan pulau? klo sekarang rakyat banyak nangis kehilangan mata pencaharian? he..he..

    ReplyDelete
  16. Pancasila konsep yang ideal sekali, akan lebih lengkap kalau bukan hanya dihafalkan tapi jga diterapkan dalam segi kehidupan berbagsa dan bernegara

    ReplyDelete
  17. kemaren bunda miris liat di tv, masa artis2 kita pada lupa sila pancasila... gawat...

    ReplyDelete
  18. Betul bung...... Hidup bung panda

    Pancasila adalah dasar. Kalo dasar udah nggak kuat bagai mana kedepannya

    ReplyDelete
  19. wah bung Panda masih hafal pancasila ya... hehehe artis2 tuh dah ga hafal tuh pancasila

    ReplyDelete
  20. Saatnya yang muda dengan pemikiran baru maju nich... Tapi apa ada jaminan kalo entar yang berfikir maju ini nanti juga bertindak maju? (nggak nggerogoti pancasila juga). Jadi apa sebenernya yang diperlukan agar pancasila benar2 menjadi dasar sila kita?

    ReplyDelete
  21. pancasila sekarang nggak lebih dari sebuah formalitas dari sebuah negara NKRI,dan sebagai pelengkap prosesi acara upacara tiap hari senin.
    apakah ini akan berlangsung seterusnya????
    fiuhhh???

    ReplyDelete
  22. heheh..daku sempet lupa tuch mas panda..

    laguna 9imana seeH?

    nda jadi ikutan nyanyi dech,blm tau lirikna hehehh..piiiisss..:)

    ReplyDelete
  23. Pancasila aja sempat di abaikan saat orba runtuh :(

    ReplyDelete
  24. Orang² kebanyakan hanya tau "Pancasila", tapi gak ngerti apa itu pancasila.

    ReplyDelete
  25. Hebat mas salut jadi negarawan .. jangan lupa ke rakyat ya!
    http://www.asephd.co.cc

    ReplyDelete
  26. Pancasila merupakan dasar negara indonesia. tapi liatlah sekarang, yang ada hanya sebagian kecil yang mengerti akan makna Pancasila. Selebihnya hanya mengikuti egoisme pribadi semata.

    ReplyDelete
  27. tadi aku uts ppkn,aku kelupaan waktu istirahat....mana udah mau bel,"eh,pancasila kedua apa ya?",aku tanya ke temenku,temenku natap aku kayak orang bloon"uh...apa ya?"
    pelajaran ttg pancasila kadang buat aku gila karena ke absurd-annya.

    ReplyDelete
  28. hemmmm pancasila...waduh ga tau deh kalo tentang pancasila coz ga pernah dapat mata kuliah pancasila yang sebenarnya...

    ReplyDelete
  29. slankers th Om Panda ini, sedari dulu ....
    pancasila memang dari awal terbentuknya;18 agustus prakarsa sudah kontroversi.
    falsafah itu kini menjelma bak Tuhan...
    halah..muuph dech ya

    Yup !

    ReplyDelete
  30. pedoman pancasilanya si udah sip, tapi hati ini yang kadang ga bisa teguh jalaninnya

    ReplyDelete
  31. dengerin bro panda nyanyi duluuu ahh..

    ReplyDelete
  32. pedoman sichh boleh aja pancasila,, tapi nilai agama juga penting... kalau saya pribadi lebih ngamalin nilai agama dulu,, karena pancasila itu dah di cakup oleh nilai agama yg saya anut

    ReplyDelete
  33. Jangan-jangan nanti Pancasila diamandemen juga ya??
    *prihatin...

    ReplyDelete
  34. busettt commentnya dah kayak blog artis nih..jangan" mang artis nih.. :P

    eh lam kenal ya..
    klo kata Andri sih.. Pancasila dari zaman orang yang buat ngga pernah di anggep adannya.. yang anggep adanya pancasila itu cuma rakyat biasa. orang" di atas malah sibuk memanfaatkan pancasila untuk perutnya.. *gitu c uneq-uneq Dri.. hihihi*

    ReplyDelete
  35. Setuju sekali.

    Kenalan yok!

    ReplyDelete
  36. yah.... wajar saja klo bangsa ini seperti ini ...
    pancasilanya aja dah terbang entah kemana :)

    ReplyDelete
  37. hehehe tumben nih om panda ngobrolin ttg ini.emang lg kesambet apa om? cmiaw

    ReplyDelete
  38. semoga pancasila tetap pancasila, bukan yg ini:

    1. keuangan yg maha kuasa
    2. kemanusiaan yg tidak beradab
    3. perpecahan indonesia
    4. .... *gak tega nerusin* :(

    ...semoga!

    ReplyDelete
  39. Pancasila khan dasar negara...!
    bukan dasar nyari idup...
    Naudzubilla himin dzalik

    ReplyDelete
  40. nice post, gan..
    lanjutkan.. ^^

    ReplyDelete
  41. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  42. setuju nih ,salam sehat
    sukses terus ya ..
    jngan lupa kunjungan nya ya sobb ..

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect