Kawasan Arek

Setelah dalam postingan tentang Jawa Timur sebelumnya yakni mengenal kawasan tapal kuda, kini Panda mencoba membedah satu kawasan lagi di Jawa Timur yakni Kawasan Arek. Arek berkarakter agresif, egaliter, terbuka, toleransi, ekspansif, lebih percaya diri dan memiliki solidaritas tinggi antar sesama teman.

Mereka ( baca : penduduk ) bertemperamen kasar, maaf “ misuhan, jancukan, gateli ” sebagai pergaulan akrab. Komunitas ini berdomisili di wilayah Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Batu dan Malang


Komunitas Arek Surabaya berpola pikir pragmatis dan sederhana, sesuai dengan gaya metropolis Jawa Timuran. Hal ini juga membias pada komunitas wilayah Arek lainnya. Mereka lebih bangga disebut sebagai komunitas Arek meskipun bukan Surabaya asli, sehingga bisa digeneralisir bahwa komunitas Arek lebih metropolis Jawa Timuran dan cuek.

Keterbukaan masyarakat Arek terlihat dari budayanya. Budaya Arek lahir dari perpaduan berbagai aliran budaya : hindu, budha, islam, mataraman, kristen dan kolonial. Keterbukaan Arek semakin terlihat dari sikap " welcome " kepada pendatang, baik itu pelajar, karyawan maupun pedagang.

Para pendatang tersebut menambah keragaman budaya. Pendatang dan penduduk asli berbaur dan membentuk komunitas, seperti komunitas budaya, hobi dan forum diskusi. Tapi ada catatan menarik disini keberadaan Arek Malang menganggap dirinya tidak bisa disamakan dengan keberadaan Arek Surabaya. Begitu juga sebaliknya.

Komunitas Arek memiliki sesanti “ yok opo enake ”, yakni keinginan menyelesaikan segala macam persoalan melalui upaya suka sama suka atau win win solution.

30 Komentar:

gudangan said...

Saya pertamax kesini dan pertamax kasih komen :D
lam kenal ya

afwan auliyar said...

wew.... selama komunitas itu membangun, nggak da maslah...
klo tempramental itu dianggap sbg budaya, sungguh kasar sekali :)

Cebong Ipiet said...

aku cah bojonegoro, tapi ga tau yah lebih seneng jadi arek suroboyo ketimbang anak gaul jakarte

ekoph said...

lam kenal.
wah tukang main ya mas...

Bunda Rierie said...

wah... batu tuh tempatnya pakde bunda hi.hi.hi

Kristina Dian Safitry said...

fariatip juga ya?apatuh :gateli?

cantigi™ said...

kalo saya suka kalimat terakhir itu.. ^_^

masDan said...

Coba Dulu Hendarman sama Soeharto pake Yok Opo Enake, Gampang Kan, Bisa Leyeh leyeh sekarang sambil ngemut permen minum es...

akangjuned said...

aku asli surabaya lho mas :)

choen said...

nice posting kan... hal kayak gini menarik untuk wacana sosial... thanks

awan_clickerz said...

wow..wow..wow..ekspansip doang yg lom ngerti om Panda...hehe..
Arek suroboyo maksudnya itu toh..
hiks...hiks....
Panda..da..da...da...(oleh2 dari awan lom sempet diambil ya...ya..ya..)

Yup !

Fajar Indra said...

apik... trus piye karepe rek? arep tak bacok sampean? :p

**OOT**

fetro said...

yang paling meresahkan kalo para AREK ini ketemu dalam pertandingan sepakbola, kok ya seringnya tawuran.

Thanks dah mampir duluan ke blogku.

spydeeyk said...

piye kabare mas? apik-apik ae kan? :D

Ombung said...

yo opo kabare rek? apek2 ae to? podo ae nek ngono

komunitas yang unik n menarik, meski sering dikenal sebagai kaum agresif n expansif namun punya sikap " welcome " kepada pendatang. jarang2 ada komunitas yg seperti ntu.

SALUUUT... untuk komunitas arek!!! maju terus! semoga makin jaya di persada negeri

punyadida said...

hooo.... begitu toh... maju terus!!

Bazoekie said...

kenapa karakter keras melekat pada arek kang?

jovieblog said...

keberadaan Arek Malang menganggap dirinya tidak bisa disamakan dengan keberadaan Arek Surabaya.
============
oh gitu yah..baru tahu nih..

