Tahun Baru dan Pesta

Benarkah tahun baru harus selalu dirayakan dengan pesta dan gelak tawa ? sebab apa yang orang anggap benar belum tentu benar, begitu juga sebaliknya apa yang dianggap salah belum tentu salah. Pepatah mengatakan kebenaran ibarat seekor cicak. Kita merasa sudah berhasil “menangkap” kebenaran, namun yang kita tangkap ternyata hanya ekornya. Sementara cicaknya sudah lari entah kemana.

Apa arti sebuah pesta yang wah, megah, gemerlap jika setelahnya yang kita hadapi sama : kemiskinan, kesenjangan dan multikrisis ? Itu sama saja malam ini mabuk untuk sekuntum mawar yang esok pagi layu. Kembang api, terompet dan sebuah pesta akbar memang akan digelar untuk menyambut tahun baru nanti. Dan pesta bukanlah sebuah dosa.

Tapi coba pikirkan lagi, bukankah ironis jika sebuah pesta besar nan gemerlap digelar disini, ditengah ketidakpastian ekonomi ? semua tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Tapi yang jelas, tahun baru memang layak disambut dengan keceriaan dan kegembiraan.

Karena tahun baru berarti umur kita bertambah satu, dan itu artinya kita masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri. Tidak salah jika perayaan tersebut dimaksudkan sebagai ungkapan syukur kita kepadaNya. Namun perlu dicatat, Tuhan tidak menyukai segala sesuatu yang berlebih – lebihan.

Barangkali perayaan tahun baru memang hanya sebuah moment dimana kita bisa melepaskan penat dan stress. Barangkali pula perayaan tersebut memang tidak bermaksud apa – apa, selain kepentingan bisnis. Dan manusia memang butuh perayaan setidaknya untuk memperingati sesuatu yang tidak terjadi setiap hari. Tapi akankah lebih bermakna jika yang kita sambut dalam tahun baru nanti bukan hanya sebuah pesta, tapi gebrakan dan terobosan – terobosan baru ?


20 Komentar:

abiyasa dan fathimatulazizah said...

saya pertamina....
premium turun lho..tahun 2009 naik lagi...
itu mungkin pestanya tahun baru..pesta naiknya BBM lagi :)

abiyasa dan fathimatulazizah said...

petromax..

benar bro..mari dengan adanya tahun baru kita muhasabah diri kita sendiri...

pesta itu perbuatan yang sia2..
coba menilik pada orang2 yg miskin..apa orang2 miskin yg kelaparan akan juga pesta?pesta kelaparan kali...mending uang pesta itu untuk orang yang membutuhkan..... :)

W|zNu said...

sebaiknya taun baru di rayakan dengan renungan, merenungi apa saja yg sudah kita lakukan dan apa yang harus kita lakukan di taun yg akan datang agar tahun yg baru hidup kita menjadi lebih baik dari tahun sebelum nya

Tegar said...

panda alias sukencret pradana daftar domain nganggo ktp ku boz

Roni said...

terobosan barunya pasang banner random selama 3 bulan yah boss ? wkwkwkwkwkwkwk

audy said...

saya biasanya nonton tv di rumah....males kluar2, macet di mana2....

waw said...

ya mungkin jg krn mumpung bs bersenang-senang...thn dpn blm tentu bs..:)

Slankers Gorontalo said...

terobosan baru..?? perlu bro...
ni harus.. cos tidak selamanya rus berkutat dgn keadaan dan situasi tahun2 kemarin..
so, inovasi penting banget disertakan juga dalam menghadapi moment pergantian tahun ini..

munawar am said...

memperingati tahun baru dengan anak isteri di rumah saja; tidak ada pesta, tidak ada dansa, tidak ada narkoba :) Berdoa dan Berusaha; dari tahun ke tahun; itu saja saya. Hemmmmm

ekomadjid said...

Sambut tahun baru dengan semangat baru untuk memulai sesuatu yang lebih bermakna dari tahun sebelumnya...!

cantigi™ said...

yuu.. ikutan IBSN Blog Award di cantigi.. ^_^

sandy said...

wedew title blognya diganti nui.. hehe..

sherlockh30 said...

Aku setuju denganmu bro...Tahun Baru tidak harus dirayakan dg pesta. Apalagi di kondisi krisis begini. Mending yg punya duit lebih, amalkan, sedekahkan, karena hakikat harta yg sebenarnya adalah yg kita tabung di akhirat. Jadilah orang yg ringan tangan !

zoel said...

hihihi saya ikutan liat pesta kembang api ja... keren bgt soalnya

ciwir said...

tahun baru = usia berkurang...
ayo merenung

Panda Lane Memory said...

@ abiyasa dan fathimatulazizah.. Panda sepakat pak :)
@ W|zNu.. yah mari kita merenung
@ Roni.. itu bukan terobosan baru, tapi ungkapan terima kasih saja :)
@ audy.. Gala Sinema SCTV mbak ? :D
@ waw.. yah memang
@ Slankers Gorontalo.. contohnya kaya blog Slank ? :D
@ munawar am.. selalu setuju pendapat Kang Nawar :)
@ ekomadjid.. semangat untuk mencari rejeki baru :D
@ cantigi™.. abis ini ke TKP mas :)
@ sandy.. tuntutan waktu :D
@ sherlockh30.. yup
@ zoel.. kembang api ? keren tuh mas
@ ciwir.. mari merenung

cumie said...

duduk manis aja, mudahan bisa berpesta, cape dah tiap malam merenung gara - gara gk bisa ol lama - lama lg :(

Ackmali@ said...

mampirr...dan salam kenal. dipergantian tahun biasanya sayah tertidur lelap seperti hari2 biasanya. Nothing special, ya palingan sebelom tidur berdoa agak panjangan :)

enhal said...

Saya suka bung, ANSOS nya maknyos, selalu melihat dalam persfektif yang luas tidak lurus dan tidak asal-asalan..keren bung..
Oh ya omong-omong tahun baru, mau kemana neh bung...yang jelas saya ikut tiup terompet akh.:D

yuniico said...

Job Feed Aggregator : terimakasih banyak atas informasinya sobat, ini akan sangat berguna untuk kita semua General Forum Discussion

salam hangat

Indonesia News Aggregator

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS