Kepariwisataan, Wisatawan dan Objek Wisata

Anda pernah bepergian jauh dan membutuhkan waktu lama hanya untuk menikmati keindahan alam ? selamat, kalau begitu anda layak disebut sebagai wisatawan. Dan tempat yang anda kunjungi itulah yang dinamakan objek wisata. Cukup jelas perbedaannya bukan ? Lalu apa yang dimaksud kepariwisataan ?

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kepariwisataan adalah kegiatan perjalanan di dalam negeri maupun luar negeri, baik untuk mengunjungi objek – objek wisata setempat, berlibur ataupun melaksanakan tugas tertentu

Sektor pariwisata berkaitan erat dengan sektor perhubungan. Sebab untuk mengunjungi objek – objek wisata dibutuhkan prasarana dan sarana transportasi / komunikasi yang baik. Faktor penghambat kepariwisataan di Indonesia terletak pada kesulitan transportasi ( darat, laut, udara ) untuk menuju objek – objek wisata tersebut.

Pantai Slopeng, pantai yang sangat indah di ujung timur pulau Madura ( tepatnya Kab. Sumenep ) membutuhkan perjalanan kurang lebih enam jam dari Surabaya. Anda pernah berkunjung ke Lembah Baliem ? dengar – dengar pergi kesana sulit, benarkah ?

Berdasarkan ciri – cirinya, objek wisata dapat dibedakan menjadi empat yakni wisata alam, wisata budaya, wisata ilmiah dan wisata religi.

1. Wisata Alam, dibagi menjadi dua yakni wisata hutan dan wisata bahari.
Contoh : Ujungkulon Jawa Barat, Gunung Leuser Aceh ( Wisata Hutan ), Taman Hiburan Pantai Kenjeran Jawa Timur, Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara ( wisata bahari ).

2. Wisata Budaya, Pesona wisata ini terletak pada kebudayaan daerah asli dan tradisional termasuk kesenian dan bahasanya.
Contoh : Baduy di Banten, Tengger di Bromo, Osing di Banyuwangi, Kampung Naga di Tasikmalaya.

3. Wisata Ilmiah, dibagi menjadi tiga yakni wisata sejarah, wisata kepurbakalaan dan wisata pengembangan ilmu dan teknologi
Contoh : Gedung Gajah Jakarta, Monumen Kapal Selam Pasopati 410 Surabaya ( wisata sejarah ), Museum Geologi Bandung ( kepurbakalaan ), Wisata Teknologi Biologi Bogor ( wisata ilmu pengembangan ilmu dan teknologi )

4. Wisata Religi, wisata yang bernuansa keagamaan
Contoh : Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, Masjid Mohammad Cheng Hoo Surabaya.

Nah, kalau musibah lumpur Porong yang di beri nama Wisata Danau Lumpur oleh penduduk setempat masuk kategori wisata apa ? kalau masih bingung mengkategorikan kemana dan ingin melihat foto – foto Wisata Danau Lumpur silahkan ke sini.





57 Komentar:

- s L i K e R s - said...

Pertamaxxx dulu om sebelum kehabisan... ehuehuehue... jarang beriwasata nih saya, gak ada waktu...

orangndut said...

Cuman mau nambahin satu wisata lagi, yaitu wisata maya alias blogwalking...hehehe

persikers said...

wagh seneng plesir ya mas :D

Benny said...

wisata ilmiah bro (wisata pengembangan ilmu dan teknologi) karena itu kan hasil pengembangan ilmu teknolgi dari orang2 yang sangat bertanggung jawab.. hehe.

mohon dimaafkan klo jawaban sy salah.. :P

Abi Bakar said...

Mas Panda rupanya adventurer juga nih slain sebagai blogger

Ardy Pratama said...

Aiihh... jd pngen nih travelling klling Indonesia. Lama gak travelling nih... :D

badoer said...

Wah wisata kuliner malam di gladak solo koq ndak disebut yah, padahl dah trkenal lho..

mang kumlod said...

saya suka banget wisata (kalu ada duit :P )
sayang, di kita sektor pariwisata belum digarap secara maximal.
padahal sektor ini memberikan sumbangan besar dalam pendapatan asli daerah.

Cebong Ipiet said...

wehheheh wisata dong ke kolam ebong, wisata maya

ifoell said...

adventure juga nih bang...
mantap sharingnya...

budi said...

adventure kekampung saya mas,

sibolga kota wisata <-- udah masuk google map kok

Nyante Aza Lae said...

wisata yg paling menggiurkan n g ngluarin biaya ya wisata kuliner mas...mak nyusssss!

cumie said...

om, gak lama ni blog jadi ensiklopedia ya. wisata kesana sini masuk juga hehee. Jadi bikin pengen posting tempat - tempat juga nih.

nita said...

saya belum pernah wisata religi

abiyasa dan fathimatulazizah said...

postingannya segar ... hm..hm..refresh..

Kios Info said...

aku suka wisata bawah laut,bro Panda. Nggak pake lumpur.

BloGendeng said...

Ehmm kalo wisata Lapindo Kutu Kupret termasuk yang mana ya? Ehmmm kalo kategori wisata bencana gimana?

easy said...

jadi pengen wisata religi..
terasa haus nih dengan wisata yang itu

ekomadjid said...

ada yang kurang jenis objek wisatanya. WISATA BLOG...

waw said...

Yang terakhir itu saya setuju wisata bencana. Sudah byk pengunjung lho di lumpur lapindo itu.. :)

SHALEH said...

Klo wisata belanja dimana yang enaknya?

Masenchipz said...

gw paling seneng wisata kuliner mba... he..he..

papapam traffic said...

jadi perawan ama keperawanan apa donk bedanya? (*ngaciiirr...*)

Nick Tanpa Link said...

wahhhh posting yg bertaburan link. wekekekekeke

namada said...

saia sukanya wisata alam, sama wisata religi :)

Bang Ir said...

jadi tempat wisata juga nih..blognya...salam

Narmadi said...

He..he..kumplit ulasanya..kalau lumpur porong itu namanya wisata hati mas...."bikin sakit hati"


salam,

Lyla said...

heheh skrg Lapindo jadi wisata danau lumpur yak :D

masDan said...

Mas Panda, Dengan Kerendahan hati saya Persembahan Award Buat mas di Blog Saya ... Selamat ...

Hellen said...

Duh jadi kangen berwisata... lama gak berwisata badanku jadi pegel semua hehehe
Makasih untuk infonya mas.. kapan2 ngajak daku kalau berwisata ya... :)

Alex said...

asik tuh bisa jalan2 ke tempat wisata begituan...pulang bisa jadi seger lagi :)

Billah said...

lg pengen liburan neh...bayarin dunk :D

kyai slamet said...

nambah satu..... anu.... anu.... mmmmm...
wisata seks
:D

rosyidi said...

wah kenjeran masuk list juga. Padahal kata koran, sekarang kenjeran sepertinya bukan lagi sebagai objek wisata biasa. Tapi identik dengan tempat orang "pacaran". Aku sendiri dah sekitar 10 tahun mungkin gak pernah kesana lagi.
Kalo waduk lumpur, sepertinya masuk wisata bencana :(

Taktiku said...

yah... wisata danau lumpur aja pas kok nama itu cocok.

uNieQ said...

lengkap Pan pembagian wisata berdasarkan cirinya..

wisata danau lumpur?? hmm masih bingung juga ini masuk kategori wisata apa.. klopun dibuat kategori baru, juga bingung mo namain apa...:D

Kristina Dian Safitry said...

PARI di+WI di+SA di+Ta=pariwisata. *sambil menghitung hari nih. udah berapa hari aku berpariwisata ya?*ngeloyor sambil meker..

Papa Dio said...

sudah keliling2 nih pak

nono said...

wisata alam spt nya lebih mengasikkan...

utk mas kyai slamet : ntar kena UUP loh... :D

wi3nd said...

ada la9ie eko wisata...daku syuka den9an ek0 wisata selain berwisata ju9a ber"ek0" ria d9 si mas y9 namanya sama hallaaaa...*dijitak*

klu lumpur lapindo?eman9 termasuk wisata ma spanda? wach k0k ya nda te9a ya jika dibilan9 be9itu..

Edi Psw said...

Aku paling senang datang ke wisata religi.

keongracun said...

Duh...beneran jadi pengen maen uy

Dunia Ely said...

aku suka wisata alam

Muhammad Qori said...

Abang Panda ngreview "wisata nih ceritanya"
sebenarnya saya org Madura loh,dan pernah kepulau garam itu,waktu pulang kampung,pengen kesana lagi deh...

munawar am said...

Saya ikut merebut...Cak.
Yoopo kabare suroboyo
slam kenal juga neehhh....
mau berwisata ke Pulau Nusakambangan? jangan salah yaah, Nusakambangan tidak hanya Pulau Penjara.
nanti saya antar ke sana...

Panda Lane Memory said...

@ badoer.. emang wisata kuliner termasuk objek wisata yah ? bingung Panda
@ cumie.. wkwkwkwk, kalah dunk wikipedia
@ Narmadi.. yup
@ kyai slamet.. weits, bisa kena cekal ni blog :(
@ rosyidi.. bukannya semua tempat wisata bisa buat pacaran mas ? :D
@ munawar am.. asli Nusakambangan atau Cilacapnya nih ?

Just For Music said...

blognya lumayan di search engine kenapa gak di pasang kumpulblogger,kan lumayan dapat duit.

enhal said...

wah bung, saya pengen bangeet yang namanya wisata ke remapt2 indah, tapi ga pernh sempat

juliach said...

Walaupun sarana menuju ke obyek wisata susah, tak jadi apa. Itu lebih mengasyikan. Masalahnya Orang-orang kantor Pariwisata aja tak bisa kasi informasi yang jelas. Bahkan orang-orang itu sendiri tidak pernah pergi ke obyek wisata daerahnya sendiri.

ipanks said...

wes pokok e sesuk nek dolan neng suroboyo kudu ngubungi kon, ben iso diterno mubeng2 kota suroboyo.ok cak?

moratmarit said...

makasih atas infonya.
Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang.

Hakimtea said...

wah bener2 wisataholic nih :) kenapa ga sekalian aja membahas kampanye/kontes Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang yang sekarang lagi trend mas :)

Agus Amar Mizwar said...

sukses untuk seluruh peserta kontes seo Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang jabat tangan erat salam penuh damai! :D

uk-links said...

You can use tap water links london but if you live in an area with links london jewellery really hard water, then you may use distilled links of london sale or bottled water.Before we go into the links of london silver how-tos, you need to gather some items first such discount links of london as an ironing board, an iron and a water links of london watch charm bottle that has water in itTo start ironing a shirt links of london friendship bracelets we will be starting with the front of the shirt. Slip the shirt onto the board links of london sweetie bracelet so that the left hand side of the shirt is facing up on the board and the rest of the discount links of london chains shirt is hanging off the back of the board. Imagine as though the ironing board is acting as though links of london pendants it is putting the shirt on by entering the left side of the shirt first.

Anonymous said...

Ingin berlibur ke pantai atau wisata bahari tapi dekat dari Jakarta atau bahkan merupakan bagian dari kota Jakarta??? Mungkin sebagian teman-teman langsung berpikir bahwa pantai itu Ancol bukan? Nah, Selain Ancol yang udah padat dengan pengunjungnya masih ada lho tempat tenang yang jauh dari keramaian kota..yakni Taman Nasional Kepulauan seribu. Untuk Informasi Pulau Seribu, Pulau Bidadari, Pulau Pantara, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Ayer atau diPulau Sepa.. Hubungi kami :

Kantor Pemasaran Pulau Seribu :

Jl. Lodan Timur No.7 Marina Ancol Jakarta 14430.
Telp : (021)640 6166
Fax : (021)640 7344

Jl. Raya Condet, No. 1 Jakarta.
Telp : (021)8088 9688
Fax : (021)8088 9671

24 Hours :
08159977449 / (021)682 74005

Email : wijayatama@pulauseribu-wisata.com
Website : http://www.pulauseribu-wisata.com
Facebook : http://facebook.com/pulauseribu

surya maulana said...

makasih infonya

Jemy said...

Kalau di Indonesia banyak tempat wisata yang belum di kunjungi. Mengapa harus ke luar negri dulu ? Indonesia tidak kalah indah ko dengan negara lainnya. Bahkan Indonesia, memiliki banyak tempat wisata favorite yang banyak di kunjungi wisatawan asing.

Post a Comment

..mana ada perlawanan tanpa keringat, mana bisa kemenangan tanpa semangat, mana ada keberhasilan dalam waktu singkat, jangan ada persaingan yang gak sehat..

REBUT!jangan di diamkan saja. REBUT! kejar dan jangan diam saja.

Peace Love Unity Respect

Thanks to Dicas Blogger I Panda since 31 Mei 2008 I Login

Kembali ke ATAS