Tony said...

wah hafal ya mas :)

OrangNdut said...

Aku juga cah Madiun, Lebih halus daripada arek Suroboyo namun lebih Kasar daripada cah Jogja. hehehe

Ifoel said...

bertemperamen kasar gimana maksudnya bang...
apa stiap yg datang langsung di tonjok..
xixixixixixi...
wahhh ngga PISS dong... he..he..

Panda Lane Memory said...

@ gudangan.. salam kenal juga mas :)
@ afwan auliyar.. sikap temperamen bukan budaya kok mas :)
@ Cebong Ipiet.. hidup arek Suroboyo ! :D
@ ekoph.. tukang main apa mas ?
@ Bunda Ririe.. Batu mana bund ?
@ Kristina Dian Safitry.. Panda jg ga tau artinya mbak :D
@ Cantigi.. yup
@ masDan.. sambil ngopi juga kali ya mas ? :D
@ akangjuned.. Sby mana mas ?
@ choen.. makasih mas :)
@ awan_clickerz.. iya, ntar Panda ambil mas. sabar yah :)
@ Fajar Indra.. wuik :(
@ fetro.. kayaknya sampai kapanpun ga bisa damai deh mas :(
@ spydeeyk.. alhamdulillah apik mas :)
@ Ombung.. semoga !
@ punyadida.. ayo maju !!! :)
@ Bazoekie.. mungkin faktor iklim kang, panas makanya orang2nya gampang panas :D
@ jovieblog.. kurang lebih begitu mbak, contohnya arek malang lebih suka dipanggil kera ngalam daripada arek Malang
@ Tony.. lg pgn mengenal lebih jauh mas
@ OrangNdut.. Mataraman nih mas :)
@ Ifoel.. kasar cuma dari kata2 kok bang, sifat sih adem :)

cumie said...

berarti itu kawasan arek kawasan preman-premannya ya? duh, paling gak berani dah klo cumie urusan berantem..
wekeke

nita said...

saya belum pernah ke surabaya. dan selama ini kenal dg orang surabaya oke semua tuh: rame, riuh, blak2an, dan berani

apa arek lebih egaliter, agresif, kasar dibanding orang2 sumatera utara?

Panda Lane Memory said...

@ cumie.. ga juga broth, masih banyak orang baik di kawasn arek termasuk Panda :D
@ nita.. ga tau juga mbak, selama ini Panda kenal orang2 sumatera utara meski mereka kasar cuma luarnya aja kok tapi solidaritasnya juga tinggi :)

enhal said...

Aku cah lombok bung...met hari pahlawan ajae deh
kabuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur

arielz said...

memang, AREK SUROBOYO itu welcome terhadap para pendatang, terbukti para pendatang itu sebagian besar, bahkan nyaris seluruhnya kemudian melebur karakternya menjadi arek suroboyo, atribut kedaerahan sulit kita temukan di surabaya. Padahal bila berada di kota lain, mereka akan sangat teguh memegang atribut arek suroboyo itu, salutt
nice post Cak..

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

Anonymous said...

Asal mula Arek berasal ketika jaman Kerajaan Singosari-Majapahit. Pada saat berdirinya Kerajaan Singosari-Malang dan Ken Arok sebagai Rajanya, ada peruntukan khusus untuk nama Arek yg berarti adalah -keturunan-. Arok memiliki arti Dewa/Tuhan sedangkan Arek berarti "Anak/Anak-dari" (Arti Ken sendiri selain memiliki banyak arti juga kental dgn makna "teritorial"). Ini adalah bentuk pembeda dari wilayah "Bocah-an" dan "Arek-an" yg mana ditambah lagi ketika jaman kebesaran Kerajaan Majapahit daerah "Bocah" adalah merupakan wilayah "Arek" tapi tidaklah sebaliknya.

Nah, praktis jika melihat Kota Surabaya adalah kota para pendatang, dimana semua daerah berdatangan dan berkumpul; dimana soal "Arek" ini adalah pengaruh kuat dari leluhur di jaman dulu.

Pelajari dan amati sejarahnya, barulah kita tarik dari Malang ke Surabaya. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa Surabaya merupakan daerah suksesor dan pewaris genetik kreatif Malang secara tidak terlihat.

"Bukan untuk perbedaan tapi janganlah disamakan".

Wewe said...

artikel dan komennya sangat inspiratif, makasih

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS