Kepariwisataan, Wisatawan dan Objek Wisata

Anda pernah bepergian jauh dan membutuhkan waktu lama hanya untuk menikmati keindahan alam ? selamat, kalau begitu anda layak disebut sebagai wisatawan. Dan tempat yang anda kunjungi itulah yang dinamakan objek wisata. Cukup jelas perbedaannya bukan ? Lalu apa yang dimaksud kepariwisataan ?

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kepariwisataan adalah kegiatan perjalanan di dalam negeri maupun luar negeri, baik untuk mengunjungi objek – objek wisata setempat, berlibur ataupun melaksanakan tugas tertentu

Sektor pariwisata berkaitan erat dengan sektor perhubungan. Sebab untuk mengunjungi objek – objek wisata dibutuhkan prasarana dan sarana transportasi / komunikasi yang baik. Faktor penghambat kepariwisataan di Indonesia terletak pada kesulitan transportasi ( darat, laut, udara ) untuk menuju objek – objek wisata tersebut.

Pantai Slopeng, pantai yang sangat indah di ujung timur pulau Madura ( tepatnya Kab. Sumenep ) membutuhkan perjalanan kurang lebih enam jam dari Surabaya. Anda pernah berkunjung ke Lembah Baliem ? dengar – dengar pergi kesana sulit, benarkah ?

Berdasarkan ciri – cirinya, objek wisata dapat dibedakan menjadi empat yakni wisata alam, wisata budaya, wisata ilmiah dan wisata religi.

1. Wisata Alam, dibagi menjadi dua yakni wisata hutan dan wisata bahari.
Contoh : Ujungkulon Jawa Barat, Gunung Leuser Aceh ( Wisata Hutan ), Taman Hiburan Pantai Kenjeran Jawa Timur, Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara ( wisata bahari ).

2. Wisata Budaya, Pesona wisata ini terletak pada kebudayaan daerah asli dan tradisional termasuk kesenian dan bahasanya.
Contoh : Baduy di Banten, Tengger di Bromo, Osing di Banyuwangi, Kampung Naga di Tasikmalaya.

3. Wisata Ilmiah, dibagi menjadi tiga yakni wisata sejarah, wisata kepurbakalaan dan wisata pengembangan ilmu dan teknologi
Contoh : Gedung Gajah Jakarta, Monumen Kapal Selam Pasopati 410 Surabaya ( wisata sejarah ), Museum Geologi Bandung ( kepurbakalaan ), Wisata Teknologi Biologi Bogor ( wisata ilmu pengembangan ilmu dan teknologi )

4. Wisata Religi, wisata yang bernuansa keagamaan
Contoh : Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Masjid Mohammad Cheng Hoo Surabaya.

Nah, kalau musibah lumpur Porong yang di beri nama Wisata Danau Lumpur oleh penduduk setempat masuk kategori wisata apa ? kalau masih bingung mengkategorikan kemana dan ingin melihat foto – foto Wisata Danau Lumpur silahkan ke sini.





68 comments:

  1. Pertamaxxx dulu om sebelum kehabisan... ehuehuehue... jarang beriwasata nih saya, gak ada waktu...

    ReplyDelete
  2. Cuman mau nambahin satu wisata lagi, yaitu wisata maya alias blogwalking...hehehe

    ReplyDelete
  3. wisata ilmiah bro (wisata pengembangan ilmu dan teknologi) karena itu kan hasil pengembangan ilmu teknolgi dari orang2 yang sangat bertanggung jawab.. hehe.

    mohon dimaafkan klo jawaban sy salah.. :P

    ReplyDelete
  4. Mas Panda rupanya adventurer juga nih slain sebagai blogger

    ReplyDelete
  5. Aiihh... jd pngen nih travelling klling Indonesia. Lama gak travelling nih... :D

    ReplyDelete
  6. Wah wisata kuliner malam di gladak solo koq ndak disebut yah, padahl dah trkenal lho..

    ReplyDelete
  7. saya suka banget wisata (kalu ada duit :P )
    sayang, di kita sektor pariwisata belum digarap secara maximal.
    padahal sektor ini memberikan sumbangan besar dalam pendapatan asli daerah.

    ReplyDelete
  8. wehheheh wisata dong ke kolam ebong, wisata maya

    ReplyDelete
  9. adventure juga nih bang...
    mantap sharingnya...

    ReplyDelete
  10. adventure kekampung saya mas,

    sibolga kota wisata <-- udah masuk google map kok

    ReplyDelete
  11. wisata yg paling menggiurkan n g ngluarin biaya ya wisata kuliner mas...mak nyusssss!

    ReplyDelete
  12. om, gak lama ni blog jadi ensiklopedia ya. wisata kesana sini masuk juga hehee. Jadi bikin pengen posting tempat - tempat juga nih.

    ReplyDelete
  13. saya belum pernah wisata religi

    ReplyDelete
  14. aku suka wisata bawah laut,bro Panda. Nggak pake lumpur.

    ReplyDelete
  15. Ehmm kalo wisata Lapindo Kutu Kupret termasuk yang mana ya? Ehmmm kalo kategori wisata bencana gimana?

    ReplyDelete
  16. jadi pengen wisata religi..
    terasa haus nih dengan wisata yang itu

    ReplyDelete
  17. ada yang kurang jenis objek wisatanya. WISATA BLOG...

    ReplyDelete
  18. Yang terakhir itu saya setuju wisata bencana. Sudah byk pengunjung lho di lumpur lapindo itu.. :)

    ReplyDelete
  19. Klo wisata belanja dimana yang enaknya?

    ReplyDelete
  20. gw paling seneng wisata kuliner mba... he..he..

    ReplyDelete
  21. jadi perawan ama keperawanan apa donk bedanya? (*ngaciiirr...*)

    ReplyDelete
  22. wahhhh posting yg bertaburan link. wekekekekeke

    ReplyDelete
  23. saia sukanya wisata alam, sama wisata religi :)

    ReplyDelete
  24. jadi tempat wisata juga nih..blognya...salam

    ReplyDelete
  25. He..he..kumplit ulasanya..kalau lumpur porong itu namanya wisata hati mas...."bikin sakit hati"


    salam,

    ReplyDelete
  26. heheh skrg Lapindo jadi wisata danau lumpur yak :D

    ReplyDelete
  27. Mas Panda, Dengan Kerendahan hati saya Persembahan Award Buat mas di Blog Saya ... Selamat ...

    ReplyDelete
  28. Duh jadi kangen berwisata... lama gak berwisata badanku jadi pegel semua hehehe
    Makasih untuk infonya mas.. kapan2 ngajak daku kalau berwisata ya... :)

    ReplyDelete
  29. asik tuh bisa jalan2 ke tempat wisata begituan...pulang bisa jadi seger lagi :)

    ReplyDelete
  30. lg pengen liburan neh...bayarin dunk :D

    ReplyDelete
  31. nambah satu..... anu.... anu.... mmmmm...
    wisata seks
    :D

    ReplyDelete
  32. wah kenjeran masuk list juga. Padahal kata koran, sekarang kenjeran sepertinya bukan lagi sebagai objek wisata biasa. Tapi identik dengan tempat orang "pacaran". Aku sendiri dah sekitar 10 tahun mungkin gak pernah kesana lagi.
    Kalo waduk lumpur, sepertinya masuk wisata bencana :(

    ReplyDelete
  33. yah... wisata danau lumpur aja pas kok nama itu cocok.

    ReplyDelete
  34. lengkap Pan pembagian wisata berdasarkan cirinya..

    wisata danau lumpur?? hmm masih bingung juga ini masuk kategori wisata apa.. klopun dibuat kategori baru, juga bingung mo namain apa...:D

    ReplyDelete
  35. PARI di+WI di+SA di+Ta=pariwisata. *sambil menghitung hari nih. udah berapa hari aku berpariwisata ya?*ngeloyor sambil meker..

    ReplyDelete
  36. wisata alam spt nya lebih mengasikkan...

    utk mas kyai slamet : ntar kena UUP loh... :D

    ReplyDelete
  37. ada la9ie eko wisata...daku syuka den9an ek0 wisata selain berwisata ju9a ber"ek0" ria d9 si mas y9 namanya sama hallaaaa...*dijitak*

    klu lumpur lapindo?eman9 termasuk wisata ma spanda? wach k0k ya nda te9a ya jika dibilan9 be9itu..

    ReplyDelete
  38. Aku paling senang datang ke wisata religi.

    ReplyDelete
  39. Duh...beneran jadi pengen maen uy

    ReplyDelete
  40. Abang Panda ngreview "wisata nih ceritanya"
    sebenarnya saya org Madura loh,dan pernah kepulau garam itu,waktu pulang kampung,pengen kesana lagi deh...

    ReplyDelete
  41. Saya ikut merebut...Cak.
    Yoopo kabare suroboyo
    slam kenal juga neehhh....
    mau berwisata ke Pulau Nusakambangan? jangan salah yaah, Nusakambangan tidak hanya Pulau Penjara.
    nanti saya antar ke sana...

    ReplyDelete
  42. @ badoer.. emang wisata kuliner termasuk objek wisata yah ? bingung Panda
    @ cumie.. wkwkwkwk, kalah dunk wikipedia
    @ Narmadi.. yup
    @ kyai slamet.. weits, bisa kena cekal ni blog :(
    @ rosyidi.. bukannya semua tempat wisata bisa buat pacaran mas ? :D
    @ munawar am.. asli Nusakambangan atau Cilacapnya nih ?

    ReplyDelete
  43. blognya lumayan di search engine kenapa gak di pasang kumpulblogger,kan lumayan dapat duit.

    ReplyDelete
  44. wah bung, saya pengen bangeet yang namanya wisata ke remapt2 indah, tapi ga pernh sempat

    ReplyDelete
  45. Walaupun sarana menuju ke obyek wisata susah, tak jadi apa. Itu lebih mengasyikan. Masalahnya Orang-orang kantor Pariwisata aja tak bisa kasi informasi yang jelas. Bahkan orang-orang itu sendiri tidak pernah pergi ke obyek wisata daerahnya sendiri.

    ReplyDelete
  46. wes pokok e sesuk nek dolan neng suroboyo kudu ngubungi kon, ben iso diterno mubeng2 kota suroboyo.ok cak?

    ReplyDelete
  47. wah bener2 wisataholic nih :) kenapa ga sekalian aja membahas kampanye/kontes Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang yang sekarang lagi trend mas :)

    ReplyDelete
  48. sukses untuk seluruh peserta kontes seo Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang jabat tangan erat salam penuh damai! :D

    ReplyDelete
  49. You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

    ReplyDelete
  50. Ingin berlibur ke pantai atau wisata bahari tapi dekat dari Jakarta atau bahkan merupakan bagian dari kota Jakarta??? Mungkin sebagian teman-teman langsung berpikir bahwa pantai itu Ancol bukan? Nah, Selain Ancol yang udah padat dengan pengunjungnya masih ada lho tempat tenang yang jauh dari keramaian kota..yakni Taman Nasional Kepulauan seribu. Untuk Informasi Pulau Seribu, Pulau Bidadari, Pulau Pantara, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Ayer atau diPulau Sepa.. Hubungi kami :

    Kantor Pemasaran Pulau Seribu :

    Jl. Lodan Timur No.7 Marina Ancol Jakarta 14430.
    Telp : (021)640 6166
    Fax : (021)640 7344

    Jl. Raya Condet, No. 1 Jakarta.
    Telp : (021)8088 9688
    Fax : (021)8088 9671

    24 Hours :
    08159977449 / (021)682 74005

    Email : wijayatama@pulauseribu-wisata.com
    Website : http://www.pulauseribu-wisata.com
    Facebook : http://facebook.com/pulauseribu

    ReplyDelete
  51. Kalau di Indonesia banyak tempat wisata yang belum di kunjungi. Mengapa harus ke luar negri dulu ? Indonesia tidak kalah indah ko dengan negara lainnya. Bahkan Indonesia, memiliki banyak tempat wisata favorite yang banyak di kunjungi wisatawan asing.

    ReplyDelete
  52. Di bulan suci Ramadhan, wisata religi ialah pilihan wisata paling tepat. Selain masjid sunan ampel dan cheng hoo, ada banyak lagi wisata religi yang bisa di kunjungi.

    ReplyDelete
  53. Bila sedang libur di kantor saya ingin mengujungi / berwisata di daerah JAWA Timur.

    ReplyDelete
  54. Baik wisata alam maupun wisata religi, memiliki keistimewaannya masing-masing. Saat bulan puasa seperti ini wisata religi untuk meningkatkan ke imanan, menambah pahala ialah yang paling tepat.

    ReplyDelete
  55. Kepariwisataan berarti perjalanan menuju suatu tempat. Sedangkan objek wisata ialah daerah mana / tempat apa yang akan kita kunjungi ? Dan wisatawan ialah orang yang menjalankan perjalanan ke daerah tsb.

    ReplyDelete
  56. Terdengar sama namun memiliki arti berbeda, namun masih berkaitan satu-sama lain, antara : Kepariwisataan, wisatawan dan objek wisata.

    ReplyDelete
  57. Yu kunjungi wisata alam Indonesia, yang tidak kalah dari negara-negara lainnya.

    ReplyDelete
  58. Objek wisata yang saat ini tren untuk anak muda apa nih ? hehe

    ReplyDelete
  59. Objek wisata yang ada di daerah saya Tasikmalaya sedang banyak sekali, setelah kemarin TOF (Tasik Oktober Festival) Kini giliran taman edukasi autbond yang terletak di Ciamis.

    ReplyDelete
  60. Objek wisata wajib di kunjungi saat di Indonesia apa ? Kita tahu, banyak warga Indonesia yang lebih memilih berlibur ke luar negri dibandingkan dalam negri, padahal di negara kita pun banyak sekali objek wisata yang tak kalah indah.

    ReplyDelete
  61. Pengen nyobain ke lembah baliem, kaianya menyenangkan.

    ReplyDelete
  62. Terdengar serupa, tapi berbeda haha

    ReplyDelete

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect